alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / Education /
Pentingnya Audit terhadap Siklus Pendapatan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdb80fb6df2315c29102ed0/pentingnya-audit-terhadap-siklus-pendapatan

Pentingnya Audit terhadap Siklus Pendapatan

Pentingnya Audit terhadap Siklus Pendapatan
Inayatun Nafisah
Sri dewi wahyundaru
Sridewi@unisula.ac.id
Mahasiswa Fakultas Ekonomi
Jurusan S1 Akuntansi
Universitas Islam Sultan Agung Semarang
   

Siklus pendapatan adalah siklus yang memproses yang berlangsung dengan adanya transaksi penjualan barang atau jasa baik secara tunai maupun kredit, penghapusan piutang, pencadangan kerugian piutang, dan retur penjualan. siklus pendapatan terdiri dari macam-macam sistem informasi akuntansi misalnya :
1. Sistem Penjualan Kredit terdapat berbagai prosedur diantaranya dengan adanya prosedur order penjualan, prosedur penagihan, prosedur pencatatan piutang, prosedur kas produk yang dijual, prosedur persetujuan kredit, prosedur pencatatan penjualan kredit.
2. Sistem Return Penjualan terdapat tiga prosedur didalamnya diantaranya adalah prosedur pencatatan piutang usaha, prosedur pencatatan retur penjualan, prosedur penerimaan barang.
3. Sistem Pencadangan Piutang didalamnya terdapat dua prosedur diantaranya prosedur pembuatan bukti memorial, prosedur pencatatan cadangan kerugian piutang.
4. Sistem Penghapusan Piutang didalamnya terdapat dua prosedur antara lain yaitu prosedur pembuatan bukti memorial, prosedur pencatatan penghapusan piutang.
5. Sistem Penjualan Tunai terdapat banyak prosedur didalamnya antara lain yaitu adanya prosedur penerimaan kas, prosedur pencatatan kas barang yang dijual, prosedur penjualan tunai, prosedur order penjualan, prosedur pengiriman barang.
Tujuan audit terhadap siklus pendapatan untuk memperoleh bukti yang mencakup tentang asersi laporan keuangan yang penting yang menyangkut saldo dan transaksi siklus pendapatan. Didalam siklus pendapatan risiko pengendalian pada umumnya dikarenakan adanya tekanan pada manajemen untuk memunculkan informasi pendapatan yang lebih baik dari entitas lainnya. Selain itu adanya kesalahan dalam audit siklus pendapatan dikarenakan dengan tingginya transaksi dalam siklus pendapatan, standard akuntansi dan klasifikasi akun-akun dalam siklus pendapatan yang tidak pasti memungkinkan terlihatnya risiko pengendlian. Dokumen-dokumen bukti yang sering digunakan dalam memproses transaksi penjualan, khususnya pada kredit antara lain adanya order pelanggan, dokumen pengiriman, buku besar pembantu piutang, jurnal penjualan dan laporan penjualan bulanan, faktur penjualan, daftar harga yang diotorisasi berkas transaksi penjualan, fungsi-fungsi yang terkait dalam transaksi penjualan kredit yaitu pada bagian penerimaan order pelanggan, pencatatan transaksi penjualan, persetujuan kredit, pemenuhan order penjualan, penagihan terhadap pelanggan, dan pencatatan transaksi penjualan.
Sifat siklus pendapatan perusahaan terdiri atas aktivitas-aktivitas yang terkait dalam penukaran barang dan jasadengan pelanggan dan penagihan pendapatan berupa kasuntuk perusahaan barang dagang dikelompokkan terdiri atas transaksi yang terdiri dari siklus pendapatan sebagai berikut:
1. Penjualan kredit yaitu penjualan yang dilakukan dengan hutang
2. Penerimaan kas yaitu adanya penagihan piutan dan penjualan tunai
3. Penyusunan penjualan antara lain dengan adanya potongan, retur penjualan, pengurangan harga, juga piutang tak tertagih( penyisihan dan penghapusan)
Ada 5 kerangka perencanaan program dalam pengujian pengendalian siklus pendapatan antara lain sebagai berikut:
1. Pemahaman Sistem Informasi Akuntansi untuk pelaksanaan transaksi.
2. Penentuan kemungkinan salah saji dalam setiap pelaksanaan transaksi.
3. Penentuan aktivitas pengendalian yang diperlukan untuk mendeteksi dan mencegah salah saji dalam setiap tahap pelaksanaan transaksi.
4. Penentuan dalam prosedur audit untuk mendeteksi efektivitas aktivitas pengendalian.
5. Penyusunan program audit untuk pengujian pengendalian terhadap transaksi.

Sumber: 1. https://www.academia.edu/30613193/Au...lus_Pendapatan
2. https://www.kompasiana.com/desifaks/...alian?page=all


Diubah oleh 31401700086
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di