KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce6558648c38d37b003a3c0/lebaran-bikin-lebih-boros-mitos-atau-fakta-sih-sis

Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?


Biar nggak haus, minum dulu gan, sist
Quote:



“Lebaran bikin lebih boros?” Menurut Sista, itu mitos atau fakta? Lebaran tentu merupakan momen yang kita tunggu-tunggu setiap tahunnya. Namun tak dapat dipungkiri jika momen lebaran memerlukan kebutuhan yang cukup banyak, bahkan tidak jarang membuat kebanyakan orang menjadi lebih boros. Terus, gimana sis caranya supaya bisa lebih hemat? Yuk simak cara-cara berikut:


Hitung Ulang  Pengeluaran
Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?

Nah, sista pastikan kembali, budget pengeluaran harian sama budget buat lebaran sudah sesuai plan awal atau melenceng dari tujuan. Misalnya ongkos makan atau ongkos jalan, perlu agan sista atur nih per-harinya. Meminimalisir pengeluaran yang dirasa sista engga butuh-butuh banget penting lho.

Sisihkan untuk Pengeluaran Tak Terduga
Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?
Menyisihkan tabungan tentu penting untuk sista lakukan lho. Mendekati hari-H lebaran, segala sesuatunya tentunya bertambah mahal. Menyisihkan uang untuk keperluan darurat merupakan solusi yang pas untuk sista terutama yang memiliki rencana lain setelah lebaran. Seperti contoh 10-20% dari penghasilan harus sista sisihkan untuk dana darurat misal untuk kesehatan atau hal-hal tidak terduga lainnya. Tapi hal tak terduganya bukan promo cashback e-wallet (Go-pay, OVO, Dana) ya xp 

Baju Baru Bukan Kebutuhan
Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?
Banyak orang yang salah mengartikan bahwa lebaran identik dengan baju baru. Tentu pemikiran tersebut kurang tepat. Namun jika sista merasa baju baru merupakan hal yang perlu, tentu bisa disesuaikan dengan kondisi, sista bisa menggunakan baju yang beberapa bulan sebelum lebaran sudah dibeli. Sehingga, sista bisa merayakan lebaran dengan memakai baju  lama yang masih terlihat bagus.


Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?
Untuk sista yang ingin mudik, setidaknya luangkan waktu untuk membeli tiket pulang dari jauh-jauh hari. Dikarenakan harga tiket akan melonjak naik harganya mendekati hari raya. Atau sista bisa menunda kepulangan yaitu tidak pada saat hari raya. Jika sista rindu dengan keluarga di kampung halaman, sista bisa pulang pada saat hari biasa. Jika sista punya kendaraan pribadi, sista dapat menghemat biaya transportasi seperti bensin selama di kampung halaman jika ingin berpergian atau bersilaturahmi dengan sanak saudara yang lainnya.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh samuelmariobros
boros sekali kali
profile-picture
ngejleb memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
samuelmariobros memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
gak brw. beli baju barugak mesti pas lebaran..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
mudik lebaran itu boros dan capek
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
lebaran hari gengsi nasional apalagi pulang kampung masuk golongan orang sukses di kota
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kalau ane sih mungkin lebih banyak keluar duit ya gan, pasti kan nanti waktu lebaran ada kasih THR untuk ponakan-ponakan, terus belanja kue lebaran untuk menjamu tamu yang datang, belanja bingkisan untuk keluarga budhe/tante dsb.. tapi nggak apa-apa sih kan paling setahun sekali juga.hehe..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
tiap lebaran ga pernah boros...
Tp lebaran taun ini lebih ga boros lagi...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalau gue mau lebaran atau tidak tetap tidak boros.... hihihihi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Agak boros sedikit sih. Tapi masih wajar setahun sekali menyambut hari raya.
profile-picture
samuelmariobros memberi reputasi
Diubah oleh d.l.may
Quote:


Yoi
.
Udahh kebiasan masyarakat kita sih. Kalo lebaran identik baju baru. Hedon hedon. Pamer.

Gak sesuai dengan arti lebaran sesumgguhnyaa..
Jst my opinion. Yaa.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Bahahha..
Miriss tapi itu reality nyaa.

Kalo guaa sih.
Mending beli cash ajaa. Daripada kradat kredit. But every people beda beda.

Kalo guaa tipe yg lebih baik gak punya, daripada kredit. Cumaa buat gaya.

Mending entar ajaa punyanya kalo duitnya udah pas..

Hahha..
Kbnykn temen guaa juga nyaranin buat kredit motor, atau apaa gitu.

Tapi guaa sih kagaa dah..
Hapee juga menang beli patungan THR amaa arisan plus minta tambah Ema.

Eh kok curcol..
Quote:


Suburin aja dulu gan
untuk anak kecil ya mitos kalau ane fakta emoticon-Ngakak
Diubah oleh beautiesppl
mungkin lebih tepatnya kebanyakan ber shodaqoh...krn niatnya harus gitu..sayang kan kalo niat nya cmn buat pamer doank...ngasih THR biar di katain BOCUT...alhamdulillah selama romadlon pasti diberikan rejeki lebih dari biasanya..minimal THR yg besarannya mungkin 2 kali gaji...
Quote:


Wkwkwk prinsip yg bagus gan, ane juga sama lah kayak agan mikirnya, drpd kredit kalo bisa beli cash meskipun second kan better ketimbang baru tapi kredit. Ntar kalo dijual lagi misal, harganya rugi banyak bisa ampe puluhan juta kalo misal jual mobil baru

Quote:


emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

Quote:


Permasalahannya, kalo pamer udah jadi budaya susah kan ukhtiemoticon-Embarrassment
Semua balik lagi ke niat kita ya.
pengalaman ane sih boros. cuman itu jadi hal yang bikin ane pengen berubah di lebaran2 berikutnya emoticon-Ngakak
banyak ternyata hal2 yang bisa ngga ane lakuin, tapi malah ane lakuin gan. suka nyesel abis itu.
manajemen keuangan emang penting sih, sama kesadaran diri aja biar engga laper mata gitu gan sis emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
sulit emang kadang menahan diri, cuman kalo kita uda niat, bertekad gituya pasti bisa kok.
faktor laper mata emang nih gakuat diskon gaesss
mantap bener gan threadnya :nulisah


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di