alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Setuju Gak, Kalau Lampu Motor Tidak Harus Menyala di Siang Hari
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d25ab77c0cad7293800b149/setuju-gak-kalau-lampu-motor-tidak-harus-menyala-di-siang-hari

Setuju Gak, Kalau Lampu Motor Tidak Harus Menyala di Siang Hari

Setuju Gak, Kalau Lampu Motor Tidak Harus Menyala di Siang Hari

Selamat sore semua kaskuser, bro n sis yg ada di jabodetabek dan sekenanya. kali ini, ane mau bicara mengenai masalah penyalaan lampu pada motor. berkaitan dengan peraturan yg diterapkan pemerintah, untuk menyalakan lampu depan untuk setiap pengendara khusus pengguna motor alias kendaraan roda dua.

menurut sejauh mata memandang pemikiran ane dan beberapa kawan, bahwa peraturan macam ini hanya berat sebelah. kenapa cuma motor aja, kok mobil ngga. bahwa, yang kata pemerintah untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan menimalisirnya. itu kajian pemerintah waktu itu dengan mengadakan studi ke luar negri.

padahal nih ye, luar negeri itu khususnya eropa atau AS jarang pengguna memakai motor di jalanan terlebih malah mobil yg dipake. walau emang ada sih, tapi sedikit pengguna motor. dan, khusus di eropa, okelah di sana suhu dingin dan cuaca kadang berkabut, dan memang mesti menyalakan lampu kendaraan agar bisa terlihat bagi pengguna jalan lainnya.

tetapi, hal ini diterapkan di negara kita, yang mana kalau siang pake lampu khusus motor aja juga kaga ada pengaruhnya. toh, kita yg bawa motor juga ttp liat jalanan karna siang hari juga silau ama matahari yg menyinari sampai terik.
kenapa gak berlaku untuk mobil, klo motor lampunya dinyalain. padahal, mobil kalau terjadi kecelakaan lebih parah kenanya.
dan, untuk masalah kecelakaan mah ada aja. tergantung juga pada pengguna kendaraan atau juga penyebrang jalan.

masalah yg dimiliki, bahwa ini merupakan pemborosan. ya, dinamakan pemborosan karena terus menguras energi aki. bohlam pun gak awet lama, tiap beberapa bulan mesti ganti.

ya, pemerintah sendiri juga yg pernah bilang untuk hemat energi. tapi kok, malah ngga dijalanin. malah sebaliknya. kita kan orang kecil, masa mesti ganti bohlam terus.

nah, akibatnya selalu mati bohlam dan meleleh dah rumahnya bohlam itu. cek pada gambar.

bila perlu, pemerintah mengkaji ulang ya penyalaan lampu motor sepanjang waktu baik siang dan malam. selain pemborosan juga membuat rusak bohlam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh maula786
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Sebetulnya bukan buat agan2 bikers liat jalan tuh lampu nyala di siang hari, tapi lebih buat keselamatan bikers/pemotor nya sendiri krna pengguna jalan lain baik pemotor, pemobil, pejalan kaki, roda pkl, tkg parkir dll bisa liat ada motor yg lewat klo lampu nyala, krna tiap orang punya daya penglihatan beda2.
profile-picture
profile-picture
dhikapradana dan maula786 memberi reputasi
Ane setuju gan sama ente, ane juga ga pernah nyalain lampu motor siang hari karena udah terang banget. Ane mau cerita dikit nih pas ane diberhentiin pas lagi ada operasi zebra.

👮‍♂️: Polisi
🙍‍♂️: Ane
____________________

👮‍♂️: Surat-surat
🙍‍♂️: *Ane tenang karena surat lengkap dari SIM, STNK, dan pajak hidup*
👮‍♂️: Nih surat-suratnya *sambil liat-liat kondisi motor ane*
🙍‍♂️: Oke Pak, terima kasih.
👮‍♂️: Kamu ini ngga nyalain lampu *sambil ngambil surat tilang*
🙍‍♂️: *ngeliat itu, langsung ane jawab* Yah Pak, saya memang
melanggar aturan yang siang hari harus nyalain lampu motor, tapi Pak Pemerintah sudah mengajak kita untuk menghemat energi buat ngurangin global warming. Salah satunya Pemerintah ngajak kita buat mematikan listrik 1 jam, jadi saya ngga nyalain lampu karena memang untuk ngurangin global warming dan ikut ajakn Pemerintah untuk menghemat energi, saya salah Pak?
👮‍♂️: Tapi itu sudah aturan, kamu tau kan?
🙍‍♂️: Iya Pak bener itu sudah aturan, tapi saya juga ikut ajakan
Pemerintah untuk menghemat energi.
👮‍♂️: Yaudah kamu protes ke DPR sana *sambil nyuruh ane jalan*
🙍‍♂️: Oke Pak, saya emang mau ke DPR nih.

Itu si gan ceritanya, mungkin ane dilepas karena pekerjaan ane wartawan juga kali ya. di SIM dan punya kartu press hehehe.

Yuklah jaga bumi kita untuk kehidupan anak cucu kita nanti, salam satu aspal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpandita dan 3 lainnya memberi reputasi
kalo untuk ane sih lampu motor ini lumayan membantu.
bisa antisipasi lebih cepat gitu deh
Knp peraturan itu kurang pas menurut lu??
.
Karena lu cuma beepikir dr sisi sbg pengendara motor aja..
.
emoticon-Sundul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
naufan11001 dan 2 lainnya memberi reputasi
lampu motor nyala siang itu sebenernya agar "paling tidak lebih aman" drpd tidak menyala..

tapi tetap saja etika berkendara yang terpenting.
Lah? Sekarang mobil2 jg udah banyak yg nyala lampunya pas siang2 (fitur DRL : Daytime Running Light) emoticon-Bingung (S) jadi, bkn pengendara motor aja yg "dirugikan" emoticon-Stick Out Tongue
Bahkan gk sedikit pemilik mobil yg mobilnya gk ada fitur DRL proaktif menambahkan fitur tsb. di mobilnya. Meskipun ane jg ragu mereka lakuin itu bner2 utk faktor safety atau "estetika" modifikasi emoticon-Big Grin

Soal bohlam lampu yg meleleh atau segala macam skrg jg udah banyak yg jual lampu2 motor LED yg lebih awet daripada bohlam.

Lampu motor nyala di siang hari kan biar pengendara lain bisa notice kendaraan sekitarnya krn cahaya lampu bisa terlihat/terpantul di kaca spion. Jadi, pengendara bisa lebih "awas" dengan sekitar tanpa harus meng-klakson.
Diubah oleh omBotak
lampu nyala siang hari sangat membantu pengendara lawan arah utk lebih waspada.
sebernya emang bikin lampunya cepet minta ganti, apalagi motor ane gaada switch buat matiin. tapi nyalain lampu siang-siang emang ngebantu buat lebih waspada sih sama gerak cepet kalo tetiba ada kendaraan meleng atau apa
Kalo menurut ane lampu motor itu buat mengurangi blind spot di spion mobil gan.
Seenggaknya pantulan cahaya tetep keliatan di spion walaupun motornya gak keliatan jelas
Kalau menurut saya se setuju aja, jadi boleh dinyalakan dalam kondisi tertentu. Misalnya mengendarai di jalan raya yang ramai kondisi lalu lintasnya. Tapi kalo cuman lewat gang doank mah ... Ga HARUS KALI YAH....ntar senengan yang bikin Bohlam lampunya...Cz yang Ori sekarang Mahal Brooo....Yang Kawe tapi Asli buayak...kwkkwkw..
Salah satu faktor keselamatan di jalan raya adalah buatlah anda terlihat oleh pengendara lain, sehingga mereka bisa melakukan antisipasi. Walopun anda bisa melihat jalan dan kendaraan lain dg jelas, tp orang lain tdk bisa melihat anda, sama juga bohong, mereka bisa saja menabrak anda dari depan ato belakang.

Dalam rangka supaya terlihat itulah dan krn ukuran motor yg kecil maka diwajibkan menyalakan lampu siang hari. Utk alasan yg sama, bbrp mobil terbaru juga sudah dilengkapi dg DRL.

Lebih mahal? Mungkin iya. Tapi keselamatan di jalan jauh lbh mahal.
sebenarnya simple sih yh
klo mmng tdk mw pki lampu
jgn pki motor pki sepeda aja
kita balik lg aj k jaman2 50an
dmn saat itu sepeda msh rame2nya..

yuk kita gaungkan lg bersepeda sehat andmurah meriah lg..
Kalau dijalan yang banyak mobil2 besar seperti truk dan bus sebaiknya dinyalain gan, biar lebih kelihatan dispion mereka... Mahal/boros dikit gak apa2 yang penting selamat. Emang bukan buat agan secara langsung, tapi demi keselamatan agan. Buat jaga2 biar tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan.

Kalau dibandingan Eropa dan Amerika atau negara2 maju lainnya kualitas dan mental pengendara kita jauh. Sopan santun dijalan gak ada, tata tertib banyak yang dilanggar. Katakanlah UK, persimpangan mereka banyak yang cuma menggunakan roundabout gak perlu terlalu banyak lampu lalu lintas kayak sini. Lha kita mau buat persimpangan model ky gitu, macet iya gak ada yang mau ngalah. Contoh kecil aja sih, makannya disana kayak gak ada aturan ini itu aman2 aja, iya soalnya mental orang2 nya berbeda.

Crash dijalan, kalau di Indo ya langsung diangkat aja korbannya gak tau itu aman atau gak, soalnya kalau asal angkat bisa bikin cacat atau kematian juga. Tapi masalahnya disini juga respon aparat atau ambulance juga lama, kadang andaikan pun ambulance nya cepat ya jadi lama, ya kena macet akibat ulah pengendara kita yang gak mau mengalah. Kalau mobil vs motor lagi apes, kadang langsung dirusak gitu aja.

Maaf bang jadi cerita panjang lebar. Kalau cerita unek2 dijalan emang gak ada habisnya.. Yang penting saling menjaga dan menghormati sesama pengendara di jalan. Keep riding, keep driving, and keep safe. Salam 1 aspal, 1 Indonesia. Semoga masyarakat kita makin dewasa.

emoticon-I Love Indonesia
lampu motor nyala itu setau ane dibuat efeknya buat yg bawa mobil gan, dan ane pake mobil juga lebih nyaman kalo mapas ama motor siang lampunya nyala, radiasi matahari kan suka silau kalau kena bias di kaca mobil, kalo mapasnya ama mobil gapapa, kan mobil kelihatan gede, kalo motor kan kecil jadi ane kira ga ada salahnya, lo hidup ngikut aturan aja susah amat.

Quote:

Bener juga sih ya gan... Kalau mobil kan kaya pasti keliatan gitu karena besar, kalau motor kadang kadang ga keliatan tiba tiba lewat
yg terbaik saja
demi keselamatan gans..
ente kurang faham berarti..
banyak fungsi lampu kendaraan nyalah itu di siang hari , walaupun pioritasnya malam..

disamping alasan safety.
tp kayanya bisa jadi tambahan pendapatan untuk produsen lampu terutama yg jenis bohlam sama halogen.
tp kan motor/mobil jaman sekarang udah pake DRL jadi lebih awet kayanya. Malahan jadi trend.
ane pernah bikin saklar buat lampu depan , motor mio soul gt, tutorialnya jg nyontek di kaskus kok emoticon-Jempol

Sbenernya alasan safety sesama pengguna jalan , yg lbh perlu di tertibkan itu kendaraan yg pake lampu gak standard. Contoh yg pake lmpu depan warna putih, malah meningkatkan resiko kecelakaan akibat sinar lampunyaemoticon-Cape d...
lampu motor nyala siang hari its a must. penghuna kendaraan roda 4 harus bisa melihat kendaraan lain di sekelilingnya
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di