alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Komik & Ilustrasi /
[SHARE] - Cara Mudah Menggambar Sekaligus Mewarnai Berbagai Karakter Dari Awal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdd84d32525c35d191c1c0f/share---cara-mudah-menggambar-sekaligus-mewarnai-berbagai-karakter-dari-awal

[SHARE] - Cara Mudah Menggambar Sekaligus Mewarnai Berbagai Karakter Dari Awal

Kegiatan Menggambar

Menggambar adalah kegiatan membentuk imajinasi terhadap suatu objek/ benda, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.  Menggambar juga bisa diartikan sebagai kegiatan meniru barang, orang, binatang, dan sebagainya yang dibuat dengan coretan pensil atau alat lainnya pada sebuah kertas. Akan tetapi, hasil dari kegiatan seni yang satu ini tidak hanya soal tiru-meniru suatu obyek. Sebuah gambar dapat menyampaikan apa yang dirasakan oleh sang pembuat gambar. Kita dapat melihat bagaimana kondisi emosi seseorang lewat gambar yang dibuatnya.


Sejarah Menggambar

Manusia diketahui telah berusaha membuat karyadrawing sejak masa prasejarah. Kegiatan ini kemudian menyebar di Eropa sejak tahun 1400an seiring berkembangnya penggunaan kertas. Sejak saat itu, setiap abad telah menghasilkan karya-karya drawing hebat. 


Manfaat Menggambar

1. Menggambar mengembangkan keterampilan motorik halus si kecil, yaitu menggunakan tangan dan jari untuk membuat suatu bentuk serta belajar memegang alat gambar dengan benar. Anda dapat mengenalkan berbagai alat gambar yang berbeda untuk meningkatkan keterampilan menggambar anak seperti pensil, krayon, spidol warna, atau cat air. Bahkan, sekarang ini alat menggambar digital yang lebih modern dan pastinya menyenangkan.


2. Menggambar dan mewarnai meningkatkan kreativitas anak dalam mewujudkan berbagai imajinasi yang ada di otaknya pada sebuah kertas. Selain itu, anak juga belajar untuk membentuk garis, mengenal pola, dan juga memilih warna. Saat ia menggambar dengan teknik meniru, ada koordinasi antara mata, otak, dan tangan yang ia asah.


3. Menggambar juga dapat merangsang perkembangan emosional dan sosial anak. Anak jadi lebih percaya diri menunjukkan hasil gambarnya pada orang lain, belajar mengekspresikan apa yang ia pikirkan dan rasakan, melatih konsentrasi, dan meningkatkan interaksi anak dengan teman sebayanya.


Teknik Menggambar


Banyak sekali teknik yang digunakan dalam menggambar, namun secara umum teknik yang digunakan adalah :


Menggaris
Menggaris adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Menggaris memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga menggaris dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.


Hatching
Arsiran dan juga cross-hatching adalah teknik dalam lukisan dan karya grafis yang digunakan untuk memberikan efek warna maupun bayangan dengan membuat garis-garis paralel. Jika garis-garis paralel ini ditimpa dengan garis-garis paralel lain yang saling berpotongan, maka teknik ini menjadi cross hatching.


Scribbling
Scribble-drawing berasal dri kata scribble yang artinya tulisan ceker ayam, jadi bisa ditebak gambar dengan teknik ini maksudnya gambar yg sengaja dibuat dari coretan yang awut-awutan. 2. Stippling art adalah seni menggambar menggunakan titik-titik dengan ketebalan tertentu sehingga menghasilkan gambar yang utuh.


Stippling
Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Stippling adalah pembuatan pola yang mensimulasikan berbagai tingkat soliditas atau naungan dengan menggunakan titik-titik kecil. Pola seperti itu dapat terjadi di alam dan efek ini sering ditiru oleh seniman.


Blending

Karakter blender/meratakan arsiran chracoal atau grafit pada permukaan kertas ada sisi menarik dan tidak. Ini kembali pada sudut pandang apresiator dan penggambar. Dengan teknik blending gambar bisa mulus, penilaian saya bisa jadi terlalu mulus, karena mulus pori-pori kertas tertutup rata. Perpaduan arsiran dan karakter tekstur kertas tidak akan muncul ketikan semua permukaan tersapu rata. Dengan teknik blending batas garis tegas bisa menjadi samar tetapi masih terlihat jelas ada batasnya. Asiknya entah kenapa dengan menggunakan teknik blending ketika menggambar lebih cepat selesai.  


Berikut Beberapa Video Bagus Sebagai Referensi Anda yang Hobi Menggambar dan Mewarnai



&t=33s




&t=14s




&t=242s










Semoga Berkenan Terimakasih

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Mohon kritik dan saran ya om untuk kedepan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di