alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Benarkah Penganut Gaya Hidup Minimalis Adalah Orang Yang Pelit?
4.83 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ceda9517e3a7218907f4fc5/benarkah-penganut-gaya-hidup-minimalis-adalah-orang-yang-pelit

Benarkah Penganut Gaya Hidup Minimalis Adalah Orang Yang Pelit?

Benarkah Penganut Gaya Hidup Minimalis Adalah Orang Yang Pelit?Pelit atau perhitungan?

Beberapa orang mendefinisikan gaya hidup minimalis sebagai lifestyle yang pelit. Anggapan ini muncul karena melihat seorang minimalist yang biasanya berpenampilan sederhana, tidak neko - neko, jauh dari kesan mewah meskipun isi di dalam dompetnya cukup wah. Hal tersebut menggelitik pemikiran orang lain yang gaya hidupnya NON minimalis dengan menyamaratakan penganut lifestyle minimalis dengan kikir.
"Dia duit banyak tapi cuma disimpen doang di bank, mau buat apa coba? Toh duit nggak dibawa mati, sayang kalau selagi hidup tidak dinikmati.


Perhitungan seorang minimalist dalam membelanjakan uangnya atas dasar prioritas kebutuhan dan bukan keinginan lah yang disorot masyarakat sebagai kebiasaan yang pelit dan terlalu keras kepada diri mereka sendiri. Walaupun nilai tersebut ada benarnya, jika ingin efektif mengatur finansial.

Ya, sebagian orang memang terbiasa menilai dari luarnya saja padahal mereka tidak tahu latar belakang seseorang menjalani kehidupan yang minimal. Di balik penampilannya yang sederhana, ada kehausan akan ruang yang lebih luas di dalam huniannya yang sebelumnya banyak menumpuk barang - barang kurang fungsional dan hanya menghabiskan biaya perawatan saja, ada kesadaran untuk tidak terdistraksi oleh benda - benda yang bisa mengalihkan fokus hidup mereka (ex: barang pemberian mantan, benda yang mengingatkan pada masa kelam yang justru berdampak buruk untuk psikologis pemiliknya), atau hanya sekedar ingin memahami apa yang benar - benar penting dalam hidup. Menjadi minimalis bukan hanya berhemat dalam segi keuangan namun juga waktu yang berujung pada hidup yang lebih produktif.

Hidup yang lebih produktif dari seorang minimalis dapat tercermin dari bagaimana dia tidak perlu terlalu repot memikirkan hal yang tak perlu demi melakukan sesuatu yang lebih berguna. Contohnya ketimbang berada di depan lemari dan kaca berjam - jam untuk bingung memikirkan pakai baju yang mana, dia lebih memilih mengalokasikan waktunya untuk menyortirnya dan menyumbangkan pakaian yang sudah jarang dipakai (decluttering), dia juga bisa mengalihkan waktunya untuk bekerja. Jadi, jika orang lain melihat dari sisi yang satu ini mereka akan mengubah sudut pandangnya bahwa minimalis tidak sama dengan pelit.

Selain memberi manfaat dari segi waktu, minimalis juga menyediakan space di dalam hunian mereka. Apa hubungannya space dengan produktivitas? Tentu saja ada dong. Dengan menyuguhkan cukup space / ruang kosong di dalam rumah maka akan membuat pemiliknya mempunyai pikiran yang lebih longgar, tenang, dan tidak susah membersihkannya. Kegiatan pun jadi lebih produktif ketimbang melihat tumpukan barang yang berantakan dan secara tidak langsung mempengaruhi pikiran jadi sumpek sehingga ingin berkegiatan pun jadi ogah - ogahan.

Masihkah Anda menilai minimalisme sebagai gerakan orang - orang pelit?
Komentar dibawah ya, gan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maman80 dan 25 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 12
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bra.bra dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
mantap
Bisa jadi dah
Mantullll
ane Minimalist Maximalist kayanya.....!?!
emoticon-Travelleremoticon-Ngacir
Quote:


Makasih bang L
Quote:


Tengah - tengah dong hahaha
profile-picture
KANClL memberi reputasi
Quote:


Makasih mbak Sri
Quote:


Jadi apa mbak adel?
bisa jadi karena bener gak punya duit emoticon-Goyang
Quote:


emoticon-Ngakak
Bukannya pelit ya, cuma terkadang gak semua yang kita inginkan itu berguna, dari pada gak kepake dan jatuh nya sia2 mending uangnya ditabung dan digunakan untuk hal yang lebih baik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uangkul dan 4 lainnya memberi reputasi
Uang dr pada di anggurin di bank mending buat beli barang. Nanti kalo bosen jual lagi
Quote:


Iya, ini nih the best comment hehe soalnya di thread saya yg sebelumnya tentang minimalis malah banyak yang ngatain pelit, jadinya saya bikin thread ini deh.
Quote:


Masalahnya nggak semua barang bekas akan cepet laku saat dijual emoticon-Ngakak
profile-picture
pe.rusuh memberi reputasi
Quote:


Coba buat beli baju atau sepatu brand trkenal. Temen ane jual lagi malah untung. Jual online gan
Quote:


Mungkin dia punyanya yg limited edition jd hrga jual lebih tinggi dr harga beli, krn kalo itu barang udah langka gak bakal kepengaruh ama pasar.
profile-picture
pe.rusuh memberi reputasi
Quote:


Bukan gan. Punya dia gk limted edition. Cm dia jual ke kalangan penggemar brand trtentu. Banyk yg minat
umm, say no. hehehe
klo gaya hidup minimales mah, ane percaya
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di