CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Peran Orang Tua Sangat Penting untuk Mengenali Gejala Awal Kanker
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1d94dca72768763a7a3334/peran-orang-tua-sangat-penting-untuk-mengenali-gejala-awal-kanker

Peran Orang Tua Sangat Penting untuk Mengenali Gejala Awal Kanker

Sampai saat ini kanker masih menjadi salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia. Di kawasan Asia Tenggara saja kanker telah membunuh lebih dari 1,2 juta orang setiap tahun. Bahkan di Indonesia, penderita kanker bertambah setiap satu jam.

Kanker ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol yang membelah diri di luar kendali. Sel-sel abnormal tersebut kemudian menyerang jaringan lain dan atau membentuk benjolan. Sebuah tumor tumbuh menjadi benjolan sel kanker yang dapat menghancurkan sel-sel normal di sekitar tumor tersebut dan merusak jaringan sehat yang lain didalam tubuh. Kadang-kadang sel-sel kanker melepaskan diri dari tumor yang pertama terbentuk dan menyebar ke area lain dari tubuh, di mana mereka terus bertumbuh dan dapat melanjutkan untuk membentuk tumor baru.

Peran Orang Tua Sangat Penting untuk Mengenali Gejala Awal Kanker

Kanker bisa menimpa siapa saja, orang dewasa, anak-anak, bahkan janin yang masih di dalam kandungan. Namun karena gejala kanker stadium awal tidak menimbulkan gejala, maka tidak mudah untuk mengenali tanda timbulnya kanker. Hingga kini masih sulit melakukan deteksi awal kanker pada anak. Kebanyakan baru bisa dideteksi setelah terjadi benjolan atau tumor. 

Quote:


Kanker pada anak yang sering dijumpai adalah leukemia atau kanker darah. Berbeda dengan tumor yang disebut kanker padat, kanker darah masuk ke dalam jenis kanker cair karena tidak ditandai dengan adanya benjolan. Leukimia pada anak memiliki ciri antara lain pendarahan kulit, gusi, atau mimisan, kejang, nyeri tulang, dan pembengkakan gusi.

Peran Orang Tua Sangat Penting untuk Mengenali Gejala Awal Kanker

Langkah awal yang harus dilakukan orang tua saat melihat adanya tanda tanda seperti di atas pada anak adalah segera memeriksakan kondisi kesehatan anak ke dokter. Bukan tidak mungkin anak yang terdiagnosa kanker dapat disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Sebuah laporan yang dirilis oleh The American Cancer Society mengatakan bahwa penemuan kasus kanker pada anak meningkat sementara angka kematian anak akibat kanker menurun. Hal tersebut membuktikan, meskipun kasus kanker terus bertambah namun potensi untuk sembuh sangat besar. Pada dasarnya pengobatan kanker pada anak sama saja dengan pengobatan kanker pada orang dewasa yaitu dengan kombinasi antara operasi, kemoterapi, radiasi, dan transplantasi sumsum tulang. Hingga kini belum diketahui dengan pasti apa penyebab kanker pada anak. Satu satunya cara yang dapat dilakukan anak untuk mencegah terjadinya kanker pada anak adalah dengan mengajarkan anak pola hidup sehat.

Kanker stadium awal pada dasarnya masih dapat disembuhkan, oleh karena itu peran orang tua sangat penting untuk mengenali gejala awalnya. Jadi, jangan lengah dan jangan sungkan untuk segera memeriksakan anak ke dokter jika ada tanda yang mencurigakan

Peran Orang Tua Sangat Penting untuk Mengenali Gejala Awal Kanker


Spoiler for Referensi:




profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 4 lainnya memberi reputasi
Jangan seperti denada ya gan, telat semuanya
Semoga anaknya bisa sembuhemoticon-Belgia
artikel yang bagus gan, pengenalan sejak dini gejala kanker dapat mengurangi resiko yang lebih membahayakan pagi penderita. penderita juga bisa segera ditangani oleh dokter spesialis
memang kanker tuh bertahap nongolnye, ngga langsung gede atau gimana kadang kagak kerasa/kentara. Selain kesigapan diatas baiknya kita juga membiasakan pola hidup sehat semenjak dini, karena ngga jarang juga bahan2 yg kita konsumsi berpotensi meningkatkan risiko kanker🤔
profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
thanks gan sharingnya, kita harus waspada sejak dini ya bahkan kanker pun diderita oleh anak kecil, kanker tak mengenal usia ternyata emoticon-Frown
Quote:


nice info gan,
kanker emang penyakit jahat yang datang tiba-tiba tanpa bisa dikihat perubahan secara aslinya
namun, skrg kanker bisa dideteksi dengan melihat tanda-tandanya tersebut.
mencegah lebh baik daripada mengobati..

yuk mari cek terserah dimanaa aja, biar kita bisa antisipasi dengan tindak kejahatan di sekitar
Yang penting jaga pola makan sist jangan sampe anak gede dan berkembang dengan kebanyaksm mecin bahaya juga
Mecin kan efeknjangka panjangnya kanker tu


Quote:


Mantap gan deteksi dini emang penting. Makasih informatif banget komennyaaaa!

denada

Denada kena kanker juga kah gan?kasian banget huhuhu

Quote:


Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sangat bermanfaat
info gejala kanker pada anak kaya gini harus mulai diikutkan ke program sosialisasi kesehatan kali ya, posyandu dan sebagainya. bareng sama info polio, tetanus, dll yg sudah jadi info wajib posyandu. atau dibuat sesi sendiri. jadi para orang tua bisa deteksi dini dan ambil penanganan cepat tepat.
kasihan dedek-dedek yang masih kecil udah harus berhadapan sama segala macem pengobatan kanker..... emoticon-Frown asi ekslusif, rajin posyandu, makan 4 sehat 5 sempurna mungkin upaya pencegahan yang basic tapi penting... semoga kita semua beserta keluarga sehat-sehat selalu!
Diubah oleh japarina
Quote:


oh gitu?
ane gatau gan.. makanya nanya tuhemoticon-Bingung
soalnya aneh ga ngikutin brita2 entertainment nih gan... moga anaknya cpt sembuh
untuk kali ini dan bbrp kali saya sependapat dengan artikel tersebut
jadi pengen ngecek anak anak gue, nice thread ts! thankyou.
Naise gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gangster.desa dan 4 lainnya memberi reputasi
silent killer ini emg tricky bangettt buat diketahuin, penting buat ortu2 thuu tau2 beginian
Nah kalau masih anak2 emang kadang ga paham, jadi ya jg ortu gaboleh bilang ah cm sakit gt gabolej


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di