- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Berikut Analisis Tekanan dan Temperatur Kondensor AC Mobil


TS
randyntenk
Berikut Analisis Tekanan dan Temperatur Kondensor AC Mobil

Analisis Perubahan Tekanan dan Temperatur Kondensor
Gas refrigerant AC bertekanan dan bertemperatur tinggi dipompa meninggalkan kompresor AC menuju kondensor. Pemampetan gas akan menyebabkan naiknya temperatur dan masuk ke kondensor AC mobil di mana gas didinginkan menjadi bentuk cair. Refrigerasi adalah suatu system pengeluaran kalor dari suatu ruangan dan kemudian mempertahankan keadaannya sedemikian rupa sehingga temperaturnya lebih rendah dari lingkungannya.
Suhu atau temperatur pada waktu proses kondensasi ini terjadi masih lebih tinggi dari temperatur udara di sekitarnya. Oleh karena itu refigerant yang mengalir keluar dari kondensor menuju expansi valve melalui filter drier masih akan mengalami proses perpindahan akhir kalor yang akan menurunkan suhu refigerant lebih rendah lagi dari suhu cair jenuhnya atau saturated liquid.
Proses penurunan suhu setelah melalui titik saturated liquid ini disebut proses subcooling dan wujud refigerant disebut subcooled liquid. Penelitian yang akan dilaksanakan bersifat kajian teoritis dan eksperimental. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penurunan tekanan masuk kondensor ke tekanan keluar kondensor terjadi tapi tidak signifikan hanya sekitar 5 Psi.
Sedangakan penurunan temperatur masuk keluar kondensor terjadi penurunan yang sangat signifikan, yaitu sekitar 40 derajat celcius. Dengan demikian, bahwa proses kondensasi di dalam kondensor tidak mempengaruhi tekanan atau relatif tetap dan menurunkan temperatur tinggi ke rendah.
Jangan Selalu Salahkan Freon
Masalah bisa saja menimpa AC mobil. Untuk itu kondisi AC mobil harus selalu dirawat. Jika tidak dingin, bisa mengetahui kira-kira komponen apa yang bermasalah. Agar tidak gaptek atau gagap teknologi soal AC, simak nih penjelasan di bawah ini.
1. kondensor
Kondensor pada sistem AC mobil berfungsi untuk mengkondensasikan media pendingin di dalam sistem. Nah, di sini tepatnya freon. Freon diubah menjadi bentuk cair di dalam kondensor ini. Kondensor adalah sebuah alat yang memiliki fungsi sebagai penukar kalor atau panas, mengubah bentuk refrigerant dari bentuk gas hingga menjadi cair dan menurunkan suhu temperature refrigerant.
2. Kompresor
Kompresor AC mobil berfungsi untuk mengalirkan refrigerant freon media pendingin di dalam sistem AC mobil. Kompresor AC mobil umumnya digerakan oleh mesin mobil itu sendiri.
3. Evaporator
Evaporator berfungsi menyerap panas yang dibawa oleh udara sehingga setelah melewati evaporator menjadi dingin. Jumlah panas dari udara yang diserap oleh evaporator jumlahnya akan sama dengan jumlah panas yang dibuang ke udara pada kondensor AC.
Jika tidak sama gangguan pada sistem AC ini dapat menyebabkan sistem AC menjadi tidak dingin.
4. Filter Dryer
Filter dryer pada sistem AC berfungsi untuk menyaring kotoran yang brsirkulasi bersama freon di dalam sistem. Filter atau dryer juga menyerap uap air yang ikut beredar di dalam sistem. Kotoran yang ikut beredar di dalam sistem dapat menyumbat saluran-saluran yang ada, sehingga dapat menggangu kerjanya sistem AC. Sedangkan uap air jika tidak tersaring bisa menyebabkan beku.
5. Katup Expansi
Katup expansi pada sistem AC berfungsi untuk menurunkan tekanan media pendingin. Refrigerant atau freon yang berbentuk cair bertekanan tinggi diubah menjadi tekanan rendah dalam bentuk kabut.
Pengertian dan Cara Kerja AC
Sistem AC merupakan sebuah perangkat tambahan yang berguna untuk mengkondisikan temperatur udara, mesirkulasikan udara, melembabkan udara dan memurnikan udara. Sistem AC sebagai pendingin mempunyai beberapa komponen, yaitu kompresor AC, kondensor, receiver dryer, ekspansi valve dan evaporator.
AC mempunyai beberapa komponen yang setiap komponen terdapat beberapa bagian dan mempunyai fungsinya masing-masing. AC terdiri dari empat bagian kompoenen utama, pendukung, kelistrikan dan pendingin. Pada bagian ini, normalnya menggunakan udara untuk sebagai media pendinginnya.
Jumlah kalor yang ada pada refrigerant dilepaskan ke udara dengan bantuan kipas motor fan pada AC. Agar pelepasan kalor lebih cepat, pipa pada kondensor didesain berliku liku dan dilengkapi dengan sirip. Oleh sebab itu pembersihan sirip pipa pada bagian kondensor sangatlah amat penting supaya perpindahan kalor dari refrigerant tidak terganggu.
Apabila sirip pada kondensor dibiarkan dalam keadaan kotor, bisa menyebabkan turunnya performa kinerja kondensor yang dapat membuat AC menjadi kurang dingin. Kondensor AC mobil sendiri sering mengalami masalah karena faktor usia, penggunaan yang salah, atau pun gangguan lainnya.
Masalah-Masalah yang Sering Dialami Kondensor AC Mobil
Apa saja masalah yang sering terjadi pada kondensor AC mobil? Pada dasarnya masalah yang sering dialami hanya berpusat pada hal-hal berikut:
1. Umur spare part, yaitu spare part AC yang sudah lama dan aus harus diganti dengan yang baru.
2. Freon habis yaitu kondisi di mana freon habis sehingga AC tidak dingin. Biasanya karena kebocoran.
3. Kebuntuan yaitu kondisi di mana aliran freon terhambat sehingga tidak bisa mengalir dengan normal.
4. Kebocoran yaitu kondisi di mana aliran freon bocor sehingga habis.
Hal-hal di atas menyebabkan pasokan freon ke sistem pendingin berkurang, sehingga menjadi penyebab AC mobil tidak dingin dan cara mengatasinya adalah dengan penggantian silica gel oleh teknisi jika karena mampet pada dryer. Untuk kebocoran dapat diatasi dengan pengelasan komponen yang berlubang atau bocor. Dan jika sudah parah maka harus melakukan penggantian komponen.
Harga Kondensor
Harga kondensor sangat bervariasi. Memang sedikit merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli sebuah kondensor. Harga kondensor di beberapa toko online, paling murahnya sekitar harga Rp 800.000-an, tetapi untuk harga yang paling mahal sekitar Rp 4.000.000-an.
Fungsi Kondensor
Komponen ini memiliki fungsi adalah untuk membuang udara panas dari freon yang digunakan berasal dari kompresor AC. Jadi freon yang awalnya berbentuk gas berubah menjadi cair setelah dibantu cooling fan atau kipas pendingin. Dengan begini, tanpa adanya kondensor, maka bentuk freon yang awalnya gas tidak akan berubah menjadi cair.
Cara Kerja Kondensor
1. Kondensor dapat dikenal dengan heat exchanger yang bisa memindahkan panas ke udara.
2. Komponen ini merupakan bagian yang lumayan panas dari AC mobil. Letak kondensor umumnya diletakan di bagian depan radiator mobil.
3. Freon yang sudah dipompa oleh kompresor AC mobil akan masuk ke dalam kondensor dalam wujud gas bertekanan tinggi dan bersuhu sangat panas.
4. Hembusan angin dari pendingin atau fan yang menempel pada kondensor akan membuang panas yang dihasilkan serta menurunkan tekanan freon dan terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair.
Selanjutnya, tabung receiver drier di dalam berfungsi untuk memastikan bahwa freon yang keluar dari kondensor adalah freon cair sebelum dikabutkan oleh expansi valve. Jika kondensor ada gejala mampet pada saluran pipanya. Maka proses untuk pembuang panas tidak akan sempurna, maka akan menyebabkan tekanan pada freon menjadi naik atau over heat dan itu akan menjadi salah satu penyebab AC mobil panas hanya keluar angina.
Merawat Kondensor
Melakukan pemeriksaan rutin setiap enam bulanan dan mencuci kondensor bisa membuat umur kondensor lebih awet dan fungsinya tetap prima. Hindari mengemudi yang ceroboh untuk menghindari benturan pada kondensor atau kerikil yang mental menimpa kondensor.
Kunjungi bengkel rekomendasi Rotary Bintaro untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan AC rutin.
Cabang 1 :
Rotary Bintaro Veteran
Jl.RC Veteran No.1a, bintaro raya.
tanah kusir, Jak-Sel. 12330
Cabang 2 :
Rotary Bintaro Ciledug
Jl.Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan utara, kebayoran lama. Jak Sel
12260.
Cabang 3 :
Rotary Bintaro Kedoya
Jl.Kedoya Raya no.20, Kedoya selatan, kb.Jeruk. Jakarta Barat
(samping pom bensin pertamina)
Cabang 4 :
Rotary Bintaro Serpong
Ruko Bavaria Extension
Jl.Fatmawati no 79,
Dekat Pintu Masuk Cluster Bohemia, Gading Serpong, Tangerang
Cabang 5 :
Rotary Bintaro Bekasi
AXC Summarecon Bekasi Blok VB/18
(Tepat depan Summarecon Mall Bekasi)
Cabang 6 :
Rotary Bintaro Rawamangun
Jl. Balap Sepeda No.46A, RT.6/RW.6, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Cabang 7 :
Rotary Bintaro Puri
Jl. Kembang Kerep No.6
RT.2/RW.2, Meruya Utara Kembangan
Jakarta Barat - 11620
(Belakang Lippo Mall Puri)
Diubah oleh randyntenk 29-05-2019 13:12
0
4.2K
1


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan