alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Ternyata Obesitas Dapat Memicu Pengapuran pada Tulang Anda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d26ccbdf4d6950d156760c1/ternyata-obesitas-dapat-memicu-pengapuran-pada-tulang-anda

Ternyata Obesitas Dapat Memicu Pengapuran pada Tulang Anda

Ternyata Obesitas Dapat Memicu Pengapuran pada Tulang Anda

Banyak yang telah mengetahui bahwa kegemukan atau obesitas adalah salah satu kondisi yang cenderung lebih rentan terkena berbagai penyakit, mulai dari diabetes, kolesterol tinggi, juga tekanan darah tinggi. Namun, selain penyakit-penyakit tersebut ternyata ada masalah kesehatan lain yang tak kalah membahayakan penderitanya, seperti masalah pengapuran tulang.

Penyakit pengapuran tulang secara medis disebut osteoarthritis. Area yang biasa terkena penyakit ini antara lain tangan, lutut, pinggul, dan tulang punggung. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa sendi-sendi yang lain bisa terserang penyakit tersebut. Risiko penyakit osteoarthritis ini lebih besar dimiliki oleh orang-orang yang memiliki berat badan berlebih karena orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki beban tambahan pada area pinggul dan lututnya. 

Menurut John Hopkins Arthritis Center, setiap kelebihan berat badan sebesar 10 pon dapat meningkatkan beban pada sendi lutut hingga 30-60 pon pada setiap langkah. Jika hal ini terus terjadi selama bertahun-tahun, beban tersebut terus menghimpit kartilago yang menjadi bantalan sendi sehingga bantalan sendi tersebut menjadi terkikis dan lebih cepat rusak. Kondisi tersebutlah yang mempercepat proses terbentuknya penyakit osteoarthritis dengan kondisi sendi yang terasa nyeri dan bengkak. Selain merasakan nyeri dan kekakuan pada area sendi, ada juga beberapa gejala lain yang dapat dirasakan, seperti kelenturan sendi yang menurun, juga sensasi tidak nyaman serta suara gesekan pada sendi ketika digerakkan.

Para peneliti juga menunjukkan bahwa ada hubungan antara kegemukan dengan penyebab pengapuran tulang. Penelitian memperlihatkan bahwa kelebihan jaringan lemak dalam tubuh menghasilkan bahan-bahan kimia, berupa sitokin, yang menjadi penyebab peradangan serta dapat merusak persendian.

Jika Anda mengalami pengapuran tulang akibat obesitas, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, seperti langkah-langkah berikut ini.


Lakukan Upaya Penurunan Berat Badan

Bagi penderita obesitas, penurunan berat badan dibutuhkan agar beban tekanan pada sendi menjadi berkurang dan tidak memperburuk kondisi osteoarthritis. Penurunan berat badan bagi penderita obesitas sebaiknya dilakukan dengan bimbingan dari dokter gizi agar program penurunan badan bisa dilakukan secara efektif dan aman. Pada program penurunan berat badan ini, biasanya penderita obesitas akan disarankan untuk mengurangi asupan kalori dan menjalankan kebiasaan makan yang lebih sehat.

Asupan kalori harian yang dianjurkan untuk wanita adalah sekitar 1400 kalori, sedangkan untuk pria adalah sekitar 1900 kalori. Cara terbaik menjalankan pola makan sehat untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengganti makanan atau minuman tinggi kalori dengan pilihan makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayur dan buah, serta menghindari makanan dengan kadar garam dan gula yang tinggi.

Olahraga Secara Teratur

Selain menurunkan berat badan dengan mengganti pola makan, Anda juga disarankan untuk rutin melakukan olahraga agar dapat mencegah penambahan berat badan dan mempertahankan penurunan berat badan yang aman.

Olahraga secara teratur sangat penting dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas dan menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran tulang. Aktivitas ini akan membuat sendi menjadi lebih stabil sehingga dapat mengurangi tingkat keparahan osteoarthritis. Namun, pastikan olahraga yang dilakukan tidak berlebihan karena olahraga yang berat justru cenderung dapat memperburuk masalah yang diderita. Anda bisa memilih jenis olahraga yang ringan, seperti berolahraga menggunakan sepeda statis, berenang, atau berjalan kaki.

Selain menerapkan pola makan sehat dan aktif berolahraga, penderita osteoarthritis juga disarankan untuk melakukan terapi Pulsed Radiofrequency (PRF) agar kondisi pengapuran dapat diatasi secara tuntas. Pulsed Radiofrequency (PRF) sendiri merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menghilangkan nyeri dengan memanipulasi bagian saraf yang berfungsi dalam mengirim sinyal nyeri dengan bantuan medan listrik dari elektroda RF.

Pulsed Radiofrequency ini sering digunakan untuk kasus-kasus nyeri kronis atau nyeri yang terjadi selama lebih dari tiga bulan, seperti kasus nyeri pada area tulang belakang (leher, punggung dan pinggang) dan sendi facet maupun nyeri pada piringan sendi yang memengaruhi bantalan tulang belakang.

Sumber : https://www.emc.id/id/care-plus/tern...da-tulang-anda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Vagabond008 dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ane ada pengapuran di tulang belakang bagian bawah, ntah krn dulu suka angkat yang berat dengan posisi badan membungkuk atau krn berat badan naik...
diet di sertai olah raga rutin 1 minggu sekali aja
konveksi tas
Mesti segera ditanganin tuh gan, bisa bahaya kalau lama2 dibiarin. Cepet sembuh ya gan

Quote:


profile-picture
davecchio memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post ananovanca
Ada saran? Obat atau harus operasi?
wah ane baru tau kalo obesitas bisa membuat pengapuran tulang

ayo kita yang masih sehat harus jaga pola makan dan hidup supaya terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan
Bener. Karna fat bukan berarti sehat, karna bisa aja lemak dalam tubuh membahayakan tubuh kita
info menarik
Gemuk gk pp
Tapi harus doyan minum pahit kek protowali, sambiloto & kumis kucing yg direbus misalnya emoticon-Cool
Jadi klo lu gendut gk bkalan buncit alias berisi apalgi lu doyan ngangkat galon tambah montok dah tuh perut emoticon-Betty tapi bukan buncit yaemoticon-Malu emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Bisa sembuh gak gan ?kalo uda nurunin berat?
waduh serem banget nih kalo udah ada warning ada pengapuran. saran ane buat yang susah diet, mending langsung konsul ke ahli gizi aja biar ditentuin pola makan dan nutrisinya, jangan asal diet yaa. krn ane termasuk yang asal asalan pas diet terus skrg kena GERD akut
Quote:


Coba dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter sih gan, bisa dokter umum. baru kalo dapet rujukan ke dokter spesialis
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Quote:


Yuk gan kita terapkan pola hidup sehat dari sekarang emoticon-Angel
Quote:


Quote:


emoticon-Angel emoticon-Angel

Quote:


wah nice info gan, ane baru tau nih info ini. Siap dicoba deh kalo lagi nganggur emoticon-Peluk
Quote:


Wah ane kurang tau gan, tapi dari yg ane tau hal itu masih bisa diatasin / diminimalisir kok
bener ini sodara ane juga kena pengapuran bray, udh di operasi, jalan juga pake tongkat, dia bilang gini ' kalo ibarat mobil mah udah ga ada sasis nya' jaga kesehatan bray sebelum menyesal di masa tua.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di