alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Demi Perdamaian, #SumutTolakPeoplePower
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdd18a4af7e935c912f46bc/demi-perdamaian-sumuttolakpeoplepower

Demi Perdamaian, #SumutTolakPeoplePower



Spoiler for aksi tolak people power:


Sumur


1. Antaranews [Panglima TNI: Sumut barometer stabilitas Indonesia bagian Barat]

2. IDN Times [Badko HMI Sumut Sebut Wacana People Power Saat Ini Sarat Politis]

3. Suara Mahardika [Aulia Andri : Aneh, Ada Yang Menolak Pilpres Tapi Menerima Pileg]

4. Kumparan [Massa di Medan Unjuk Rasa Menolak People Power] 

Tanggal 22 Mei di ambang pintu. Tanggal itu akan menjadi catatan sejarah baru bagi bangsa Indonesia, karena tanggal 22 Mei adalah hari pengumuman dari KPU akan hasil Pemilu. Akan tetapi, ada pihak yang tidak puas dengan hasil Pemilu sementara. Hasil Pemilu sementara yang tidak menguntungkan junjungan mereka. Mereka lantas teriakkan people power, menuduh KPU melakukan kecurangan, dan tidak akan melakukan tahapan yang sesuai koridor hukum dalam menyelesaikan persengketaan Pemilu. Ada yang termakan hasutan dan mendukung mereka, tapi ada pula yang tidak terima, karena people power yang kini menjadi ‘gerakan kedaulatan rakyat’ sarat akan kepentingan politik kubu 02. People power yang tidak mau melihat sudut pandang kubu 01. People power yang bukan benar-benar suara rakyat.

Saya terus mengikuti perkembangan berita terkait people power ini. Salah satu medianya adalah Twitter. Ada yang menarik setelah melihat-lihat perkembangan people power di media sosial bergambar burung biru itu. Yakni munculnya tagar #SumutTolakPeoplePower yang menjadi trending topic. Saya jadi penasaran mengapa sampai muncul tagar terkait salah satu porovinsi di Sumatera tersebut.

Spoiler for trending topic:



Pertanyaan utamanya adalah, mengapa Sumatera Utara melakukan penolakan terhadap people power?

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian beserta rombongan tiba di lanud Soewondo Medan pada 14 Mei 2019. Kedatangan mereka dalam rangka melakukan safari Ramadhan. Pada sambutannya di Lanud Soewondo Selasa malam tanggal 14, Panglima TNI mengatakan bahwa Sumut (Sumatera Utara), khususnya Kota Medan adalah barometer stabilitas Indonesia bagian barat. Oleh karena itu ia menghimbau prajurit TNI-Polri agar tetap waspada terhadap hal-hal yg tidak diinginkan yg terjadi di Sumut. Telah kita ketahui, 22 Mei 2019 akan menjadi tanggal pengumuman penghitungan suara oleh KPU. Selama melewati proses waktu menunggu pengumuman itu, maka TNI-Polri harus dapat wujudkan keamanan bagi masyarakat

Apabila kita sedikit menganalisa ucapan Panglima TNI tersebut, maka seandainya Kota Medan mengalami kekacauan maka bisa dikatakan bagian barat Indonesia tak lagi stabil. Panglima TNI juga mengatakan agar jajaran TNI-Polri tetap waspada terhadap hal-hal yang tak diinginkan. Hal-hal yang tidak diinginkan tersebut besar kemungkinan adalah wacana people power.

Wacana people power menjadi perhatian banyak pihak. Bukan karena ia murni suara rakyat, melainkan karena wacana people power sangat kental dengan aroma politik. Oleh karena itu, HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Sumut menggelar diskusi publik yang menyentil istilah people power. HMI Sumut melakukan diskusi bertajuk Positive people with positive power, yang berlangsung hari Rabu (15/5) di Hotel Grand Inna, Medan. Menurut Ketum Badko (Badan Koordinasi) HMI Sumut Muhammad Alwi Hasbi Silalahi, istilah people power belakangan ini bisa meningkatkan tensi politik. Seharusnya elite politik bisa bijak sebelum menelurkan wacana people power, terutama mereka yang menyatakan tidak puas dengan hasil pemilu, karena ada koridor hukum dalam mengurus persengketaan pemilu. Ia bertutur agar jangan gunakan istilah people power karena terkesan tidak berlandaskan.

Bagi HMI, lebih baik kita memikirkan people power yang positif seperti bagaimana cara meningkatkan taraf perekonomian, bukan malah mengikuti gerakan people power yang berpotensi memecah belah persatuan.

Di kesempatan yang sama, pengamat sosial serta akademisi dari Universitas Negeri Medan (Unimed) Aulia Andri mengatakan ada perbedaan yg signifikan antara people power 98 dengan people power yang saat ini digembar-gemborkan. Apabila kita melihat kondisi kehidupan saat ini, maka sangat jauh berbeda dengan tahun 1998. Ia menilai kondisi ekonomi Indonesia masih stabil dan ancaman terhadap rakyat tidak meluas. Aulia menambahkan ada hal yang aneh jika ada pihak yang tak mengakui hasil Pilpres tapi menerima hasil Pileg. Ini hal yang ambigu.

Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa Badan Koordinasi (Badko) HMI Sumut menilai wacana people power saat ini sarat politis. People power saat ini justru sarat kepentingan politis golongan tertentu dan tidak mewakili seluruh golongan. Banyak juga pihak menolak people power yang mampu jadi pemecah belah kerukunan bangsa ini.

Tidak perlu jauh-jauh, di depan Hotel Grand Inna di hari yang sama, kita dapat melihat aksi unjuk rasa massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pengawal NKRI menolak people power. Mereka membawa spanduk yang bertuliskan “PEMILU TELAH USAI, PILIHAN BOLEH BERBEDA, PERSATUAN DAN KESATUAN HARUS DIJAGA. JANGAN PECAH BANGSA INDONESIA DENGAN PEOPLE POWER HANYA DEMI KEPENTINGAN!!! TEMPUH JALUR KONSTITUSI DI MAHKAMAH KONSTITUSI APABILA KEBERATAN TERHADAP HASIL PEMILU”

Spoiler for aksi tolak people power:



Penolakan akan people power yang sarat kepentingan politis serta inskonstitusional tak hanya terjadi sekali. Sekitar seminggu yang lalu terjadi juga aksi demonstrasi yg dimotori Gerakan Masyarakat (GeMas) Sumatera Utara Anti-Makar. Massa tersebut menolak wacana people power yang mendelegitimasi serta menolak hasil pemilihan dari KPU.

Berdasarkan paparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa people power yang dikoarkan kubu simpatisan 02 hanyalah memperjuangkan kepentingan elite politik. Ia tidak mewakili suara rakyat, karena banyak pihak yang menentang people power. Bahkan people power justru mampu memecah persatuan bangsa, karena rakyat jadi terhasut dan saling benci karena berbeda pilihan.

Hal ini pula yang menjadi maksud dari ucapan Panglima TNI yang mengatakan Sumatera Utara sebagai barometer stabilitas Indonesia bagian barat. Andaikan people power terjadi di Sumut, khususnya Kota Medan, maka kemungkinan yang terjadi adalah kekacauan di Indonesia bagian barat, seperti yang dikhawatirkan panglima TNI.

Oleh karena itu, banyaknya massa dan mahasiswa yang menolak people power sebabkan kemunculan tagar Twitter #SumutTolakPeoplePower

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ane juga anti poeple power gan.. kecuali yang damai.. damai2 ajalah kalau mau protes
Harusnya sumut dg power rangers! Save gotham!
anak medan gak suka ribut ribut katanya, lae wkwkwkwk
mending People's Champion
berlomba untuk jadi juara
majukan bangsa & negara
Diubah oleh pecandu.online
Balasan post i71lm4c4n
Quote:


Apa hubungannya bro sama power rangers.. Wkwkwk
Sudah dong jangan ribut terus.. Damai kenapa sih.. Susah banget kayanya 🙁
Balasan post aditiakhadafi2
Quote:


Tul massss
dimana mana people power kental aroma politik kali bossss!!
Demi Perdamaian, #SumutTolakPeoplePower
Balasan post pecandu.online
Quote:


TV champions aja mendingan brooww
Balasan post stealthmania
Quote:


lah kalau menangnya curang atau kalah dicurangin gimana?? rakyat berhak donngg


Quote:


Demi Perdamaian, #SumutTolakPeoplePower
Balasan post stealthmania
Quote:


semua kan punya data, nanti sama dibuka. jangan terlalu yakin kubu 01 jujur bro.. ane sih netral.. poin yang ane bilang, RAKYAT BERHAK tidak setuju. itu aja.. ane bukan cebong kampret


Quote:


Klo saya tanya apakah pemilu itu sempurna tanpa kecurangan, saya yakin tidak sempurna. Yg jdi masalah buktikan klo kecurangan itu terstruktur, masif, sistematis dan brutal. Dan kapan 02 bisa buktikan itu...jngan cuma bisanya membuat narasi dan opini yg bersifat provokasi
Balasan post stealthmania
Quote:


Ya kita lihat aja nanti makanya .. hehe
Udah jangan debat mas mas ... mending jalan keluar cari takjil.. hihihi
demi perdamaian katanyaah emoticon-Leh Uga


jadi anggota PBB aje mendingan emoticon-Wakaka



🐔 pekok.. pekok.. pekokkkkk






Quote:


Demi Perdamaian, #SumutTolakPeoplePower
edi kayaknya pro deh
Balasan post stealthmania
Quote:



udah di laporin ke Bawaslu tinggal ditindak lanjuti aje emoticon-Cape d...

lu sbg piaraannya si Mukidi kalo lu beneran seorang yg jujur mestinya lu jadi bagian yg mendesak Bawaslu utk menindak lanjuti temuan dan aduan dari kubu si Wowok emoticon-Big Grin


emoticon-Traveller


Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di