CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Melihat Sisa Peninggalan Citarum Purba di Sanghyang Kenit
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d24dfce09b5ca629d2fdb1f/melihat-sisa-peninggalan-citarum-purba-di-sanghyang-kenit

Melihat Sisa Peninggalan Citarum Purba di Sanghyang Kenit

Melihat Sisa Peninggalan Citarum Purba di Sanghyang Kenit


Di balik Sungai Citarum yang kian tercemar, ternyata tersembunyi aliran sungai Citarum Purba yang penuh dengan kekayaan sejarah dan ilmu pengetahuan. Terletak di Desa Rajamandalakulon Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat, Sanghyang Kenit menjadi sebuah destinasi wisata "baru" yang sekarang makin diminati oleh pengunjung.

Orang akan lebih mengenal nama Sanghyang Heuleut,Sanghyang Tikoro, Sanghyang Poek, atau Sanghyang Gobang yang lebih dahulu ter explore dibanding nama Sanghyang Kenit. Padahal secara lokasi Sanghyang Kenit ini berdekatan dengan Sanghyang-Sanghyang lainnya, terutama Sanghyang Tikoro. Karena terdapat satu goa yang ternyata menghubungkan antara Sanghyang Kenit ini dengan Sanghyang Tikoro.

Melihat Sisa Peninggalan Citarum Purba di Sanghyang Kenit


Goa sepanjang 300 meter ini terletak di sebelah kiri samping jalan masuk ketika menuruni Sanghyang Kenit. Menurut Kang Dodo salah satu pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sanghyang Kenit, goa ini bisa dimasuki oleh pengunjung dengan catatan harus didampingi oleh pemandu dan menggunakan lampu penerangan. Jadi untuk pengunjung yang penasaran ingin mengetahui suasana dan kondisi goa purba yang hanya bisa dimasuki ketika air sungai Citarum ini surut.

Destinasi Wisata Sanghyang Kenit ini memang sudah ada sejak dahulu kala serta sering dikunjungi beberapa mahasiswa pecinta alam ketika volume air dari bendungan Saguling yang dibuang ke sungai Citarum ini mengecil. Tetapi baru beberapa bulan inilah secara resmi dibuka dan dikelola oleh Pokdarwis Sanghyang Kenit. Untuk sekarang jumlah pengunjung jika hari Sabtu dan Minggu bisa mencapai ratusan orang.

Melihat Sisa Peninggalan Citarum Purba di Sanghyang Kenit


Di Sanghyang Kenit ini selain pengunjung bisa menikmati pemandangan alam sungai Citarum purba dengan bebatuan yang berusia jutaan tahun, Goa purbakala, juga bisa bermain di pinggir sungai Citarum menggunakan rompi dan ban dalam.

Kebetulan saya berkunjung ke Sanghyang Kenit ini beberapa waktu lalu ditemani rekan rekan dari komunitas GenPI Bandung Raya, serta BPD Rajamandalakulon yang ingin melihat langsung suasana dan kondisi di lapangan.

Melihat tingkat kunjungan yang semakin meningkat, pihak pemerintahan Desa Rajamandalakulon pun merasa senang dan sekaligus bangga akan pencapaian yang sudah terlihat. Karena fungsi dibentuknya Pokdarwis itu selain untuk mengelola destinasi wisata, tetapi juga untuk memberdayakan masyarakat sekitar hingga bisa meningkatkan ekonomi di sekitar Sanghyang Kenit.

Walaupun secara fasilitas dan akses menuju ke lokasi belum sepenuhnya bagus, tetapi tidak mengurangi minat pengunjung untuk melihat keagungan Tuhan yang terlihat di keindahan warna warni bebatuan berusia ratusan atau bahkan jutaan tahun yang bisa kita saksikan ketika air di sungai ini surut.

Melihat Sisa Peninggalan Citarum Purba di Sanghyang Kenit


Ada sebuah batu yang menjadi pusat perhatian saya ketika berkeliling di aliran sungai. Karena bentuk dan ukurannya yang berbeda dari batu yang ada disitu. Ketika saya tanya sebagian orang menyebutnya batu itu "Batu Naga" karena bentuknya menyerupai kepala naga di film film.

Untuk sampai ke Sanghyang Kenit bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan kendaraan umum atau membawa kendaraan pribadi langsung. Untuk kendaraan umum dari arah Bandung bisa menggunakan Bis AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) jurusan Bandung - Sukabumi, atau Bandung - Cianjur.

Atau bis AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) jurusan Garut - Jakarta (Via Puncak) juga Tasikmalaya - Jakarta (Via Puncak). Minta berhenti di Prapatan Saguling, karena tidak ada angkutan umum atau online untuk menuju ke Sanghyang Kenit hanya bisa menggunakan jasa ojek pangkalan. Tarif nya antara 10rb hingga 15rb tergantung nego kita. Untuk yang dari arah Jakarta, Bogor, Sukabumi, atau Cianjur bisa menggunakan bis AKAP juga dan berhenti di Prapatan Saguling.

Untuk yang membawa kendaraan pribadi sepeda motor atau mobil belok menuju arah bendungan Saguling, melewati pos penjagaan Indonesia Power hingga menemukan pertigaan menuju Power House belok ke kanan. Sesudah jembatan kecil lurus hingga perempatan ambil jalan ke kiri hingga 200 meter sebelah kanan ada pelataran yang ditumbuhi pohon karet yang masih baru.

Untuk sepeda motor bisa dibawa langsung menuju parkiran dibawah mengikuti jalur cor pembuangan air (bagi yang kurang berani disarankan untuk minta tolong ke yang lain karena akan seperti menaiki roller coaster di alam bebas hehehe). Dan untuk mobil disarankan parkir di pos penjagaan di perempatan sebelum jembatan.

Melihat Sisa Peninggalan Citarum Purba di Sanghyang Kenit


Semua lelah, capek, penat yang ada ketika kita diperjalanan akan hilang dengan sendirinya ketika kita berkunjung ke Sanghyang Kenit ini. Apalagi sambil menikmati sajian Nasi Liwet yang bisa kita pesan terlebih dahulu melalui pengurus Pokdarwis setempat, dijamin makin membuat kita betah berlama lama di aliran sungai penuh sejarah ini.

Disekitar Sanghyang Kenit ini juga terdapat beberapa tempat wisata yang bisa sekalian kita kunjungi seperti Sanghyang Heuleut, Sanghyang Tikoro, Pemandian Air Panas Rajamandala, Curug Jawa, Curug Bedil, atau hutan pinus di Wana Mandala Cengkrong. Jadi kapan mau mengunjungi tempat wisata Sanghyang Kenit ??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh diazhollic
Halaman 1 dari 4
emoticon-Matabelo
Ada batu naga, keren nih tempat emoticon-2 Jempol

emoticon-Bata (S) bata collector emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yufsuf dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh upasara.wulung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Thanks gan bata send emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yogamk3 dan 4 lainnya memberi reputasi
blm ada waktu bre
cm liwat doang
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
diazhollic dan joeandcox memberi reputasi
Njirr ga terlalu jauh dri bandung nih
Tapi ga da waktu nya duh emoticon-Hammer2
profile-picture
fikryadisss memberi reputasi
Quote:


wahh makasih udah mampir nih emoticon-Shakehand2
Quote:

lumayan paling 1,5 jam dari Bandung klo gak macet makanya mending pagi berangkat nya emoticon-Toast

bolehnjuga neeh tempat
profile-picture
diazhollic memberi reputasi
Quote:


Kemon om kapan2 main kesini emoticon-Shakehand2
exploring cave nya bisa sampe mentok ga tuh gan ?
tembus apa dead end ?
mayan juga 300m..
profile-picture
profile-picture
fauzan0706 dan kyoryo memberi reputasi
wah baru tau ane ada beginian dan lokasinya deket sama ane di Bandung

bisa jadi wish list nih touring sama temen temen hihihi thanks gan sudah promosiin wisata dalam negeri kita
profile-picture
diazhollic memberi reputasi
Quote:


sampe tembus Sanghyang Tikoro gan emoticon-Cool
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


makasih juga udah maupasti komeng dimari gan emoticon-Toast
Cakep banget tempatnya! Kira-kira kalo ditempuh naik motor medannya berat nggak ya gan kearah sana? Lebih fleksibel naik motor gitu soalnya kalo berangkat sambil mau mampir-mampirr
jangan sampe viral yee, nanti banyak yg datang nyampah terus dirusak2
wih ajib abis
Quote:


naini yg watirkan emoticon-EEK!
wahh belom pernah main ke alam di jawa barat euyyy, terimakasih agan informasinya cukup lengkapp...semogaa bisa kesana bareng keluarga mengingat tracknya juga bisa dilalui kendaraan pribadi yaa...untuk htm nya ada info ga gan??
nah kalau udah kayak gini, tinggal bagaimana merawat & menjaganya, lain itu. haru juga menjadi perhatian buat warga sekitar khususnya dan pemerintah daerah umumnya, jangan main getok soal harga makanan yg kadang terjadi lokasi-lokasi wisata. itu yg akhirnya membuat orang males atau kapok untuk datang lagi.
nyimak bre.
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
di wonogiri jg ada , bengawan solo purba. tp kurang ter explore
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
Diubah oleh johanneskrauser
Halaman 1 dari 4


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di