CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Mendidik Anak Tugas Siapa? Ibu Atau Ayah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1ef53cf0bdb2644d49e4eb/mendidik-anak-tugas-siapa-ibu-atau-ayah

Mendidik Anak Tugas Siapa? Ibu Atau Ayah?

Tugas Mendidik Anak

Hai ... hai ... jumpa lagi dengan emak baper dan ketceh. Kali ini kita berbagi pengalaman dan pendapat tentang kewajiban mendidik anak.
Mendidik Anak Tugas Siapa? Ibu Atau Ayah?

Anak adalah anugerah yang dititipkan Tuhan kepada kita. Ia terlahir suci dan bersih seperti kertas putih yang tak bernoda. Baik buruknya prilaku seorang anak tergantung didikan orang tuanya.

Tugas orang tua adalah menjadikan anak itu berakhlak baik. Kadang sebagai orang tua, kita lupa akan perkembangan akhlak anak kita dan hanya terfokus dengan kecerdasannya saja. Padahal akhlak adalah bekal utama dalam kehidupan nyata. Lalu, tugas siapakah mendidik anak, ibu atau ayah?
Mendidik Anak Tugas Siapa? Ibu Atau Ayah?

Pertanyaan yang seringkali terlintas kala semua prilaku buruk anak disalahkan hanya kepada seorang ibu. Apakah mendidik anak hanya tugas seorang ibu?

Sebagian ayah kadang berdalih bahwa tugasnya adalah mencari nafkah dan urusan rumah adalah tanggung jawab seorang istri atau ibu, termasuk soal mendidik anak.

Diperlukan kerjasama antara ayah dan ibu untuk mendidik anak. Keduanya berperan penting akan tumbuh kembang anak baik secara fisik maupun mental.

Berdasarkan pengalaman ane, jika seorang anak contoh sedang berprilaku buruk, terkadang perkataan atau nasehat ibu tidak diindahkan. Ia akan cenderung mendengar nasehat atau perkataan dari ayahnya.

Ibarat kata, seorang anak yang sudah terbiasa dinasehatin atau dimarahi ibu akan kebal dan tidak terlalu menghiraukan omelan si ibu. Berbeda dengan ayah yang mungkin jarang bertemu. Ketika si ayah membuka suara, kebanyakan si anak akan lebih memperhatikan.

Disitulah pentingnya kerjasama antara ibu dan ayah dalam mendidik anaknya. Jangan hanya menyerahkan tanggung jawab mendidik anak kepada ibu.

Berdasarkan riset dari beberapa anak yang hanya dibesarkan atau dididik seorang ibu. Anak itu cenderung menjadi kurang beretika dan kasar. Mungkin tidak semua, tergantung bagaimana cara si ibu mendidiknya.

Contoh, seorang ayah yang terlalu cuek dengan anaknya akan menjadikan jarak antara keduanya. Tidak ada kedekatan layaknya ayah dan anak. Dan itu akan diingat sang anak hingga dewasa. Maka, jangan heran jika saat mereka dewasa lebih menyayangi dan perhatian dengan ibunya.
Mendidik Anak Tugas Siapa? Ibu Atau Ayah?
Untuk para ayah di seluruh bumi ini, cobalah untuk lebih dekat dengan anakmu. Selelah apapun anda, coba untuk memberi sedikit perhatian terhadap anak-anakmu. Hanya sekedar menyapa, menanyakan pelajaran sekolah atau hafalan qur'annya sampai di mana. Itu sudah cukup memberi kesan dan kenangan untuk si anak.

Anak-anak rewel dan berisik itu sudah menjadi kodratnya. Itu tidak akan lama, ketika mereka beranjak remaja, dewasa dan harus pergi jauh dari kita. Kita akan merindukan saat-saat mereka kecil.

Jadi, manfaatkan setiap momen masa kecil anak-anak dengan mendidiknya bersama-sama. Tinggalkan kenangan indah di masa kecil yang penuh kehangatan dan perhatian. Mereka akan mengingatnya hingga dewasa dan akan bangga dengan kedua orang tuanya

Sekian dari ane, semoga bermanfaat. Silahkan berkomentar dengan sopan dan berbagi pengalaman cara mendidik anak.

Jangan lupa cendolnya. Terimakasihemoticon-Big Kissemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ymulyanig3
Halaman 1 dari 6
pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrianaryna dan 4 lainnya memberi reputasi
tugas ibu dan ayah lah. tapi tergantung gender juga. biasanya anak cewek cocok ke ibu. anak cowok ke ayah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Betul gan, tapi pada prakteknya kebanyakan suami membebankan itu kepada sang istri dengan dalih tugasnya mencari nafkah.
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
Quote:


Sudah pasti bersama2, meski ego swmi lbh besar, anak jatuh, sakit yg dimarahin pasti istri, klo kita liat sejarah, dalam Alqur'an harusnya si bapak, surat Lukmanemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Setuju sis, kalau terjadi apa-apa sama anak selalu istri yang disalahkan. Hmm bapak2 jaman now kurang pekaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan sriwijayapuisis memberi reputasi
tugas keduanya dong. kan keluarga dibangunnya sama2 😞
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya sis, bikinnya aja berdua, masa ngedidiknya sendiriemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan diandraps memberi reputasi


Quote:


Setuju sist! Walaupun kodratnya ibu adalah madrasah pertama dan utama bagi anak tapj yg namanya mendidik itu tetep butuh ayah & ibu. Bukan hanya ibu aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


benerrr peran dan cara ayah sama ibu dalam mendidik juga biasanya beda, jadi bisa saling melengkapi dan mengimbangi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
aku sebagai anak suka sama keduanyaa yuhu
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan ymulyanig3 memberi reputasi
ini nih, kalau kejadian apa" yang di salahin cuma istri padahal kan tugas bersama, biar bisa sma" tau prkembangan anak jadi gk saling menyalahkan, si ibu juga gk jadi baper karena selalu di slahkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 3 lainnya memberi reputasi
menurut ane sih tugas keduanya, ya walaupun anak jarang ketemu sama ayahnya karena ayahnya kerja, tapi peran ayah juga penting buat ngedidik anaknya, jadi gak ibunya terus yang ngurusin, biasanya kalo anak cewe deketnya ke ayahnya, anak cowo deketnya ke ibunya
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
Dua2nya dongemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ah masa sih?
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
ada baiknya sih tugas mendidik anak memang dari ayah dan ibu, bukan hanya dari salah satu. maka anak pun akan merasakan kasih sayang dan memang di didik dengan baik dan sepenuh hati dari masih kecil emoticon-Big Grin
tidak akan ada diskriminasi gender kok kalo mendidik anak bersama, tenang aja.. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
sebaiknya semua tugas di rumah memang dilakukan secara bersama2, karena suami istri itu adalah partner hidup artinya harus berkerja sama
profile-picture
bekticahyopurno memberi reputasi
Quote:


kalau menurut ane, secara garis kodrat ibu memang wajib menjadi penanggung jawab pengasuh anak yang nomor satu. Untuk urusan kerja ayah yang harus memegang kendali dan bisa bertanggung jawab atas anak dan istrinya

tapi di jaman NOW nggak bisa banget deh diterapkan macam itu, mungkin kesepatana dan keseimbangan keduanya saling mengasuh anak.

Ketika ayah dan ibu sama-sama mengasuh anak, maka anak akan nyaman kepada keduanya dan nggak perlu punya rasa takut

justru melatih anak untuk dapat bergabung dengan orang lain. Untuk pembentukan karakter anak memang harus diperhatikan sehingga bisa mencetak generasi yang oke
sebenernya sih pasti tugas dua duanyalah. yang bikin kan juga berdua, masa tanggung jawab salah satu aja apalagi dalam hal ngedidik. tp mungkin yg dibedakan peran antara ayah dan ibu nya kali. mungkin didikan ibu lebih ke arah perlindungan diri sendiri, kalo ayah biasanya kan lebih santai dan biasanya ngedidik tentang masa depan. tp semua tergantung dr msg2. intinya didikan anak perlu kerjasama yg baik antara kedua orang tua
Menurut ane harus seimbang juga nih... Bisa dengan pembagian tugas misal ayah yg mendidik masalah akademik, ibu mendidik masalah pergaulan. Dan yg penting anak ga merasa terkekang aja sih
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan blunar memberi reputasi
Tugas utama kedua orang tua nya, kemudian guru
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di