alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Program Senam Jum’at Pagi PT Gunung Gilead: Meningkatkan Produktivitas Perusahaan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1e4ddf4601cf18300388ee/program-senam-jumat-pagi-pt-gunung-gilead-meningkatkan-produktivitas-perusahaan

Program Senam Jum’at Pagi PT Gunung Gilead: Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Program Senam Jum’at Pagi PT Gunung Gilead: Meningkatkan Produktivitas PerusahaanProgram Senam Jum’at Pagi PT Gunung Gilead: Meningkatkan Produktivitas Perusahaan
Kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting bagi karyawan karena tanpa ditunjang kedua faktor itu mustahil visi dan misi kantor atau lingkungan kerja tercapai. PT Gunung Gilead sebagai sebuah perusahaan yang peduli dengan faktor-faktor tersebut menerapkan program senam pagi yang rutin diselenggarakan setiap Jum’at di halaman kantornya. Sampai sekarang, program itu masih aktif dilangsungkan dan terbukti ada banyak manfaat yang diperoleh masing-masing karyawan dan perusahaan secara keseluruhan.

Perusahaan yang menggerakkan lini utama produksi dan distribusi karton box untuk industri domestik dan internasional ini berkomitmen bahwa tanpa adanya Sumber Daya Manusia berkualitas tidak mungkin target-target operasional bisnis dapat terwujudkan. Faktor kesehatan dan kebugaran karyawan termasuk yang paling diprioritaskan demi mewujudkan iklim kondusif di lingkungan kerja.

Rutinitas senam pagi telah menjadi bagian penting dari jadwal aktivitas di berbagai jenjang institusi dan perusahaan, mulai dari sekolah, kantor pemerintah daerah dan pusat, perusahaan, dan bahkan sebagian kecil sektor-sektor informal berbasis keanggotaan.

Program Senam Pagi Hari Jum’at PT Gunung Gilead

Aktivitas senam pagi PT Gunung Gilead diselenggarakan tiap Jum’at dan diikuti semua anggota perusahaan. Dipimpin seorang instruktur dan diiringi alunan musik yang menyentak semangat, seluruh peserta mengikuti gerakannya dari awal hingga selesai. Senam juga adalah jenis olahraga ringan yang fleksibel, tidak ribet, dan mudah dilakukan siapa saja.

Program ini tidak mengusik jam kerja karena sudah siap sekitar 2 jam sebelumnya. Sebelum memasuki jam operasional, program ini sudah selesai begitu juga para karyawan yang anggota perusahaan lain yang kembali memulai aktivitasnya masing-masing.

Jum’at merupakan hari yang tepat untuk aktivitas ini sebagai momen menyambut akhir pekan dan hari terakhir dalam seminggu menjalani rutinitas perusahaan. Para peserta juga mengenakan seragam olahraga sebelum berangkat dan baru ganti ketika program selesai sekaligus kembali masuk pos pekerjaan masing-masing.

Dengan program senam pagi yang rutin dilakukan setiap Jum’at ini, ada banyak manfaat yang terus dirasakan seluruh elemen perusahaan ini. Manfaat-manfaat itu antara lain meningkatkan kesiapan dan kesiagaan karyawan, membangun dan meningkatkan energi karyawan, menghindarkan dari risiko osteoporosis, melatih disiplin, menciptakan mood positif, melatih kekuatan ingatan, menurunkan risiko stres dan kecemasan, menjalin kekompakan seluruh elemen perusahaan, dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Meningkatkan Kesigapan dan Kesiagaan

Senam pagi adalah olahraga yang sangat dianjurkan sebelum memulai rutinitas yang padat. Semua bentuk rutinitas apalagi di lingkungan kerja menuntut kesigapan dan kesiagaan. Gerakan-gerakan dalam senam akan melancarkan peredaran darah dalam tubuh, termasuk ke otak, yang meningkatkan konsentrasi, menajamkan kemampuan otak, sekaligus mencegah risiko penurunan fungsi kognitif. Gerakan seluruh anggota badan inilah yang melatih kesigapan dan kesiagaan setiap karyawan.

Membangun dan Meningkatkan Energi

Pandangan yang kurang tepat perihal aktivitas olahraga termasuk senam adalah berisiko menguras energi tubuh sehingga tidak akan maksimal melakukan aktivitas berikutnya. Justru aktivitas olahraga ringan seperti senam pagi mampu membangun dan meningkatkan energi tubuh. Kebiasaan senam sebelum bekerja juga mencegah tubuh kelelahan atau mengantuk. Semakin sering anggota tubuh bergerak, energi tubuh kian meningkat, dan hal ini jelas sangat bagus bagi para pekerja yang harus senantiasa dalam kondisi bugar dari pagi hingga sore.

Menghindarkan dari Risiko Osteoporosis

Osteoporosis merupakan risiko yang mengancam setiap karyawan khususnya yang biasa menjalani aktivitasnya di balik meja. Risiko ini disebabkan kebiasaan duduk berjam-jam dalam posisi yang tidak proporsional, mengakibatkan gangguan bentuk tulang. Melatih tubuh dengan gerakan-gerakan senam sederhana bermanfaat bagi kesehatan tulang dengan menyeimbangkan sel-sel Osteoclast dan Osteoblast. Risiko Osteoporosis ini dapat dihindari lewat gerakan-gerakan senam yang sekaligus menyempurnakan pembentukan tulang.

Melatih Disiplin

Manfaat senam juga dirasakan perusahaan dengan peningkatan disiplin setiap karyawan. Gerakan-gerakan dalam senam yang teratur, pola pengulangan dan hitungannya, perlahan membangun konsep disiplin dalam tubuh dan aplikasinya di lingkungan. Perlahan, ekosistem lingkungan kerja semakin kondusif karena tiap karyawan sudah terlatih bagaimana menyesuaikan diri antara gerakan tubuh dan pikiran.

Menciptakan Mood Positif

Senam pagi merangsang otak untuk memproduksi hormon Endorphin yang punya banyak manfaat seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan fokus, dan menciptakan mood positif. Itulah kenapa setiap kali selepas berolahraga, apa pun jenisnya, kita selalu merasa segar, lepas, dan bahagia.

Melatih Kekuatan Ingatan

Hormon Endorphin yang diproduksi otak selama melakukan olahraga senam juga sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan ingatan. Di saat bersamaan, kesehatan mental semakin terbentuk dari produksi hormon tersebut, menciptakan keseimbangan antara pikiran positif dan kebugaran tubuh. Dampak kerugian besar perusahaan mengancam jika karyawan terus terbebani dengan seluruh rangkaian jadwal operasional tanpa diimbangi oleh metode untuk menyeimbangkan kesehatan mental dan pikiran.

Menurunkan Stres dan Kecemasan

Manfaat yang sangat penting karena dibutuhkan setiap orang dalam perusahaan. Rutinitas senam pagi akan membuat karyawan semakin rileks dan tidak dibebani rasa kecemasan akibat tanggung jawab dan risiko menjalani pekerjaan. Banyak berita dan laporan penelitian memaparkan risiko stres yang mengancam perusahaan dan semakin meningkat belakangan tahun ini. Perusahaan harus mampu menanggulangi risiko tersebut melalui sejumlah program yang relevan untuk menciptakan atmosfir lingkungan yang tidak kaku.

Menjalin Kekompakan Seluruh Elemen Perusahaan

PT Gunung Gilead sangat menyadari pentingnya koordinasi yang kuat di antara semua elemen perusahaan. Jalinan pergaulan dan persaudaraan hanya dimungkinkan tercipta jika ada satu momen rutin yang menyatukan semua elemen tersebut. Aktivitas senam pagi dinikmati sembari saling mengenal satu sama lain, memberikan rasa nyaman di antara karyawan dan menghapus kecemasan yang tersekat oleh jenjang struktural perusahaan.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Senam pagi, meski nampak sederhana, terbukti membantu meningkatkan produktivitas karyawan. Dari seluruh manfaat yang telah dipaparkan sebelumnya, semuanya berujung pada produktivitas karyawan yang maksimal. PT Gunung Gilead juga terus mengembangkan inovasi dan solusi mencegah segala jenis risiko stres dan gangguan kesehatan yang berdampak pada hasil operasional, salah satunya dengan program senam Jum’at pagi ini.

Kualitas Individu, Tim Kerja, dan Kesuksesan Bisnis

Dukungan sepenuhnya untuk pembentukan kualitas individu melalui program senam diwujudkan perusahaan Gunung Gilead. Kesehatan dan kesejahteraan karyawan terjamin dari adanya program khusus sepekan sekali ini. Titik tolaknya adalah meningkatkan kualitas individu yang memungkinkan koordinasi dan kerjasama sebagai sebuah tim, dengan tujuan akhir kesuksesan bisnis perusahaan.

Fakta yang harus diakui selama ini adalah kurangnya aktivitas olahraga rata-rata karyawan perusahaan. Meski sudah disediakan dua hari libur dalam sepekan, kebanyakan karyawan menggunakan waktunya untuk beristirahat atau berpelesir. Sementara itu, kontribusi karyawan pada perusahaan justru sangat dipengaruhi faktor kesehatan tubuh dan pikiran. Program senam tiap Jum’at pagi inilah yang menjadi solusi dan inovasi PT Gunung Gilead dan ke depannya semakin dikembangkan melalui ide-ide baru demi mewujudkan atmosfir lingkungan kerja yang signifikan.
Diubah oleh rizkiyudhistira
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di