alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
4.85 stars - based on 26 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2fa5aea2d1951d9b777886/masuk-sd-harus-bisa-baca-tulis-situ-sehat

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Penerimaan siswa baru yang diwarnai dengan pro kontra sistem zonasi baru saja usai. Kini anak - anak sekolah saatnya memulai tahun ajaran baru kembali. Namun, sebenarnya masih ada hal lain yang cukup mengganjal dari sistem penerimaan siswa baru khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD) yakni adanya keharusan calon siswa baru untuk menguasai calistung (baca, tulis, dan berhitung) sebagai salah satu syarat masuk Sekolah Dasar.

Meski sebenarnya aturan ini sudah lama diterapkan dan tahun ini juga bukan merupakan pertama kali aturan ini diterapkan, tetap saja hal ini cukup mengganggu. Kenapa begitu? Karena kalau dimaknai secara harfiah saja, yang namanya sekolah dasar ya memang tempat seorang anak untuk mempelajari hal - hal dasar, termasuk dalam hal calistung. Jadi, jika calistung jadi salah satu syarat wajib seorang calon siswa untuk masuk sekolah dasar kok rasanya aneh ya. Bagaimana bisa tempat untuk mempelajari hal - hal dasar tapi syarat masuknya harus sudah menguasai hal dasar tersebut.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Mungkin sebagian diantara kita menganggap hal ini biasa saja. Karena bagi mereka makin cepat seorang anak menguasai hal dasar (calistung), makin baik, karena sang anak bisa mempelajari hal lain yang lebih tinggi tingkatannya. Toh, calistung sudah dipelajari saat anak duduk dibangku playgroup/ TK. Tapi kita lupa, play group/ Taman Kanak - Kanak sebenarnya bukanlah tempat bagi anak untuk mempelajari hal - hal seperti itu. TK/playgroup sejatinya hanya tempat bagi anak untuk bermain dan membiasakan berkumpul bersama orang lain pra sekolah, selain untuk melatih pendidikan karakter sang anak.

Tak mengapa sih kalau memang ada TK/ playgroup yang ingin mengajarkan anak belajar membaca maupun menulis sebagai tahap pengenalan saja. Tapi bukan berarti saat masuk jenjang SD, anak tersebut wajib harus sudah bisa membaca, menulis, maupun berhitung. Pemerintah sendiri juga mengatur tentang aturan penerimaan calon peserta didik baru tingkat sekolah dasar. Disana ditegaskan bahwa sekolah tidak boleh melakukan tes calistung bagi calon peserta didiknya untuk mengukur kemampuan calon siswa tersebut. Aturan ini juga tertuang dalam Permendikbud No. 51 Tahun 2018.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Dalam peraturan menteri tersebut juga disebutkan bahwa syarat penerimaan siswa baru tingkat sekolah dasar adalah usia calon peserta didik, selain juga zonasi. Peserta didik harus berusia tujuh tahun atau sekurang - kurangnya enam tahun pada 1 Juli tahun berjalan. Tidak ada sama sekali aturan yang mengharuskan seorang calon siswa harus menguasai calistung sebelum masuk SD. Bahkan, sesuai dengan PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, pada Pasal 69 ayat (5) hal tersebut justru dilarang.

Sebagaimana ane tulis diawal, bahwa di TK/PAUD/ Playgroup sebenarnya anak tidak untuk diajarkan calistung, pemerintah meminta agar di tempat ini anak lebih diutamakan pendidikan karakternya, tentang kejujuran, kemandirian, budaya antri dan sejenisnya. Yang pada intinya, bukan untuk dipaksa belajar calistung. Finlandia, negara dengan tingkat pendidikan terbaik didunia juga tidak mengajarkan calistung untuk anak usia dini. Disana anak - anak justru didorong untuk bermain dan bersosialisasi ditahun - tahun pertama sekolahnya.
Sekolah pun baru mengijinkan seorang anak sekolah setelah ia berumur tujuh tahun.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Spoiler for Jangan di scan:


Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 40 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 17
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
PertamaxforTS

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Mari diskusikan dimari..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rafifdx dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh powerpunk
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rafifdx dan 4 lainnya memberi reputasi
Anak2 ane
Sblm masuk SD dan
Masuk SMP pun
Y di test calistung
Sesuai kurikulum dan usianya

Sblm masuk kerja jg toh
Pada umumnya ditest

Rewel sekali TS baru test level SD sj
Sudah mengeluh



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 54 lainnya memberi reputasi
ya baguslah harus bisa calistung,, susu formula udah dijual dimana mana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rafifdx dan 11 lainnya memberi reputasi
Oke gan nice trit gw setuju opini lo emoticon-thumbsup

emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 8 lainnya memberi reputasi
yg penting kenal alpabet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 4 lainnya memberi reputasi
setuju nih ane. seharusnya pg - tk memang belajar pendidikan karakter dengan have fun, agar waktu masuk sd sudah siap belajar dengan baik mengenai pendidikan formal. setelah kurang diperhatikan, akhirnya pemerintah harus mengatur regulasi soal ini sih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 13 lainnya memberi reputasi
pendidikan budi pekerti sejak dini lebih penting daripada calistung emoticon-Recommended Seller emoticon-Baby Boy emoticon-Baby Boy emoticon-Angel emoticon-Angel :emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aligor714 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ya ortunya tanggung jawab donk ajarin anaknya calistung sebelum masuk SD, jangan seharian dipake buat baca berita seleb, baca wattpad ama follow akun penyebar hoax doang, urus anaknyaaaaa.......

ampun gan

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh antisembelits
harusnya yg dikurangi porsi pelajaran agama perbanyak pelajaran disiplin, tenggang rasa, sama budaya tertib dan cinta tanah air. Agama harusnya urusan orang tua yang proaktif bawa anaknya ngaji di mesjid atau pendalaman alkitab di gereja atau berbasis agamanya masing2. biar anak2 ga nongkrong ga jelas sambil ngomong tad tod tad tod padahal masih pake baju koko.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 41 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
emoticon-Jempol
Tugas orang tua dirumah untuk membekali anak²nya sebelum masuk sekolah... ibaratnya persiapan dulu sebelum berperang..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tuntutan zaman Gannn

guru-guru juga pasti mikirnya gini : anak sekarang balita udah jago main game di gadget, udah ngerti basa Inggris dikit2 dari acara TV, ya wajar lah ekspektasi mereka jadi tinggi. Playgroup emang taman bermain, tapi TK dari jaman dulu pun udah tempat belajar calistung kan.
Di situ lah pentingnya peran orang tua buat ngajarin sejak dini, pake cara yang menyenangkan tanpa membebani, ortu kan sekolah pertama anak Gan,

Btw ane sebagai anak jadul yang baru kenal gadget jaman SMP, dan dikasi buku dari kecil, udah bisa baca dari umur 3 taun. Pokoknya TK kenaikan kelas 0 kecil ke 0 besar ane yang jadi MC, soalnya ane doang yang udah lancar baca emoticon-Cool
masa anak jaman sekarang kalah, kan ga asyik emoticon-Hammer emoticon-Ngakak (S)




emoticon-Request

Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 10 lainnya memberi reputasi
ane setuju sih, anak mau masuk sd uda harus bisa calistung mah sarap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 6 lainnya memberi reputasi
biar pada pinter ga goblok kayak kampret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rafifdx dan 6 lainnya memberi reputasi
masih ada gitu SD sekarang ngewajibin bisa calistung? tunjukin sekolahnya.
ato cuma kasus lama diangkat kembali?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 6 lainnya memberi reputasi
karena pendidikan SD sekarang lebih padat dari pendidikan SD jaman dulu, kalau dahulu tidak ada budi pekerti, komputer dan bahasa inggris dan bahasa lain, kalau sekarang ada...

kalau kita akan mengikuti pola pengajaran jaman dulu, kelas satu SD cm belajar calistung, maka pelajaran2 lain akan mundur, dan akhirnya mendekati ujian akhir SD, anaknya yg keteteran jadi mau tidak mau anak harus sudah bisa Calistung, atau solusi lain jam belajar anak di sekolah ditambah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
online.addict dan 2 lainnya memberi reputasi
agar lebih mudah nyerap pelajaran ketika masuk sekolah dasar kan.
profile-picture
profile-picture
slanker.nasbung dan powerpunk memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Ane mendukung kalau masuk SD itu bisa calistung..
Yg ane nggak setuju, kalau itu dijadikan sebagai salah satu syarat wajib..
Minimal tau dulu lah, nggak harus wajib..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
waffen ss dan 11 lainnya memberi reputasi
ada baiknya ortu dirumah ngajarin anaknya calistung sebelum masup sd.
soalnya ane dulu tanpa tk langsung masup sd.
thanks to emak emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rafifdx dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nah ini lebih penting..
Apalagi ngelihat generasi jaman skrg yg budi pekertinya udah luntur..

Quote:


Anaknya dibiarin main gadget juga biasanya Gan..

Quote:


No komen dah kalau masalah agama..

emoticon-Cape d...
Quote:


Bener nih..
Ngenalin anak dgn calistung sih gak masalah..
Yg jd masalah kalau memaksa anak buat bisa..
profile-picture
itkgid memberi reputasi
Halaman 1 dari 17


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di