pusatkarpetjid7Avatar border
TS
pusatkarpetjid7
Memahani brand yang sesungguhnya
Dalam penggunaannya, kata brand dan branding memiliki makna yang berbeda. Seperti disebutkan di atas, kata brand berarti merek, sedangkan pengertian Branding adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek.

Bila kita kaitkan lebih jauh brand adalah salah satu faktor kesuksesan dalam sebuah bisnis. Branding dapat diartkan sebagai produk nantinya akan dikenal oleh masyarakat, dan bagaimana cara produk dapat sampai ke konsumen. Tentu semua bisnis menginginkan mereknya bisa dikenal oleh masyarakat luas dan dapat diterima dengan baik oleh mereka. Karena merek adalah hal pertama yang akan keluar dibenak konsumen ketika ingin membeli suatu produk.

Apakah alasannya ? Branding yang lebih baik!  Bukan berarti setiap orang hanya duduk dan "mencap" unicorn seperti itu.  Tapi karena dunia nampaknya bukan lagi dataran, tetapi sudah menjadi awan yang semakin hari semakin tinggi ke atas alias berkembang, oleh karenanya banyak juga coporate branding yang menawarkan jasanya untuk bisa membantu para pelaku bisnis dalam membuat brand. Sebut saja Tdc indonesia atau Kamarupa salah satu coporate ternama yang menawarkan layanan jasa branding.

Secara kolektif kita menciptakan citra visual yang kuat tentang sesuatu yang mungkin belum pernah ada dan kemudian mengabadikan gambar itu dengan sekumpulan fitur hebat dan bisa dikenali. Hal itu adalah contoh branding yang bagus.

Berikut beberapa jenis branding yang perlu Anda ketahui.

Product branding
Jenis branding yang satu ini dilakukan oleh pihak perusahaan pemilik produk tertentu yang akan mengajak para calon konsumen untuk melakukan pembelian atas produk tersebut dibandingkan dengan produk milik pesaing.

Personal branding
Personal branding dilakukan dengan maksud untuk mengangkat nama public figure seperti halnya para musisi, politis ataupun selebriti. Melalui personal branding, maka pihak yang bersangkutan akan mendapatkan citra yuang baik di mata masyarakat.

Corporate branding
Sedangkan corporate branding itu sendiri ditujukan untuk meningkatkan adanya reputasi perusahaan tertentu di mata para pesaing yang ada di pasar. Tindakan ini mencangkup adanya peningkatan kualitas produk hingga kontribusi karyawan pada perusahaan.

Geographic branding
Dilakukan sebagai bentuk cara untuk memunculkan adanya gambaran sebuah produk pada saat nama lokasi produk tersebut disebutkan.

Cultural branding
Untuk cultural branding ditujukan dalam pengembangan reputasi atas sebuah lingkungan sekaligus juga orang-orang yang ada di dalamnya.

Berikut beberapa tujuan branding yang sesungguhnya.
[ol]
[li]Membangun sebuah kepercayaan masyarakat atas sebuah brand[/li]
[li]Membangun sebuah persepsi masyarakat[/li]
[li]Membangun rasa cinta masyarakat terhadap brand yang ada [/li]
[/ol]
Untuk lebih jauh, berikut beberapa unsur branding yang perlu Anda ketahui.
[ol]
[li]Tampilan visual yang mencangkup desain seragam, desain produk, serta desain kemasan[/li]
[li]Nama merek[/li]
[li]Logo yang meliputi bendera, logo type dan juga monogram[/li]
[li]Juru bicara seperti mascot, co-founder, orang terkenal serta tokoh perusahaan[/li]
[li]Kata-kata yang mencangkup jingle, slogan, akronim dan juga tagline[/li]
[li]Suara meliputi adanya icon bunyi ataupun nada serta lagu tematik [/li]
[/ol]
Diubah oleh pusatkarpetjid7 23-05-2019 07:08
0
523
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan