alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Darurat Sampah Plastik, Cobain Langkah Sederhana Ini Yuk!
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ccfb63faf7e932a861cb490/darurat-sampah-plastik-cobain-langkah-sederhana-ini-yuk

Darurat Sampah Plastik, Cobain Langkah Sederhana Ini Yuk!


Salah satu hal yang membuat publik semakin tertampar akan bahayanya sampah plastik terhadap kerusakan lingkungan, mungkin adalah dengan peristiwa kematian paus di perairan wakatobi pada tahun 2018 lalu. Saat perut ikan tersebut dibedah, nggak disangka jika ditemukan sampah plastik sebanyak 5,9 kilogram dalam organ paus yang malang tersebut.

Darurat Sampah Plastik, Cobain Langkah Sederhana Ini Yuk!

Konon, para peneliti dan pecinta lingkungan menduga jika penyebab utama kematian satwa laut tersebut adalah sampah plastik yang ikut termakan dan tidak bisa dicerna oleh perut paus tersebut. Banyaknya sampah plastik yang tersebar di perairan laut sebenarnya juga nggak terlepas dari meningkatnya jumlah sampah plastik dari tahun ke tahun yang digunakan oleh umat manusia.

Pada tahun 1950, data dari ScienceMag menyebutkan jika produksi sampah plastik dunia pada tahun tersebut mencapai 2 juta ton per tahunnya. Kemudian 65 tahun sesudahnya, atau pada tahun 2015, produksi sampah sudah meningkat sebanyak 381 juta ton per tahun. Miris banget ya Gan Sis! Karena angka tersebut meningkat sebanyak lebih dari 190 kali lipat dengan rata-rata peningkatan sebesar 5,8 ton per tahun!

Darurat Sampah Plastik, Cobain Langkah Sederhana Ini Yuk!

Plastik merupakan bahan yang sulit sekali untuk terurai, bahkan hingga mencapai 70 tahun sesudahnya. Limbah plastik ini pun juga bisa menimbulkan efek domino terhadap lingkungan. Karenanya, jika bisa, mending kita cobain yuk Gan untuk lebih bijak dalam menggunakan plastik. Mungkin Agan Sista yang ingin mencobanya bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini, cekidot Gan Sis!


Quote:


Emang sih kita nggak bisa secara langsung dan instan membuat perubahan besar demi memperbaiki kerusakan lingkungan. Namun, hal tersebut bisa dimulai dari hal yang kecil misalnya dengan memulai dari diri sendiri. Karena sudah saatnya kita sadar gimana pentingnya menjaga keseimbangan alam, terutama untuk generasi penerus Gan!

Atau mungkin Agan Sista juga punya cara sederhana lain yang juga bisa digunakan untuk upaya mengurangi sampah plastik ini? Share dong Gan Sis, komengg boleh!


profile-picture
profile-picture
d.l.may dan makola memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ane tambahin gan.

Jangan beli minuman gelas cup macam setarbuk, capcin, jus buah.

Demi kenikmatan 5 menitmu, ente hasilin sampah 1 cup 1 straw
siap, 3 langkah di atas udah ane laksanakan. tambahan lagi, biasakan bawa tumbler atau tempat minum sendiri dan kalau bisa hindari yg berbahan dasar plastik. sudah saatnya kita lebih peduli dengan bumi di mana tempat kita tinggal.
Quote:


Sampah plastiknya, disimoan dalam botol plastik. Kalo udah banyak, bisa dimodif jadi benda fungsional. Ecobrick, misalnya.
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
No.1 udah ane terapin tiap ke pasar dan mini market
Kreasikan sampah plastik menjadi kerajinan tangan. Bisa buat hiasan rumah atau dijual.
Yeay dapat duit emoticon-Ultah


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di