Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

darkcloudangelAvatar border
TS
darkcloudangel
Tiket pesawat
HI BRO & SIS TAU NGGA CARANYA MENJADIKAN TIKET PESAWAT ITU MURAH

Kondisi penerbangan nasional domestik sebenarnya sudah ideal. Pemerintah mampu melindungi semua pihak baik kepentingan publik penguna jasa penerbangan maupun dunia usaha penerbangan nasional. Dengan ketentuan TBB dan TBA yang ada, pemerintah bisa melindungi publik dengan menekan harga tiket yang paling tidak sediiit memenuhi kebutuhan penyedia jasa dan pengguna jasa. Keluhan tentang harga tiket yang tinggi adalah situasi psikologis beberapa kalangan saja bukan riel ekonomi.

Coba bayangkan acuan penetapan tarif dasar penerbangan adalah Rp.1.750 per seat/km bandingkan dengan ojol yang Rp 2.300 per penumpang/km sementara biaya oeprasionalnya sangat jauh berbeda. Penggunaan sarana dan pengawakannya jauh berbeda.
Jadi seharusnya masyarakat berterima kasih kepada pemerintah yang jelas jelas bela masyarakat.

Kalau dilihat dari opini yang beredar baik di media mainstream maupun medsos, Kemenhub dibully baik dari pengguna maupun pendukung maskapai. Ini menunjukkan bahwa Kemenhub berupaya berdiri ditengah tidak berpihak berat sebelah.

Disisi pembinaan dunia usaha penerbangan. Walaupun PP 44 tahun 2016 memungkian maskapai asing dapat berbisnis di Indonesia dengan membuat perusahaan (perseroan) dan memiliki saham sampai 49% tapi pemerintah mampu memberi kondisi yang kondusif bagi penerbangan nasional untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Tuduhan sebagian orang bahwa di penerbangan domestik terjadi duopoli, harus dilihat bahwa dua kelompok usaha penerbangan itu adalah perusahaan penerbangan milik nasional yang mampu dan berhasil melewati kerasnya kompetisi di pasar bebas penerbangan Indonesia. Maskapai asing yang ikut berkompetisi di penerbangan domestik Indonesia sampai saat ini tertatih tatih. indonesia AirAsia hanya punya 1 persen market share saja diangkutan penumpang domestik sementara Mandala Tiger sudah awarahum (bahasa milenial Almarhum)

Jadi ada apa dibalik gonjang ganjing tiket mahal ini? Apakah ingin menghancurkan penerbangan nasional Indonesia karena tidak bisa berkompetisi di riil ring tinju penerbangan? ingin ubah aturan sehingga maskapai asing masuk lebih bebas ? Atau hanya ingin mencapai target kelompoknya sendiri?

Silahkan tanyakan pada rumput yang berjoged

Dari seseorang yang bukan pengamat atau pemerhati, hanya ingin curcol aja.
Diubah oleh darkcloudangel 01-06-2019 14:37
0
197
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan