beritapalestinaAvatar border
TS
beritapalestina
evolusi tuhan bangsa israel kuno



tuhan dengan banyak nama

kadang ia dipanggil yhwh,kadang ia diberi gelar zeh-yhwh(zeh adalah gelar yg biasa disematkan utk dewa oleh org org arab kuno),har-yhwh,kadang disebut jg lord,panggilan yg umum disematkan kepada tuhan tuhan lain yg disembah bangsa kanaan lain(contoh : baal-hadad : lord-hadad),kadang disebut jehovah,juga el,lom termasuk berbagai variannya : elohim,el shadai(kejadian 17),eloah,el-roi(kejadian 16:13),el-bet-el(kejadian 28)el-olam(kejadian 21:34),ditambah ishak jg menyebut tuhannya sebagai "allah ayahku"(pashak ishaq,kejadian 31:42),dan masih byk lagi sebutan lainnya,sebagian mngkn tidak akan anda temukan dialkitab terjemahan bahasa inggris atau indonesia krn penyederhanaan.dari segi literatur, penyebutan nama subyek ini terlalu inkonsisten,terlalu kacau.sementara penjelasan teologi kristen dan yahudi mengatakan
bahwa nama tuhan terlalu suci utk diucapkan,sehingga sebutan sebutan seperti G-o-D atau yhwh bukanlah nama dari Tuhan itu sendiri,sehingga timbullah byk varian sebutan utk Tuhan,dan dogma teologi inilah yg masih dipegang sampai detik ini.meski demikian penelitian sejarah israel sendiri menunjukkan kesimpulan yg berbeda,bahwa adanya evolusi dan sinkritisme dalam proses perkembangan agama bangsa israel yg dinamis sehingga mencapai bentuk seperti yg kita kenal sekarang.

tiga bentuk agama israel kuno menurut S.H.Hooke
 
perjanjian lama penuh perdebatan tentang Tuhan dan karya-Nya.Sehingga didalam tubuh israel sendiri dapat digariskan proses perkembangan dalam pemikiran agama,walau kadang ada kemunduran juga.Agama israel bukanlah sesuatu yg baku dari kelahirannya,namun
namun merupakan proses bertahap pergumulan bangsa israel selama ribuan tahun.Hooke merumuskan ada tiga fase berurutan atau mngkn berlaku serentak sehingga sukar menentukan sebagaimana persisnya hubungan antara bentuk yg satu dengan yg lainnya.ketiga bentuk yg dimaksud adalah :

a.agama para bapa leluhur / theos patroos( ini yg muncul dalam kisah abraham,diucapkan abraham-ishak-yakub )

b.agama suku suku ibrani kuno yg menetap di kanaan dan menganut agama yg merupakan campuran agama para bapa leluhur dengan agama pagan bangsa kanaan lain.

c.agama kaum israel yg mengalami keluaran dari mesir dan pengembaraannya/tersesat di padang gurun.

hooke beranggapan sukar sekali menentukan faktor-faktor yg menyebabkan tiga bentuk agama ini melebur menjadi satu agama resmi israel sekarang(mengenai klaim yg satu ini akan ts bahas nanti).Dengan kata lain hooke menolak prinsip bahwa ada satu bentuk agama israel dari alkitab yg dapat ditunjuk sebagai "bentuk standard".agama israel selalu merupakan proses perkembangan yg mengalami perubahan terus menerus.Memang,setidaknya sebagian klaim hooke mengandung kebenaran : bahwa materi materi yg membentuk agama israel beraneka ragam,namun belum tentunya juga kita bisa lgsg memvonis bahwa kita bisa mengelompokkan dengan batas yg tegas diantara tiga fase tersebut.terutama pengetahuan arkeologi kita
mengenai a dan b masih jauh dari sempurna,meski memang pengelompokan fase a dan b ini menjanjikan dan menarik.mengenai fase c,kita bisa dengan aman mengatakan bahwa fase ini lah yg sukses bertahan sampai skrg didalam tubuh agama israel,dimana pelaksana maupun pengkritik agama israel menyandarkan diri pada bentuk c ini,yaitu agama musa.Ciri khas yg plg menonjol dari agama c ini adalah munculnya yhwh dengan ciri ciri kosmologi khas timur tengah(mesopotamia dan kanaan),yaitu tuhan yg bersemayam di puncak gunung.untuk detailnya akan kita bahas nanti dibawah
 
masa abraham : agama para bapa leluhur ( theoi patrooi/theos patroos ) ?

dalam naskah naskah asyur dan babel kuno(juga tradisi gurun siria-arab dan gurun semit timur),disinggung konsep ilah ilah para bapa leluhur/theoi patrooi,yaitu penyebutan ilah ilah dalam kisah abraham seperti "allah abraham" dan jg ishak yg menyebut "allah ayahku"(pashak ishak)pada kejadian 31:42,dan dan yakub menyebut "abir yakub" ,klaim ini diperkuat dengan kenyataan bahwa alkitab mencatat bahwa abraham berasal dari ur *,kemudian dari pengetahuan yg kita peroleh dari nuzi tablet (abad 15 sebelum masehi) dan mari tablet (abad 18 sebelum masehi,kita mengetahui bahwa abraham(seperti dalam kisah hidupnya dialkitab) menjalankan tradisi tradisi budaya dari mesopotamia : seperti metode cara pengesahan perjanjian ( kejadian 15 ),hak waris kepada budak ,perjanjian pernikahan sekiranya si istri mandul,maka ia harus memberikan budaknya kepada suaminya utk menjadi istri,juga naskah yg mencatat sekiranya si ayah akhirnya mendapatkan anak sendiri,maka semua anaknya(baik dari budak maupun anak dari istri sah) akan mendapatkan hak waris yg sama(ini seperti pergumulan kisah abraham-sara-hagar-ishak-ismail),juga tidak ketinggalan mari teks mencatat tentang theoi patrooi.hukum perdata dan sosial ini dipraktekkan oleh bangsa israel dan di asyur pada periode awal,dan pada zaman selanjutnya menghilang dari kebudayaan israel.



*mengenai abraham,perhitungan tahun alkitab menempatkan masa abraham keluar dari ur adalah di sekitaran tahun 2000 SM,sejarah
mesopotamia menunjukkan bahwa pada era tersebut adalah masa masa yg dikenal sebagai dark ages nya mesopotamia,dimana dinasti ketiga
ur bergejolak mengalami kehancuran ,perperangan,dan kekacauan akibat dinasty akkadia kewalahan membendung serbuan bangsa gutian.
pada masa ini diperkirakan byk orang orang mesopotamia keluar menghindari bahaya,termasuk tampaknya abraham dan nabi luth,namun
kita patut mencurigai apakah nama nama tokoh dalam kisah abraham adalah satu persona atau gelombang pengungsi? apakah haran adalah
nama 1 orang atau gelombang pengungsi dari kota haran? krn nama kota haran ada di mesopotamia seperti persamaan homofon tokoh haran dalam kisah
abraham,begitu juga tokoh tokoh lain dalam kisah abraham :terah,nahor,serug,juga adalah nama kota kota di mesopotamia.
tidak mengherankan apabila kemudian mereka membawa kisah kisah keagamaan mereka(termasuk kisah persona abraham dan keluarganya sendiri)dari mesopotamia yg kemudian diturunkan ke kanaan dan terpatri di ingatan penduduk kanaan kemudian.


adakah unsur tuhan yg satu/ tuhan yg universal dalam konsep theos patroos ?

ada pendapat bahwa pada zaman patriarkh,berbagai allah nenek moyang,yang masing masing disembah oleh tiap marga/keluarga hny lah manifestasi dari satu tuhan saja yg universal/satu,namun pendapat tersebut lemah,kejadian 31:42 dan 53 tidak dapat dianggap membuktikan kesimpulan tersebut.

pergumulan antara theos patroos dengan el,tapi tidak dengan baal

sesudah kelompok suku ibrani ,suku pengembala masuk ke kanaan,mereka lambat laun beradapatasi dan keterlibatan mereka di pertanian semakin meluas,sehingga semakin besar pengaruh adat-istiadat keagamaan dalam praktik praktik sosial terkait pertanian ini.Mereka mengadopsi ibadat batu keramat di betel dan pohon pohon keramat di sikhem dan bersyeba.patut diketahui bahwa pada periode ini lom disinggung "ibadah kepada baal"(ia erat kaitannya dengan pertanian,akan dibahas nanti),sementara ibadah kepada el(pagan kanaan telah menyembah el bh dulu daripada israel) ternyata telah merasuki bangsa israel.knp redaksi alkitab saat itu berkenan kepada el,tapi tidak dengan baal ? mungkin krn El adalah allah pencipta,allah sumber hikmat,dapat dibayangkan bangsa israel hidup semi nomadis,el lbh penting daripada baal(yg erat kaitannya dengan bercocok tanam,akan kita bahas lbh detail nanti),mngkn jg krn kisah abraham mempunyai hubungan yg positif dengan melkisedek raja kota salem(kelak menjadi jerusalem)  yg menyembah el-elyon sehingga menimbulkan kesan el yg baik bagi masyarakat nenek moyang israel saat itu,jadi tidak ada gesekan antara transisi theoi patrooi > el,saat itu sumber sumber tulisan redaktur alkitab sudah ramai mengaitkan para patriakh di kanaan dengan el-elyon di yerusalem(kejadian 14) ,el-roi di selatan(kejadian 16:13),el di sumur lahai-roi(kejadian 24:62,25:11),el-bet-el(kejadian 28),el-olam(kejadian 21:34),el-syadai(kejadian 17 dan sumber imamat).namun baal tidak ikut gerbong kereta transisi damai ini krn rahmatnya sebagai dewa yg berpengaruh penting terhadap bercocok tanam belum lah optimal dimata bangsa israel ,sehingga tampaknya ia tidak terlalu digubris saat ini,termasuk oleh redaktur alkitab.

el dengan warna theos patroos


dewa el-elyon(the most high)

krn theoi patrooi adalah hubungan yg sangat dekat / intim antara manusia dengan tuhannya,maka aroma ini jg mengakar kuat sampai ke masyarakat israel yg telah scr luas menerima el,bahkan kita bisa bilang bahwa warna theoi patrooi ini tetap mengakar kuat sampai periode periode sejarah alkitab berikutnya,unsur theoi patrooi ini sangat kuat sampai menguasai  corak agama el yg primitif itu sendiri ,dan sewaktu yahwisme muncul pada periode kemudian,yahwisme berkembang dengan sangat pesat,namun masih harus menyesuaikan diri dengan bentuk agama/tuhan lain yg telah lbh dulu ada,terlalu naif kita berkesimpulan bahwa yahwisme muncul  dengan halaman yg bersih sehingga bisa langsung membangun suatu bentuk keagamaan tanpa unsur penyesuaian diri dengan agama yg telah ada,misalnya simbol lembu yg dipakai oleh el dan baal pada akhirnya juga dipakai untuk yhwh,meski pada akhirnya mendapat pertentangan dari internal yahwisme sendiri,namun lembu tersebut hanyalah salah satu contoh bahwa percampuran seperti ini sering terjadi dan kadangkala tak terelakkan.

yhwh

Hos 2,13:4,yer  2:1,yeh 20, am 2:10, menunjukkan bagaimana yhwh muncul dengan latar setting lokasi padang gurun.penyusunan sumber elohis dan imamat juga bertolak dari pandangan yg sama,namun pandangan yahwist lbh luas dari itu,bahwa yhwh adalah Allah seluruh umat manusia yg menciptakan bumi,dan ibadah kepada yhwh  didirikan oleh enos,sebagai perwakilan umat manusia pada zaman awal sekali( kejadian 4:26  "Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN" ) pandangan yahwist demikian nampaknya adalah murni pandangan teologis dari yahwist,krn penekanan pertemuan dengan yhwh dipadang gurun terdapat dalam beberapa karangan alkitab yg tidak tergantung satu sama lain,dari situ tampak jelas bahwa pertemuan di padang gurun merupakan unsur yg begitu kuat dalam tradisi israel.

teori keni

timbul pertanyaan mendasar : dari mana nenek moyang bangsa israel mengenal yhwh ? ada satu teori yg sudah diajukan dari dulu sekali,meski sukar dibuktikan :yhwh dikenalkan oleh kaum keni kepada nenek moyang bangsa israel.dalam alkitab dikisahkan musa slth membunuh orang mesir kabur ke midian/keni dan bertemu dengan jehtro,tinggal lama di sana dan menikahi anak perempuan jethro.dalam masa pra sejarah israel(kejadian 1 - 11 ),nama kain ( yg memang dianggap nenek moyang suku keni ) dikaitkan dengan nama yhwh.Dapat juga kita mengajukan fakta bahwa dalam dokumen dokumen kuno nama yhwh berkali kali dikaitkan  dengan sinai,bahkan ia diberi gelar "zeh-sinai",yang berarti "penguasa sinai" ( hakim 5:5,mazmur 68:9 ),igelar ni memberi kita petunjuk,krn sepengetahuan arkelolog kita sejauh ini gelar "zeh" atau "zu" hanya dikenal didunia arab utk tuhan tuhan dan agama di padang gurun.bukan hanya elohis,yahwist dan pengarang pengarang sejarah pada kemudian,namun juga penyair penyair kuno israel mengaitkan nyanyian kemenangan seperti hakim 5 dan mazmur 68:8 dengan tradisi sinai,memang nyanyian2 tersebut tidak menghubungkan langsung dengan peristiwa keluaran musa,namun memperkenalkan "zeh-sinai" sebagai Allah yg membela dan mendukung israel,jadi tampaknya memang teori yhwh sebagai allah yg dikenal bangsa israel dari padang gurun memang cukup meyakinkan,meski kisah keluaran/eksodus musa sendiri tidak menyakinkan sama sekali.jadi dari mana kisah musa berasal?

merubah ekspektasi kita memandang alkitab

memang alkitab dihantam kritik bertubi tubi dari halaman pertama sampai halaman terakhir,mayoritas tokoh tokoh alkitab dituduh tidak pernah ada,kebanyakan narasi alkitab pun dituduh sebagai mitos alih alih historis,namun diluar alkitab meminjam mitos kanaan ataupun mitos2 tetangga nya yg lain seperti mesir atau Mesopotamiahal yg kita bisa nilai secara serius adalah ada pesan yg ingin bangsa israel sampaikan dibalut mitos dan peristiwa historis yg mereka hyperbola kan : kita mngkn mengkritik klaim alkitab bahwa raja hizkiah diselamatkan oleh malaikat yg membantai 126.000 pasukan asyria dalam satu malam sehingga pasukan senacherib kalah dan mundur,tapi melihat dari sisi raja senacherib/asyiria,ia justru mengklaim bahwa pasukannya mengurung hizkiah sehingga hizkiah menyerah ,memberikan sebagian warganya utk diperbudak,musisi2nya,upeti,bahkan tampaknya anak perempuan hizkiah diserahkan utk senacherib sebagai jaminan,meski klaim2 kemenangan kedua belah pihak bertentangan,namun satu hal yg pasti,event tersebut dikonfirmasi alkitab maupun senacherim prism,sehingga bisa kita bilang scr meyakinkan bahwa event tersebut memang terjadi,terlepas dari klaim siapa yg benar dan apakah ada mukjizat malaikat turun disana.kita juga bisa melirik kepada kisah bangsa israel yg dibuang di babylonia yg tercatat dialkitab kemudian dipulangkan oleh cyrus..apakah hal ini benar terjadi? ya,kedua belah pihak mengkonfirmasinya,meski cyrus mendedikasikan perbuatannya utk marduk,bukan utk yhwh seperti klaim alkitab,sekali lagi kita tidak usah memusingkan klaim siapa yg benar,yg kita tau event itu memang terjadi,begitu saja.lantas bagaimana dengan kisah musa? kita pun bisa memberi perlakuan yg sama utk kisah musa..krn memang tidak ditemukan bukti historis kisah musa beserta mukjizat2nya,dan membahas maupun mencarinya hny akan membuang buang waktu kita,arkeolog dan teolog kita telah membuktikannya selama ribuan tahun.turunkan saja ekspektasi kita hny sebatas : 

"apakah nenek moyang bangsa israel memang berasal dari mesir?terlepas dari benar tidaknya kisah musa?"



teori hyksos

kisah musa menjadi kisah alkitab yg plg sering diserang kritikus,bukan berarti kisah kisah alkitab lain lbh meyakinkan dibanding kisah keluaran (exodus) musa,hanya saja kisah musa melibatkan satu kerajaan mesir beserta jumlah manusia yg sangat banyak,menurut arkeologi tidak mungkin kisah se spektakuler seperti itu hilang tak berbekas tidak meninggalkan jejak arkeologi,terlebih lebih di iklim padang gurun kanaan dan mesir yg kering yg merupakan kondisi terbaik didunia dalam hal mengawetkan artefak artefak arkeologi.salah satu upaya yg dicoba adalah mencocokkan timeline alkitab dengan historis mesir,namun ini memberi hasil yg nihil utk kisah musa,namun ditemukan sebuah kisah eksodus besar lainnya pada masa ini, yaitu terusirnya hyksos dari upper egypt..hyksos adalah bangsa asing ,diduga dari asia barat yg datang mengambil alih mesir bagian atas.hyksos bukanlah satu suku bangsa,sebaliknya mereka adalah campuran dari berbagai suku bangsa,mesir menyebut mereka heqa khasut(hyksos) yang artinya penguasa asing,dewa populer yang mereka sembah adalah dewa hadad,salah satu dewa kanaan yang populer,mereka adalah orang semit,atau setidaknya sebagian diantara mereka semit,begitu jg dengan sebagian raja raja mereka yang bernama semit.mereka pada akhirnya terusir oleh pharaoh ahmose (ah-mose = moʊzɪz(Ibrani) = moses?) untuk menyatukan lower egypt dan upper egypt,berakibat terusnya ratusan ribu hyksos dari mesir,sebuah jumlah eksodus raksasa meski tidak sebesar eksodus musa.ada sumber tulisan menarik mengenai peristiwa ini,yaitu tulisan manetho yang menjuluki hyksos sebagai raja penggembala(hyksos memang bangsa nomad atau setidaknya semi nomaden yang tentu mengandalkan mengembalakan ternak,hal ini sesuai dengan ciri bangsa Israel yang pada awal kedatangannya ke kanaan dengan sifat nomaden dan mengandalkan ternak,akan dibahas nanti lbh detailnya).manetho menulis seperti ini berdasarkan josephus :


These people, whom we have before named kings, and called shepherds also, and their descendants,” as he says, “kept possession of Egypt five hundred and eleven years…” (1:84) “After this composition was made, (=the Hyksos surrender to the Egyptians in return for safe passage back to Canaan,) they went away with their whole families and effects, not fewer in number than two hundred and forty thousand. They took their journey from Egypt, through the wilderness, for Syria: but that, as they were in fear of the Assyrians, who had then the dominion over Asia, they built a city in that country which is now called Judea, and that large enough to contain this great number of men, and called it Jerusalem. (1:89-90)




teori ini menimbulkan pro dan kontra sampai skrg,mulai dari josephus (dalam bukunya againts apion) sampai perdebatan moderen,namun satu hal yg pasti eksodus hyksos jg dikonfirmasi oleh autobiografi pharaoh amose sendiri,sehingga bisa kita bilang kisah ini aktual.lantas sejauh mana hyksos pergi kemudian? catatan terakhir ahmose mencatat hyksos terakhir bertahan di wilayah gaza skrg.kemudian slth kekalahan disana eksodus sebesar itu menghilang dari sejarah,alternatif mereka tidak byk,antara ke kanaan atau paran(arab),kita hny bisa menduga duga apakah mereka memang nenek moyang bangsa israel yg masuk ke kanaan "akibat ulah musa"? yg jelas 300 tahun kemudian pharaoh ramesses II mencatat adanya bangsa shasu yg tinggal dikanaan sering membuat ulah merepotkan mesir,menariknya ramesses II menyebut mereka "shasu of yhwh" yg bisa berarti "bangsa shasu yg menyembah yhwh" atau "bangsa shasu yg berasal dari tanah yhwh(canaan)",kalau ts tidak salah ingat ini adalah teks eksternal(non israel) tertua yg menulis tentang yhwh




Diubah oleh beritapalestina 14-05-2019 06:32
tuhanparadewaAvatar border
saktihikariAvatar border
dellesologyAvatar border
dellesology dan 5 lainnya memberi reputasi
6
8.6K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan