alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Punya Persepsi Ini Tentang Bayi? Kamu Salah Besar, GanSis!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2efafcc0cad71fdd3bef0d/punya-persepsi-ini-tentang-bayi-kamu-salah-besar-gansis

Punya Persepsi Ini Tentang Bayi? Kamu Salah Besar, GanSis!

Punya Persepsi Ini Tentang Bayi? Kamu Salah Besar, GanSis!

Menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah, Sis. Apalagi untuk Sista yang baru menjadi ibu, alias mamah muda. Tak jarang ada ibu yang mengalami baby blues setelah melahirkan. Salah satu penyebabnya adalah kekhawatiran ibu dalam merawat sang bayi. Bahkan di era yang modern ini masih banyak loh beredar mitos-mitos seputar bayi dan dipercayai oleh banyak orang. Padahal nih ya, mitos yang beredar itu belum tentu benar, Sis. Sebagai orangtua yang cerdas ada baiknya mencari tau alasan dibalik mitos tersebut, jangan langsung percaya begitu saja. Jangan sampai kalian mudah percaya pada sesuatu yang menyesatkan ya.

Misalnya beberapa mitos ini nih, Sis!
Kalian jangan percaya ya!



Bayi Harus Dibedong Agar Kakinya Tidak Bengkok

Punya Persepsi Ini Tentang Bayi? Kamu Salah Besar, GanSis!

Bayi baru lahir kakinya memang terlihat seperti bengkok atau membentuk huruf o, Sis. Tapi, lama-kelamaan kakinya akan lurus dengan sendirinya kok seiring dengan kakinya yang mulai kuat. Jadi sebenarnya, membedong bayi dengan ketat tidak ada hubungannya dengan bentuk kaki, Sis. Tujuan membedong bayi tidak lain dan tidak bukan adalah agar sang bayi merasa hangat dan nyaman, Sis. Tapi kalau membedongnya terlalu kuat dan ketat, kasihan sang bayi Sis, nanti dia malah susah bergerak dan tidak nyaman. Bukan tidak mungkin juga kalau sang bayi akan merasa sesak karena ikatan bedong yang terlalu kuat.


Pusar yang Bodong Harus Ditempel Koin

Punya Persepsi Ini Tentang Bayi? Kamu Salah Besar, GanSis!

Kalau mitos yang satu ini, jujur ane baru denger sih. Katanya, kalau bayi menangis pusar mereka akan menonjol sehingga terlihat bodong, nah kalau begini katanya pusar yang bodong harus ditempel dengan koin. Tapi sebenarnya, hal ini tidak ada kaitannya dengan koin. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh otot dinding bayi yang masih lemah. Pokoknya jangan menempelkan koin pada pusar bayimu deh, bisa-bisa bayimu malah infeksi karena koin tersebut.


Bayi Tidak Boleh Dipotong Kukunya Sampai Usia 40 Hari

Punya Persepsi Ini Tentang Bayi? Kamu Salah Besar, GanSis!

Ada bayi yang lahir dengan kuku yang pendek dan ada juga bayi yang lahir dengan kuku yang sudah panjang. Meski awalnya kuku bayi yang baru lahir masih lunak, tapi dalam beberapa hari kuku tersebut akan menjadi keras dan bisa melukai kulitnya, Sis. Kan bahaya kalau malah melukainya, jadi sebaiknya dipotong ya. Sebenarnya sejak baru lahir kuku bayi sudah boleh dipotong kok. Tapi lebih baik gunakan gunting kuku khusus untuk bayi ya.


Bayi Tidak Boleh Keluar Rumah Sampai 40 Hari

Punya Persepsi Ini Tentang Bayi? Kamu Salah Besar, GanSis!

Ada mitos lain yang mengatakan bahwa bayi baru boleh dibawa keluar setelah 40 hari Sis. Tapi faktanya, bayi boleh kok dibawa keluar rumah sebelum 40 hari. Misalnya saja adanya keperluan untuk periksa dan kontrol ke dokter atau yang biasanya terjadi adalah bayi dibawa keluar untuk berjemur. Mungkin maksud tidak boleh disini adalah membawa bayi jalan-jalan ke tempat yang ramai. Kenapa? Karena tubuh bayi yang masih sangat lemah, Sis. Takutnya kalau dibawa keluar, sang bayi akan mudah tertular penyakit dari orang lain atau dari udara yang terkontaminasi.


Bayi Boleh Diberi Pisang Agar Cepat Besar

Punya Persepsi Ini Tentang Bayi? Kamu Salah Besar, GanSis!

Sista pernah mendengar mitos kalau bayi boleh diberi pisang agar ia cepat besar ga? Kalau pernah, jangan percaya ya Sis. Karena sebenarnya bayi yang baru lahir hanya membutuhkan ASI, Sis. Yap, ASI eksklusif selama 6 bulan. Bayi boleh diberi pisang sebagai makanan pendamping ASI ketika usianya sudah lebih dari 6 bulan. Memberi makanan sebelum waktunya ternyata bisa membahayakan pencernaannya, Sis.


Bayi yang Sering Digendong Akan Jadi Anak Manja

Punya Persepsi Ini Tentang Bayi? Kamu Salah Besar, GanSis!

Bayi yang sering digendong akan menjadi anak yang manja? Kata siapa? Jangan percaya Sis. Walaupun masih banyak orang tua yang beranggapan menggendong bayi akan menyebabkan “bau tangan” atau bayi akan terus minta digendong, tapi nyatanya tidak begitu kok. Menggendong bayi sebenarnya hanya salah satu cara ibu untuk membangun kedekatannya dengan sang bayi.


Bayi Baru Lahir Harus Pakai Gurita

Punya Persepsi Ini Tentang Bayi? Kamu Salah Besar, GanSis!

Sista tau gurita? Ternyata masih banyak loh yang beranggapan bahwa memakai gurita akan menghangatkan bayi. Bahkan tak jarang terjadi perbedaan pendapat antara ibu bayi dengan sang nenek mengenai hal ini hingga menyebabkan adu pendapat. Padahal faktanya, memakaikan gurita pada bayi tidak dianjurkan. Karena dapat mengganggu pernapasan bayi yang disebabkan oleh pergerakan dada yang terbatas.


Hidung Bayi Bisa Mancung Jika Ditarik Hidungnya

Punya Persepsi Ini Tentang Bayi? Kamu Salah Besar, GanSis!

Kalau yang ini kayaknya masih banyak yang percaya deh. Padahal mancung atau tidaknya hidung dipengaruhi oleh faktor genetik, bukanlah karena sering menarik hidung. Menarik hidung tidak akan membuat mancung, justru sang bayi bisa merasakan sakit di hidungnya jika sering ditarik apalagi kalau terlalu kencang.



Itul dia Sis beberapa mitos seputar bayi baru lahir yang masih banyak dipercaya oleh masyarakat.
Kamu termasuk orang yang masih percaya ga Sis?
Sista harus jadi ibu cerdas ya, jangan mudah percaya!



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 4 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
paling sering ditemuin nih tentang hidungnya dipegang jadi mancung, terus kaki harus dibedong biar nggak bengkok, padahal waktu kakak ane konsul ke dokter malah dokter bilang untuk gak sering2 di bedong, cuma yang namanya udah pesan turun temurun, pasti susah untuk bilanginnya.
profile-picture
diandraps memberi reputasi
hmm salah ternyata
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
nomer 2 baru denger
mitos-mitos kaya gini beberapa masih santer banget ya di masyarakat, kalo udah turun temurun ngilanginnya harus ekstra sabar. ane paling ngeri liat bayi dibedong kenceng-kenceng, sini yang liat aja engep gimana bayinya ya emoticon-Frown
profile-picture
ncimbima memberi reputasi
Mitos selama kehamilan dan menjelang persalinan lebih gila lagi.

Ada tetangga yang sok ngatur:
gak boleh gini, harus gitu, jangan ini, jangan itu, gw sih iya-in aja daripada berdebat.

Kalo urusan mitos tentang bayi, gw dulu lebih cari aman, biar gak berantem sama mertua.

Kalo lagi ada mertua, semua gw turutin:
*) Semua yang disebut ts
*) Gak boleh di luar rumah kalo malem
*) Istri gak boleh makan pedes
*) Jemuran baju bayi gak boleh di luar kalo malem
profile-picture
pinknam00 memberi reputasi
Quote:


sama gan ane juga kaga tega kalo liat bayi diiket kenceng begitu emoticon-Frown

mungkin masyarakat kita udah seharusnya mau nerima pandangan di luar adat istiadatnya terutama yang udah bisa dibuktikan dengan medis, bukan untuk ngilangin budaya kita sih tapi lebih untuk kebaikan bersama, terutama generasi yang akan datang supaya kualitas SDM kita makin maju emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
farinamany memberi reputasi
yang paling sering ane denger sih bayi klo di gendong mulu nnti bau tangan jdnya takut klo digendong siapa siapa trs maunya di gendong mulu gamau ditaro. tp dulu ortu ane percaya klo bayi di pencet2 idungnya bisa mancung. jd dulu ane di pencet2in mulu idungnya untung beneran mancung jdnya wkwkwk gatau deh beneran bisa apa engga tuh hahaha
profile-picture
profile-picture
farinamany dan citra1717 memberi reputasi
terimalah takdir...
kalau udah pesek dr sononya ya pesek aja..

alay amat..emoticon-Wakaka
kalau ngeliat wajah bayi, hati ane kok merasa adem ya..emoticon-Bingung
profile-picture
citra1717 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
ane belom ada bayi gan
kaki ane bentuknya O. 2 abang ane juga sama. ane rasa itu emang keturunan , bukannya salah cara bedongnyaemoticon-Cape d...
Quote:


karena bayi belum punya dosa gaan. hehehe
Quote:


iyaa gan. biar secara ilmiah emang ga terbukti. tapi mending nurut aja sama kata orang tua karena katanya omongan orang dulu tuh suka bener adanya
keluarga ane kayaknya menganut yg idung mancung karena ditarik deh, soalnya emak ane selalu bilang "idung kamu mancung soalnya dulu pas bayi sering ditarik"
Begitu pemirsa, makasih infonya gan!
Diubah oleh richardus96
setuju gannnn... biar jd pengalaman buat banyak org jg dan inspiratif buat semuanya... lanjutkan...
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol


Quote:


iya gan, emng susah klo ngasih tau yang sudah turun temurun dilakukan. ada desakan orang yang lebih tua juga untuk melakukan hal tersebut emoticon-Cape d...
ane udah praktekin yang masalah gedong. adek ane dari lahir gk pernah digedong karena anaknya malah nangis klo digedong. dan syukur gedenya juga gak kenapa napa. kakinya juga tidak mengalami kelainan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di