Kaskus

Food & Travel

babygani86Avatar border
TS
babygani86
6 Program Inisiatif Wonderful Digital Indonesia
Halo Widi,  bisa  memberitahu  saya  sedang  di mana? Widi  pun menjawab, Saat ini, bapak sedang menghadiri “pertemuan” di  V**s, Pondok Indah” Begitulah    petikan dialog  kaskuser dengan Widi.

Widi bukan nama orang,  melainkan aplikasi digital untuk menuju digitalisasi pariwisata  di Indonesia.  Widi merupakan singkatan dari Wonderful Digital Indonesia.

6 Program Inisiatif Wonderful Digital Indonesia

Aplikasi teknologi serta pembaruan kurikulum pendidikan pariwisata  di Indonesia menjadi bidang bahasan dalam Rakornas I Kemenpar dengan tema Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDT)  4.0: Transforming  Tourism HR to Win The Global Competition  in  The Industry 4.0  Era. Teknologi digital memiliki peran penting membantu pemerintah dalam mencapai target kunjungan  20 juta wisatawan mancanegara (wisman)  untuk tahun ini.

Penyebaran teknologi digital yang masif bukan untuk dihindari, justru harus menjadi bagian dari perkembangan tersebut agar siap menghadapi  era pasar digital:Suka atau tidak suka, sudah menjadi perubahan perilaku pasar. Semua telah bergeser ke arah digital dan saat ini industri dunia telah bergeser ke arah industri digital era 4.0.

Perubahan perilaku konsumen    yang  mempengaruhi  pasar tersebut  digerakkan  kaum milenial.  Hal ini sejalan  dengan  semangat  Presiden Joko Widodo yang menyebutkan  kaum milenial adalah masa depan Indonesia. Milenial cenderung selalu berperilaku dengan basis digital, mobile, interaktif yang kini  jumlahnya mencapai 50% dari jumlah wisman  inbound ke Indonesia.  Maka, siapa pun yang menguasai komunitas anak muda, dialah  yang berpotensi memenangkan pasar masa depan atau winning the future market.

Dalam industri pariwisata, perubahan customer behavior itu terlihat ketika search and share 70 persen sudah melalui digital. lndustri travel agent  sudah  tidak lagi bisa mengandalkan walk in service untuk reservasi tiket dan memilih paket wisata. Semua sudah berubah dengan digital.

Spoiler for TIPS MENGGUNAKAN OTA:



Revolusi industri keempat (4.0) bakal mengubah dan mendisrupsi  industri pariwisata secara mendasar karena terwujudnya cost value (more for less), experience value (personalized), dan platform  value (resources sharing) yang bakal dinikmati para traveller.  Karena itu, Indonesia harus mampu menjadikan teknologi 4.0 sebagai sumber competitive advantages baru di pasar global.

Di hari pertama rakornas  juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan berbagai pihak dalam rangka penguatan penetrasi pasar pariwisata Indonesia secara  digital, serta launching    Program One GM One SMK oleh Menpar Arief  Yahya. Program  ini merupakan implementasi dari program 3C, yakni curriculum, certification, dan centre of excellence, serta implementasi SMK Revitalisasi sesuai dengan lnpres  Nomor 9 Tahun 2016. Tujuannya untuk meningkatkan standar sesuai kebutuhan industri  dengan menambah SDM guru berasal dari industri dan praktisi.

6 Program Inisiatif Wonderful Digital Indonesia

Rakornas Pariwisata I Tahun 2019 tersebut juga menghasilkan enam program inisiatif yang segera diimplementasikan dalam menyiapkan SDM menuju pariwisata 4.0 yang menyasar  wisatawan milenial. Untuk mewujudkan  tourism 4.0, memulainya  bukan dari membangun  infrastruktur teknologi  atau hard aspect terlebih  dahulu. Hal itu karena investasi  yang mahal dan  bersifat  jangka panjang.  Dimulainya justru dari SDM atau soft aspect, dan ini diambil menjadi tema rakornas.

Enam program inisiatif  yang dimaksud, yakni: Program pemetaan digital maturity di industri pariwisata  di Indonesia;  program pemetaan kompetensi, kurikulum,  dan metode  pembelajaran  dan sertifikasi  WIDT 4.0;  program  kerja  sama link and  match antara Perguruan  Tinggi  Negeri  Pariwisata (PTNP) industri di bidang  pengembangan kompetensi digital; program  pengembangan dan  pembinaan SDM desa wisata dengan PTNP; program kerja sama pengembangan start up pariwisata serta industri kreatif di berbagai destinasi wisata; serta program pengembangan dan pelatihan WIDI (Wonderful Indonesia Digital) Champion.

Dalam program pemetaan digital maturity  di industri pariwisata, antara lain perlu melakukan pemetaan digital maturity untuk  ekosistem kepariwisataan serta pemetaan  AKS (attitude, knowledge,  skill) gap di dalam industri  kepariwisataan  di Indonesia.

Kegiatan dari  program  pemetaan kompetensi, kurikulum, metode pembelajaran, dan sertifikasi  WIDT 4.0, antara lain perlu melakukan metode pembelajaran kompetensi digital “blended learning” dan pembentukan  Center of Excellence Tourism di perguruan tinggi  pariwisata dengan pendekatan pentahelix serta sertifikasi kompetensi.

6 Program Inisiatif Wonderful Digital Indonesia

Program kerja sama link and  match antara  PTNP dan industri di bidang pengembangan kompetensi    digital, meliputi pembukaan kesempatan untuk mendapatkan professional shadowing program, serta kesempatan magang (internship) mahasiswa  PTNP di industri yang mempunyai kompetensi digital sesuai "best practice".

Para profesional digital di industri memberikan guest  lecture  di PTNP  untuk berbagi  materi  yang    terkait dengan perkembangan teknologi di industri pariwisata terkini, serta memberikan kesempatan kepada para profesional di industri yang memiliki keahlian khusus untuk menjadi tenaga pengajar  melalui  program recognition of prior learning, RPL.

Dalam program  pengembangan dan pembinaan SDM Desa Wisata dengan PTNP. Dilakukan pengembangan dan pelatihan SDM terkait Desa Wisata berbasis digital, pendampingan Desa Wisata  yang  bekerja sama dengan  perguruan  tinggi pariwisata, dan pengkajian untuk mendukung aplikasi program Desa Wisata berbasis digital.

Untuk program kerja sama pengembangan start-up pariwisata dan industri kreatif di berbagai destinasi wisata, perlu dilakukan kerja sama dalam program Tourism Startup and Creative lndusty Development Program, serta kerja sama pengembangan SDM industri kreatif dan pariwisata di berbagai daerah kunjungan wisata.

Terakhir, untuk program kerja sama pengembangan start-up pariwisata, diperlukan kerja sama terkait gerakan nasional pengembangan  start-up di  sektor industri pariwisata, serta program "capacity building" untuk meningkatkan digital literasi dan kesiapan bagi pelaku bisnis UKM  di daerah­daerah wisata.

6 Program Inisiatif Wonderful Digital Indonesia

Dari  keenam program  tersebut, kuncinya adalah pada program pengembangan dan pelatihan SDM dalam WIDI champion yang disesuaikan dengan digital DNA traits, sebagai semangat besar untuk mencapai tujuan transformasi SDM di lingkungan Kemenpar.


Spoiler for Referensi:




0
424
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan