alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternyata Orang Buta Warna Melihat Secara Visual Seperti Ini Gan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d30375f28c9915a1f0d75fb/ternyata-orang-buta-warna-melihat-secara-visual-seperti-ini-gan

Ternyata Orang Buta Warna Melihat Secara Visual Seperti Ini Gan

Ternyata Orang Buta Warna Melihat Secara Visual Seperti Ini Gan
Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan oleh ketidakmampuannya sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis.


Buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan terdapat istilah 'pembawa sifat', hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna. Perempuan dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelainan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya, tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tersebut menderita buta warna.

Saraf sel pada retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika saraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut.

Sumber : www.id.wikipedia.org/wiki/Buta_warna



Buta warna adalah sebutan bagi orang yang memiliki penglihatan yang tidak seperti orang kebanyakan, namun orang yang buta warna tidak benar-benar berarti orang tersebut melihat dunia dalam warna hitam dan putih saja gan. Bahkan, lebih dari 99% dari semua orang buta warna pada kenyataannya dapat melihat warna. Karena itu, istilah  "color vision deficiency" (CVD) (kekurangan penglihatan warna) dianggap lebih tepat.


Menurut situs "color-blindness.com", sekitar 0,5% wanita (1 dari 200) dan 8% pria (1 dari 12) menderita beberapa bentuk CVD (kekurangan penglihatan warna). Ada beberapa variasi dari kekurangan penglihatan, seperti Deuteranomalia (yang membuat semuanya terlihat sedikit pudar), Protanopia (yang membuat semuanya tampak sedikit hijau), dan Tritanopia (terlihat merah muda kehijauan), dan hanya sekitar 0,00003% dari populasi dunia. menderita buta warna total (Monochromacy) Hitam putih.

Di bawah ini merupakan berbagai gambar untuk melihat bagaimana warna yang berbeda terlihat melalui lensa penderita CVD yang berbeda-beda.


Spoiler for Penglihatan Normal:


Baca Juga : Serem gan, Properti Yang Terbuat Dari Bagian Tubuh Manusia Oleh Pembunuh Berantai Terkenal

Spoiler for Deuteranomalia:




Spoiler for Protanopia:



Spoiler for Tritanopia:




Spoiler for Monochromacy:


Baca Juga : Foto-Foto Sesaat Sebelum Tragedi Mengerikan Terjadi

Spoiler for "color vision deficiency" (CVD):


Sumber


Quote:


profile-picture
profile-picture
zeeblur dan ucupthea memberi reputasi
Hoooooooooo macam tuu
baru tau sayah...
nais sare inpoh...
emoticon-Salam Kenal
Penglihatan gue tajem bray

Setajem cakaran cewek lagi sekuit bray

Tau kagak lo bray

Ah elah emoticon-Traveller
jadi satu warna aja ya..
hm..
masih normal ternyata
kalo buta cinta gmn?
ohh jadi begindang
waduh...

apakah ada pengobatannya gan

emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Tritanopia itu klo ane bilangnya warnanya aestetik kali
Quote:


ih ternyata begitu yg diliat ama mereka yg buta warna yaaa.. ane pikir selama ini buta warna itu pasti yg monochrome yeee... trnyata banyak jeniss... nice info gan...
nice info gan... jadi nambah pengetahuan dan pengelaman... ditunggu thread2 lainnya gan... yang inspiratif dan informatif...
emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di