CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Jangan Melakukan Hal-hal Ini, Hanya Akan Membuat Anakmu Menjadi Minder!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d25b9ad9a972e546e2b73fe/jangan-melakukan-hal-hal-ini-hanya-akan-membuat-anakmu-menjadi-minder

Jangan Melakukan Hal-hal Ini, Hanya Akan Membuat Anakmu Menjadi Minder!

Jangan Melakukan Hal-hal Ini, Hanya Akan Membuat Anakmu Menjadi Minder!

Setiap anak memiliki karakter dan kepribadian masing-masing, GanSis. Lingkungan keluarga dipercaya sebagai hal utama yang bisa membentuk karakter dan kepribadian anakmu loh. Tumbuh dalam lingkungan yang baik akan membuat sang anak tumbuh dan berkembang dengan sangat baik pula, GanSis. Biasanya mereka memiliki rasa percaya diri, semangat dan juga kebahagiaan yang berlimpah. Tapi sayangnya, tidak sedikit pula anak-anak yang justru merasa kurang percaya diri, minder, mudah takut, mudah khawatir dan sejenisnya.

Agan dan Sista pasti tau kan kalau hal utama yang membentuk karakter anakmu adalah lingkungan keluarga, terutama kalian para orangtua. Para ahli menemukan bahwa, orangtua berperan besar terhadap perkembangan mental sang anak loh. Selain itu, sikap orangtua juga berperan sangat penting dalam membentuk rasa kepercayaan diri sang anak atau sebaliknya yakni rasa minder.
Berikut ini terdapat beberapa sikap orangtua yang justru bisa menyebabkan anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi mudah minder, kurang percaya diri bahkan terisolasi dari lingkungan sepermainannya.



Orangtua Keras Kepala

Jangan Melakukan Hal-hal Ini, Hanya Akan Membuat Anakmu Menjadi Minder!

GanSis, kalian jangan sampai menjadi orangtua yang keras kepala ya. Karena sebenarnya orangtua yang memiliki sifat keras kepala dan egois sangat berpengaruh terhadap perkembangan anakmu loh. Dengan menjadi orangtua yang keras kepala dan egois bisa menyebabkan anakmu merasa minder di hadapan orang lain, GanSis. Apalagi ketika anakmu mendengar tentang sikap keras kepala dan egois orangtuanya dari oranglain yang membicarakan orangtuanya di belakangnya, pasti rasa minder sang anak menjadi semakin besar, deh.


Bertengkar di Depan Anak

Jangan Melakukan Hal-hal Ini, Hanya Akan Membuat Anakmu Menjadi Minder!

Setiap hubungan pasti memiliki masalah, baik masalah kecil ataupun masalah yang besar. Tak terkecuali pertengkaran antara suam dan istri yang tak bisa terhindarkan. Tapi lebih baik, sebesar apapun masalah yang kalian hadapi, jangan pernah menyelesaikannya dengan cara bertengkar di depan anakmu ya, GanSis. Karena orangtua yang sering bertengkar di depan anak hanya akan meningkatkan risiko anak menjadi pribadi yang minder dan merasa sangat sedih. Selain itu, bertengkar di depan anak juga akan membuat sang anak merasa takut dan merindukan keluarga lain misalnya saja keluarga temannya yang orangtuanya sabar, penuh kasih sayang dan tidak pernah ada masalah di dalamnya.


Memarahi Anak di Hadapan Orang Lain

Jangan Melakukan Hal-hal Ini, Hanya Akan Membuat Anakmu Menjadi Minder!

Tak bisa dipungkiri bahwa anakmu pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi sebesar apapun kesalahannya, jangan pernah memarahinya di hadapan orang lain ya, karena hal ini hanya akan membuat anakmu merasa minder karena merasa harga dirinya turun. Syukur-syukur kalau anakmu menjadi penurut, tapi sayangnya memarahi anakmu di depan umum hanya akan membuat dia menjadi pribadi yang semakin bandel dan pembangkang. Jadi jangan pernah lakukan ini deh GanSis, karena bisa-bisa anakmu malah dendam ke GanSis sebagai orangtuanya.


Menertawakan Anak

Jangan Melakukan Hal-hal Ini, Hanya Akan Membuat Anakmu Menjadi Minder!

Ketika anak terjatuh atau melakukan kesalahan lainnya dan orangtua malah menertawakannya, ini juga akan membuat harga diri anakmu turun, GanSis. Hal ini akan membuat anakmu merasa trauma hingga merasa ketakutan atau minder. Karena menertawakan anakmu hanya akan menurunkan rasa percaya dirnya, GanSis.



Itulah beberapa sikap orangtua yang bisa menyebabkan anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi minder, kurang percaya diri dan kurang nyaman dengan dirinya. Selain sikap di atas, sikap orangtua lain yang bikin anak minder adalah orangtua mengolok-olok anak, orangtua ingin menang sendiri di depan orang lain, orangtua membantah nenek atau kakeknya, orangtua tidak bisa mengontrol emosi dan masih lagi.

Jadi, usahakan untuk mengasuh dan merawat anakmu dengan penuh kesabaran dan kasih sayang ya GanSis. Kalaupun anakmu melakukan kesalahan, GanSis sebagai orangtua juga harus tegas dan menasehatinya.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
erina79purba dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hayosayasiapa
Halaman 1 dari 2
Nah bener nih apalagi klo ortu yg suka banding2in anaknya sm orang lain. Bukannya si anak malah terpacu untuk lebih baik lg yg ada tuh anak ngerasa ga berguna. Harusnya ortu liat masing2 potensi anaknya. Mungkin si anak emg ga jago salah satu bidang tp bisa jd dia menguasai bidang yg lainnya.
profile-picture
profile-picture
diandraps dan citrachoirunisa memberi reputasi
Quote:


betul gan, ane ngerasain banget dampaknya bagi ane sendiri, emak ane sering ngebandingin gw sama sepupu gw atau anak anak temennya, seakan akan gak ada hal yang bisa dibanggain dari ane.
palagi anaknya dibandingin sams kakaknya atau adik2nya...
Quote:


Setuju bangett, ane juga ngeliat sendiri temen ane yg selalu dibandingin meskipun sama kakaknya sendiri akhirnya doi jadi gampang minderan. Untungnya anaknya baik, jadi ga begitu parah tapi jadi seakan haus akan pengakuan.
Dia berharap semua yg dia lakuin diapresiasi orang, apa yg dia kuasain dilihat orang supaya dapet pengakuan jadi lebih ke kasian aja karena kadang dia selalu berusaha menonjol tapi ada aja yang lebih dari diaemoticon-Frown
profile-picture
Kaskus3010 memberi reputasi
biasanya banyak yqng membentak
bener banget nih, bisa jadi perhatian buat orang tua semuanya. selain itu, ngeremehin anak juga pengaruh banget lho kaya misal kalo anak bilang mau kuliah teknik sipil, orang tuanya malah bilang "halah kamu tuh gabisa" dll dll tiap anaknya mau ngapain, dibilang 'emang bisa?' gitu...
profile-picture
citrachoirunisa memberi reputasi
Quote:


banding-bandingin anak sih jahat banget niatnya mau jadi bahan obrolan basa basi, tapi basi beneran kasian anaknya
Quote:


bener juga gan. juga jangan terlalu menuntut anak harus ini itu. yg ada anak malah ga bisa dapetin impian dia. cuma untuk bikin orangtua seneng, bisa jadi dia malah bohong sama orangtuanhmya
Quote:


intinya kalo nanti agan dan aganwati udah jadi orangtua jangan terlalu memaksakan anak harus jadi apa. berikan kebebasan sama anaknya, asal kita tetep mengawasi dan anak jangan sampe keluar jalur
profile-picture
japarina memberi reputasi
Quote:


yaaaa benar sekali. kasih kesempatan dulu buat eksplorasi diri dan lingkungan
profile-picture
citrachoirunisa memberi reputasi
Nah bener nih. Karna sejatinya sosialisasi pertama yang didapatkan oleh anak adalah melalui keluarga, keluarga sangat berperan penting dalam tumbuh kembang anak sebelum anak keluar ke lingkungan sosialnya. Dan didalam proses sosialisasinya, orang tua diharapkan bisa menjalankan perannya dengan baik. Bagaimana didalam keluarga terbangun hubungan yg demokratis dengan pola komunikasi yang saling menghargai satu sama lain
profile-picture
citrachoirunisa memberi reputasi
tiap orang tua pasti ingin mendidik anaknya dengan sangat baik, tidak ada org tua yang mendidik anaknya dengan tujuan buruk. ini mengapa diperlukannya mencari informasi-informasi yang bersifat edukatif mengenai parenting kepada yang baru jadi orang tua.
Tidak membandingkan anak satu dg anak yang lain
setuju sama semua poin poin yang diberikan TS sih ane. menurut ane yang paling sepele tapi berimpact besar tuh berantem orangtua didepan anak. secara gak langsung ngerasain banget kecewanya harus ngeliat adegan yang kita gak akan suka dan denger hal2 yg ga seharusnya didenger
Bahagianya ya bisa punya anak. Pngn bget pny anak.
profile-picture
panjialiansyah memberi reputasi
Diubah oleh irmasilvi


Quote:


bener bgt gan, ini sering bgt terjadi. dan tanpa disadari dampaknya besar. stop membanding bandingkan anak krena anak satu dengan yang lain dipastikan berbeda emoticon-Jempol

nice thread gan, patut ditiru untuk kebaikan anak kedepannya. minder bukanlah hal bisa dianggap remeh. minder akan mempengaruhi sikap anak kelak, terutama kemampuannya untuk bersosialisasi
Bener banget ni thread. Apalagi yg menertawakan & marahin depan umum. Kadang ortu suka lupa. Hal itu bener bener bikin anak jadi gak pede. Contoh kecilnya kaya ngecengcengin walopun bercanda... kadang dia jadi gak apa adanya didepan ortunya sendiri karena malu...
betul bgt. perlu dihindari ngebanding2in anak sendiri sama anak orang lain, bisa memicu tekanan atau hal negatif lainnya... kalau bisa diperhalus lagi dengan mengajarkan sebab akibat (cth: kalo kamu belajar, pasti nilainya bagus. kalo mau rajin, pasti cepet selesai. kalo kamu ga boros, pasti uang kami kekumpul banyak)
maka anak dengan sendirinya sadar harus bertanggung jawab sama apa yg dia kerjakan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di