alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cari Aman hingga Kehangatan, Alasan Kucing Suka Ngumpet dalam Kardus
4.94 stars - based on 18 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d28568c263772726854b65c/cari-aman-hingga-kehangatan-alasan-kucing-suka-ngumpet-dalam-kardus

Cari Aman hingga Kehangatan, Alasan Kucing Suka Ngumpet dalam Kardus


Cari Aman hingga Kehangatan, Alasan Kucing Suka Ngumpet dalam Kardus


Kotak atau kardus yang nggak sengaja kamu telantarkan di teras rumah atau di sekitar tempat kos kamu akan jadi benda yang nggak dipedulikan sama sekali oleh masyarakat sekitar. Setidaknya sampai tukang sampah menemukannya. Tapi kalau seekor kucing kampung yang memang daerah kekuasaannya di sekitar tempat tinggal kamu, atau kucing peliharaan kamu deh misalnya; melihat kardus ini, bisa jadi itu akan jadi "markas" dadakannya.

Kucing memang suka banget masuk ke dalam kotak atau kardus. Walaupun kamu nggak berniat buat menempatkan mereka di dalam kotak, kalau mereka sudah melihatnya mereka pasti akan melompat ke sana cepat atau lambat. Hal ini ternyata bisa dijelaskan secara teori oleh dokter hewan dan para ahli kucing.

Ada dua alasan utama kenapa kucing suma bersembunyi di dalam kotak. Dikutip dari Reader's Digest, ini dia alasan utamanya:

Kucing suka kondisi yang aman

Cari Aman hingga Kehangatan, Alasan Kucing Suka Ngumpet dalam Kardus


Memang ada banyak teori kenapa kucing suka banget sama kardus/kotak, tapi menurut Mark D. Freeman, seorang Doctor of Veterinary Medicine, menyebutkan alasan utama atas perilaku kucing tersebut (dan ini adalah salah satu alasan yan sudah diterima oleh orang banyak) adalah masalah keamanan. Kucing secara alamiah merupakan hewan yang penuh rahasia, misterius, dan suka bersembunyi. Dalam artian mereka lebih menyukai sembunyi di tempat yang aman di mana mereka bisa nyaman untuk memperhatikan dunia di sekitar mereka.

Secara alamiah juga kucing adalah mangsa dan pemangsa. Jadi mereka pun butuh sebuah tempat khusus, tempat yang nyaman dan aman buat mereka mengintai mangsa sekaligus mengamankan diri dari predator. Nah, kotak-kotak seperti kardus dinilai ideal buat mereka. Sebenarnya nggak melulu kardus sih, tempat apapun yang kecil, dengan ruang yang terbatas, dan yang mereka anggap aman bisa jadi "markas" mereka.

Cari Aman hingga Kehangatan, Alasan Kucing Suka Ngumpet dalam Kardus


Kucing suka kondisi yang hangat

Alasan kedua kenapa kucing suka berdiam diri di dalam kotak adalah karena kotak dan kardus memberikan mereka kenyamanan secara fisik. Hal ini dijelaskan oleh Daniel Rotman, CEO dari PrettyLitter, sebuah perusahaan pasir khusus kucing. Menurut Daniel, kotak-kotak atau kardus tersebut bisa mengurangi stres yang dirasakan oleh seekor kucing dan membantu mereka mengatur suhu tubuh.

Suhu tubuh normal seekor kucing berkisar antara 29,4 derajat Celcius. Tempat-tempat semppit dan tertutup seperti kardus bisa memberikan mereka kehangatan yang mereka butuhkan. Seolah-olah mereka sedang berada di antara kumpulan kucing lain.

Pendapat lain diutarakan oleh Emily Parker, seorang ahli kucing dari Catological. Menurutnya, kucing-kucing yang suka berdiam diri di kardus adalah kucing-kucing yang punya bulu pendek dan kurus. Sementara kucing dengan bulu panjang justru lebih suka di lokasi yang agak dingin.

Kucing suka tekstur kardus

Cari Aman hingga Kehangatan, Alasan Kucing Suka Ngumpet dalam Kardus


Selain memberi keamanan, kenyamanan, dan kehangatan, kucing juga ternyata menyukai tekstur dari kardus. Karena kita tentu saja terkadang melihat mereka menggaruk-garuk kardus sampai menggigit-gigitnya. Kondisi ini juga membuat si kucing mempunyai sumber hiburan yang menyenangkan, menurut Mark D. Freeman. Sejatinya, kardus adalah sumber kebahagiaan buat para kucing karena termasuk aman untuk digigit-gigit dan digaruk-garuk.

Membebaskan kucing bermain dengan kardus mereka bisa membantu kucing untuk mengurangi perasaan cemas yang mungkin mereka rasakan. Ketika seekor kucing merasa lelah, kardus atau kotak-kotak sempit ini memberikan mereka ruang untuk mengembalikan tenaga yang hilang untuk nantinya bermain lagi. Jadi kardus ini semacam ruang buat si kucing untuk bermeditasi.

Kucing yang baru diadopsi sebaiknya diletakkan dalam kardus

Cari Aman hingga Kehangatan, Alasan Kucing Suka Ngumpet dalam Kardus


Daniel Rotman menyebutkan bahwa kucing yang baru diadopsi biasanya akan merasa tertekan karena lingkungan baru. Disarankan oleh Daniel untuk menyediakan kotak untuk memberikan mereka ruang pribadi sampai mereka siap beradaptasi dengan tempat baru. Mereka akan suka ditempatkan di dalam kardus.

Yang paling penting, hilangkan benda-benda yang mungkin berbahaya untuk si kucing dari kardus tersebut. Seperti staples atau bagian-bagian yang tajam. Jadi sebelum "melempar" kardus buat mereka, pastikan kardus tersebut aman dari benda-benda berbahaya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan 26 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Pantesan kucing2 ane pada demen masuk box kardus
profile-picture
boingboing99 memberi reputasi
Nah ini, sekarang tau deh alesan kenapa kucing suka ditaro didalem kardus. Apalagi kalo baru lahiran tuh kucingnya, pasti disediain kardus buat anak-anaknya. Kirain ane emang tempat minimalis kalo ngga ada kandang, ternyata malah dianjurin toh!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 4 lainnya memberi reputasi
Hmm kucing kostan ane demen banget sama kardus kirain karena teksturnya yang bisa dicakar-cakar, ternyata ada alesan lain toh

Ada lagi kucing yang lain di kostan ane juga malah demennya naik ke kursi meja belajar, ngalangin kita mau nugas, udah jadi singgasana dia aja kita ga boleh duduk di situ emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 4 lainnya memberi reputasi
kucing disekitar rumah malah aneh cuaca dingin gini lebih milih tidur di atas atap apa gak kedinginan ini.
profile-picture
boingboing99 memberi reputasi
Sm kek kucing ane sih.. Tp krn bosenan kadang diatas kadang mojok kadang ngilang entah kemana.. emoticon-Ngakak
profile-picture
boingboing99 memberi reputasi
OOOhh pantesan, jadi ini toh yang nyebapin mereka seneng banget di dalam kardus. Ane pernah nyariin kucing ane kaga muncul2, kirain ilang, tau taunya lagi pada ngumpet di kardus gudang emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
asek makin banyak thread yang bahas kucing emoticon-Big Grin baru tau juga ane ternyata ada penjelasan ilmiahnya. yang jelas ada aja koceng yang udah tau gedean badan dia dari kerdusnya, tetep aja maksain duduk WKWK terus kadang beli mainan kucing, manannya dianggurin kerdus paketnya dimainin hadeu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 4 lainnya memberi reputasi
Iyaa ane jg suka ngasih kardus sama kain biar dia anget trs dikasih susu. Tp kadang kardus nya suka dipipisin wkwk baru tau jg ane ternyata itu alesannya, Jd kgn kucing ane yg udh meninggal grgr digigit tikus huhuhu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Kaskus3010
kucing ane ada yang suka banget kerdus, satunya suka banget masuk ke kresek wkwkw ada alesannya juga ga ya secara ilmiah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
pernah waktu kecil buat rumah buat kucing dari kardus, sampe ane kasih alasnya kain, sama tempat makan dan minum . tapi kucingnya keluar-keluaran mulu gak betah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan DoDoLanDoDoL memberi reputasi
profile-picture
boingboing99 memberi reputasi
haha oh ini jadi alasannya kucing suka di kardus wkwkw. memang masih bnyak sekali perilaku kucing yang lucu dan menggemaskan, termasuk mengapa kucing takut sama terong atau timun wkwkw
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan DoDoLanDoDoL memberi reputasi


Quote:


haha sama gan, kirain cuma keadaan darurat tidak ada kandang atau tempat gitu, ternyata ada sebab lain emoticon-Jempol

profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan DoDoLanDoDoL memberi reputasi
kucing ane lebih suka sama plastik, tiap ane bawa plastik kresek slalu ngikutin ane emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Mantap tenan TSnya emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan DoDoLanDoDoL memberi reputasi
dulu pernah di rumah ane ada kardus bekas isinya kain majun dipake sama kucing buat anaknya.
mungkin buat menghangatkan tubuh anaknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
iiiiih unyu-unyu kucingnya...
emoticon-Matabelo

nb: kalau kucing garong masih butuh kardus gak?
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan DoDoLanDoDoL memberi reputasi
wkwkwk, kucing ane udah dikasih tempat tidur malah tetep milih tidur di kardus emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan DoDoLanDoDoL memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 4 lainnya memberi reputasi
Ga kecil ga gede kucing emang suka banget sama kardus
profile-picture
sisitmae memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di