Lokasi-Lokasi Rawan Macet di Jakarta, Punya Jalan Alternatif Gan?
TS
zankzinkzunk
Lokasi-Lokasi Rawan Macet di Jakarta, Punya Jalan Alternatif Gan?
Foto: Tribunnews
"Turunin aku di sini!" Di sinetron-sinetron sering banget kedengeran kalimat kayak gitu GanSis. Biasanya sih kalimat itu diucapkan cewek ketika marah sama cowoknya di dalam mobil. Pertanyaannya, apakah kejadian itu benar-benar bisa terjadi di jalan metropolitan yang macetnya gak ketulungan tu GanSis.
Bayangin aja GanSis, si cewek yang ngomong kayak gitu direspon cowoknya buka mobil, diturunin di tengah jalan. Kayaknya bakal auto balikan deh tu cewek.
Macet pembawa berkah kali ye kalau kayak gitu. Cuman lain halnya sama perkara mesin GanSis. Ternyata boros bensin itu gak cuman disebabkan jarak tempuh yang panjang, tetapi macet juga bisa mengakibatkan tangki kosong melompong, ditambah gak ada pom bensin di samping jalan, kan agak rempong juga kalau kehabisan bensin lagi macet-macetan, belum lagi berondong bunyi klakson dari belakang kan. Kebayang gak GanSis kiamat sughro sedang melanda? :hummer
Ini Dia 19 Titik Rawan Macet yang Ada di Jakarta
Quote:
Jatinegara
Jalan Basuki Rahmat
Jalan Bekasi Barat Raya
Jalan Bekasi Timur Raya
Jalan Jatinegara Barat
Jalan Jatinegara Barat 1
Jalan Jatinegara Timur
Duren Sawit
Jalan I Gusti Ngurah Rai
Jalan Kolonel Sugiono
Jalan Pahlawan Revolusi
Jalan Pondok Kopi
Jalan Soekanto
Pulogadung
Jalan Kayu Putih Raya
Jalan Pemuda
Jalan Perintis Kemerdekaan
Jalan Velodrome
Matraman
Jalan Matraman Raya
Jalan Pramuka
Cakung
Jalan Raya Bekasi
Jalan DR Soemarno
Nah itu deretan nama jalan yang sering banget macet GanSis. Sudah dicatet kan? Bukan berarti gak boleh lewat sana ya GanSis, kalau udah tau kan bisa siap-siap. Mulai dari bawa bekal cemilan yang banyak, bantal, kasur, peralatan mandi, pacar cadangan. Ya barang kali bisa putus di tengah jalan kan, namanya juga macet berkepanjangan.
Eits, tunggu dulu! Cuman nyiapin perkara di atas ternyata masih belum cukup, GanSis. Jika tak tau triknya berkendara di tengah kemacetan bisa-bisa bensin tiba-tiba abis gak ketauan. Gimana gak abis, bayangin aja GanSis volume kendaraan tinggi menyebabkan lambatnya laju kendaraan yang cuman bisa pakai persneling rendah. Pastinya konsumsi BBM jadi lebih boros dari pada pulang-pergi jemput pacar yang di ujung berung ya.
Contoh perhitungannya begini, dalam jarak 100 km butuh bensin sekitar 7 liter kalau cuman pakek gigi 2. Kalau pakek gigi 3 jadi 4,6 liter, kalau pakek gigi 4 jadi 3,8 liter, sedangkan gigi 5 jadinya 3,4 liter. Kalau gak pakek gigi? Itu namanya kakek-nenek yang jalan-jalan di tengah kemacetan.
Kebayang kan borosnya tu bensin pas macet-macetan.
Emang ada triknya biar kagak boros bensin pas macet?
Ya, apa sih yang nggak ada di Kaskus. (Paling obat jomblo yang masih belum ada mah )
Spoiler for Satu:
Bagi GanSis pengendara mobil transmisi otomatis, sebaiknya gak pakai modus D pas nunggu macet. Kenapa? Lajunya mobil Agan Sista bakalan ketahan ketika ada di posisi tersebut, biasanya kan sambil nginjek rem tu. Nah, dalam keadaan begini beban mesin jadi lebih berat. Saking beratnya, Dilan aja gak mau nanggung tu.
Ketika mesin dibebani seperti itu konsumsi BBM semakin boros. Kalau pakek modus D gak boleh, terus pakek modus apa donk? Menggunakan modus N lebih dianjurkan pas mobil mau berhenti. Jadi ni, mesin gak akan terlalu berat bebannya kayak beban hidup.
Spoiler for Dua:
Kebiasaan ni, kadang nginjek gas gak kira-kira, apalagi pas macet pikiran ikut spaneng. Sebaiknya injak gas jangan dalem-dalem pas transmisi berhenti terus mengarah ke jalannya mesin. Pelan-pelan aja, kalem nginjek pedalnya jadinya mesin tu berkontraksi gak terlalu tinggi.
Spoiler for Tiga:
Kinerja AC juga berpengaruh GanSis. Jangan coba-coba nurunin temperatur pada posisi paling rendah. Nah, pas dirasa suhunya dah cukup, baru naikin supaya kompresor AC gak keberatan. Jadi kompresor AC bisa istirahat kerja, mesin jadi lebih ringan deh bebannya. Otomatis, konsumsi BBM juga gak terlalu boros.
Spoiler for Empat:
Jangan terlalu sering nginjek rem GanSis, jadi akselerasi mesin gak terlalu berat. Kalau perlu ini, mobil tetap berjalan perlahan tanpa harus ngerem-ngerem melulu.
Spoiler for Lima:
Ini yang sering diabaikan dan disepeleinbanyak orang, GanSis. Perawatan mesin dan pemilihan bahan bakar, ini dua hal yang gak bisa dipisahin sebetulnya. Ya, gak ada bedanya kayak orang yang sering minum susu sama yang enggak kan. Sama juga, konsumsi kendaraan kan BBM jadi berpengaruh banget sama performa mesin. Bahan bakar yang salah bisa bikin mesin bermasalah dalam jangka panjang, GanSis. Misalnya, klep karatan, masalah di jarum pelampung sampai kompresi juga bocor.
Jadi bensin itu gak cuman asal kasih minum mobil GanSis, tapi perlu juga cairan bahan bakar yang bisa meningkatkan efisiensi dan performa mesin. Kandungan bensin yang baik juga seharusnya bisa membersihkan endapan dan mengurangi gesekan saat mesin berkontraksi. Kan sebetulnya sering muncul endapan dalam komponen sistem pencernaan mobil tu, kayak katup masuk, bensin yang bagus biasanya bisa ngikis kotoran-kotoran kayak begitu jadi mesin bersih tiap hari.
Lha terus bahan bakar kayak gimana yang bagus itu?
Sampai sekarang sih Shell V-Power yang punya teknologi macem begono. Iya, semua fitur bahan bakar yang ada di atas bisa didapetin hanya dengan menuangkan bensin jenis ini secara rutin. Ada istilah teknologinya terkait benefit bensin tersebut. Kalau gak salah namanya Dynaflex, teknologi ini memang bisa ngurangin gesekan sampai tiga kali lipat karena adanya molekul-molekul pembersih gitu, GanSis. Kan mesin tu boros karena banyak gesekan di dalem jadi suhunya makin panas. Otomatis mesin jadi boros. Nah kalau cara kerja mesin gak begitu panas karena gesekan, bahan bakar jadinya bisa lebih fokus sama tenaga mesin.
Mesin yang sering panas dipertemukan sama bensin macem begini ni udah kayak dua jomblo akut yang dipertemukan di pelaminan. Beuh, energinya pasti optimal dan maksimal deh.
Lagian kalau mesin sudah terawat, jadi perawatan rutinnya di bengkel bisa lebih efisien karena kan gak perlu ngeluarin banyak biaya yang berlebihan gara-gara mesin sering rewel.
Jadi perawatan itu gak cuman sekedar berobat ke dokter tapi juga asupannya juga harus dijaga. Nah, sama halnya juga kayak mesin tu GanSis. Lebih baik kasih minum mobil yang berkualitas daripada sekali berobat ke bengkel langsung amburadul tu mesin dan segala macem komponennya.
Make sense kan GanSis?
Kira-kira begitulah tips ‘n trik supaya mesin gak panas dan gak boros pas macet. Kecuali kalau panas gara-gara ditikung temen, beda lagi ceritanya kalau gitu mah. Yaudah, segitu dulu ya GanSis bagi-bagi tipsnya, maap belum bisa kalau bagi-bagi nomor cewek jomblo mah ya, Gan. Cari aja di tiang listrik pinggir jalan, biasanya banyak tu nomor-nomor dipajang.