CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Antibodi Monoklonal , Senjata Modern Dalam Mengobati Kanker
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d16f0406cc6486479612d0a/antibodi-monoklonal--senjata-modern-dalam-mengobati-kanker

Antibodi Monoklonal , Senjata Modern Dalam Mengobati Kanker

emoticon-Ultah Halo Gansis emoticon-Ultah



Antibodi Monoklonal , Senjata Modern Dalam Mengobati Kanker


Hingga saat ini belum ada obat kanker yang benar-benar bisa mengobati kanker, meskipun begitu para ilmuwan tidak pernah menyerah untuk menciptakan senjata-senjata ampuh untuk membasmi penyakit mematikan ini.

Salah satu temuan para ilmuwan untuk melawan kanker adalah antibodi monoklonal yang menggabungkan sel B limfosit dengan sel kanker, dengan kata lain memanfaatkan kekuatan musuh untuk melawan musuh itu sendiri.



Antibodi Monoklonal , Senjata Modern Dalam Mengobati Kanker


Apa itu Antibodi Monoklonal?


Antibodi Monoklonal , Senjata Modern Dalam Mengobati Kanker


Sebenarnya antibodi monoklonal bisa diproduksi oleh sistem imun kita sendiri untuk melawan berbagai macam virus, bakteri, dan sel kanker. Dengan cara menempel pada target dan memberi sinyal ke sistem imun untuk menghancukan target.


Pada kasus kanker, sel darah putih yang disebut CTL atau sel T dapat mendeteksi sel-sel kanker dan menghancurkannya, namun jika sel imun terlalu bersemangat bukan hanya sel-sel kanker yang dihancurkan tapi juga sel-sel sehat ikut dihancurkan, untungnya sel T dapat di non aktif kan dengan mengaktifkan molekul PD-1.

Sebentar, bukan berarti itu berita baik ya, pada kebanyakan kasus kanker, sel kanker dapat me non aktifkan sel T dengan menggukan counter reseptor PDL-1, sehingga sel kanker tidak terdeteksi oleh sel imun. Inilah mengapa kanker sangat susah sekali disembuhkan.

Peran antibodi monoklonal pada kasus kanker adalah mencegah sel T menjadi non aktif dengan cara mengikat molekul PD-1 atau mencegah sel kanker menggunakan PDL-1.





Antibodi Monoklonal , Senjata Modern Dalam Mengobati Kanker




Antibodi Monoklonal , Senjata Modern Dalam Mengobati Kanker


Harapan Baru


Antibodi Monoklonal , Senjata Modern Dalam Mengobati Kanker


Nah sekarang berita baiknya, pada tahun 1975 George Kohler dan Cesar Milsten berhasil memproduksi banyak sekali antibodi monoklonal dengan teknik hibridoma yaitu fusi antara sel myeloma (kanker sel plasma) dan sel B (sel yang dapat memproduksi antibodi). Dengan banyaknya antibodi monoklonal maka sel-sel kanker dapat dihancurkan dengan cepat sebelum mereka membelah lagi.

Meskipun sudah lama ditemukan penggunaan antibodi monoklonal baru diberi izin  22 tahun setelahnya tepatnya pada tahun 1997 untuk seorang pasien yang memiliki limfoma yang tidak bisa disembukan oleh pengobatan lain. 



Antibodi Monoklonal , Senjata Modern Dalam Mengobati Kanker

Ada tiga macam antibodi monoklonal yaitu naked monoclonal antibodies, conjugated monoclonal antibodies, dan bispecific monoclonal antibodies ketiganya memiliki cara kerja dan efek samping yang bebeda-beda kalian bisa baca lebih lanjut di www.cancer.org disini

Penggunaan antibodi monoklonal telah terbukti ampuh menyembuhkan beberapa jenis kanker diantaranya kanker kandung kemih, kanker kulit, dan limfoma.

Walaupun telah diberi izin dan terbukti ampuh menyembukan kanker, antibodi monoklonal masih harus dikembangkan lebih lanjut lagi seperti halnya penggunaan virus sebagai pengganti antibiotik



bisa baca di thread ts yang ini


Antibodi Monoklonal , Senjata Modern Dalam Mengobati Kanker


Bacteriophage, virus yang dapat menyelamatkan umat manusia



Antibodi Monoklonal , Senjata Modern Dalam Mengobati Kanker
Mungkin dengan adanya penemuan ini umat manusia dapat membalikan keadaan melawan kanker


Maaf jika ada salah, kalian bisa membantu ts ngebenerin tulisan ini  di kolom komentar 


MAKASIH UDAH SEMPETIN BACA


TS PAMIT


emoticon-Ngacir2

DO SVIDANIYA

sumber dan referensi
Spoiler for spoiler:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
doaku.untukmu dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
TS GANTENG
profile-picture
profile-picture
trioadi dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Iya wkwk iseng aja
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh terlalurizky
emoticon-thumbsup
bisa membantu penderira kanker

Quote:


Quote:


masak sih TS ganteng? emoticon-Matabelo


Quote:
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Quote:



Wa iya dong, masih aja dipertanyakan emoticon-Cool
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
mantappu
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan terlalurizky memberi reputasi
Quote:


Maaf anda siapa?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Keren gan thread nya sangat membantu saya dalam menimba ilmu disekolah, saya jadi ranking 1 di kelas,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
falin182 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wkwk danta
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Bisa jadi pengganti kemoterapi dong gan
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Quote:


Ga mengganti juga gan, imunoterapi ini ada juga yg harus dipake barengan sama kemo
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
kalo bener bisa menghancurkan pasti bakalan bermanfaat
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
ada notif HT masuk nih 😎
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh abut
ati2 jgn sampe kayak umbrella corp loh ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nandaps dan 2 lainnya memberi reputasi
thanks infonya gan emoticon-Wow
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
semoga bisa dikembangkan lebih lanjut buat lawan kanker.
profile-picture
profile-picture
nandaps dan gabener.edan memberi reputasi
Info bagus gan
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Pelajaran SMA, rekayasa genetika emoticon-Hammer2
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
treat mantap nih edukasi untuk kanker lanjutkan bro emoticon-Cendol Gan
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Antibodinya baru ampuh buat kanker kandung kemih, kulit, sama limfoma ya ? kalo buat kanker darah dll masih kurang efektif kah ? Btw ini antibodi udh msk indo ?

Ini lebih ampuh dari kemoterapi sama transplasi sel ?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
moga2 sembuh semua lah
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di