CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cc992c882d495798f3bbce3/macam-macam-tanaman-holtikultura-bernilai-ekonomis-tinggi

Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)

Apa kalian tahu apa itu tanaman holtikultura? Nama holtikultura di ambil dari bahasa latin yaitu hortus  yang artinya tanaman kebun dan cuktura yang berarti berbudidaya. Jika di komplikasikan tanaman holtikultura bisa kita artikan sebagai berbudidaya tanaman kebun.

Secara umum, tanaman ini juga bisa diartikan sebagai tanaman yang memiliki scope lokasi yang lebih luas, salah satunya yaitu produksi pertanian tradisional maupun modern.

Sehingga, tanaman holtikultura adalah tanaman yang meproduksi budidaya perkebunan, seperti budidaya buah-buahan dan juga sayuran.  Jikan kamu sangat suka berkebun, tidak ada salahnya komu mencoba berbudidaya tanaman holtikultura ini untuk di rumah.


Macam-macam bawang 
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
Tanaman holtikultura yang sangat mudah untuk kamu coba di rumah yaitu seperti daun bawang, bawang merah, dan juga bawang putih. Karena tanaman bawang sangat cepat  untuk beradaptasi terhadap iklim kering dan sinar matahari.

Tanaman cabai
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)

Ketika kamu mempunyai tanaman holtikultura ini di rumah, kamu sudah tidak perlu cemas lagi jika sewaktu-waktu harga cabai naik. Membudidayakanyapun tidak memerlukan lahan yang berhektar-hektar cukup dengan mengunakan media polybag atau pot bunga.

Karena cabai sangat mudah sekali untuk beradaptasi dengan iklim yang ada di indonesia yang sangat panas. Namun kamu juga harus rutin untuk menyiraminya supaya tidak kering. Selain itu kamu juga harus menambahkan kapur agar kondisi tanah semakin subur dan pH tanahpun semakin ideal.


Tanaman tomat
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang banyak sekali di coba di kalangan masyarakat. Tomat sendiri merupakan tanaman yang sering kali di konsumsi masyaratakat sebgai sayuran atau buah-buahnya.

Nutrisi yang terkandung dalam tanaman tomat ini sangatlah banyak, tanam ini juga sering dijadikan sebagai bahan penyedap masakan, dan juga biasa di hidangkan sebagai makanan pencuci mulut.

Selain itu banyak juga yang mengunakan tomat sebagai bahan dari obat-obatan tradisional yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena kaya akan nutrisi.

Ada beberapa jenis tomat yang dapat dijadikan sebagai tanaman hortikultura. Namaun hal terpenting yaitu ketika kamu memilih kualitas bibit tomat. Jadi, pastikan bibit tomat yang kamu pilih memiliki jenis bibit yang unggul dan juga baik.

Sayur sawi

Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
Sayi merupakan salah satu tanaman yang menjadi favorit para pembudidaya tanaman di indonesia. Walaupun tanaman sawi ini bukan tanaman asli indonesia, namun tanaman ini sangat cocok untuk ditanam dengan iklim cuaca yang ada di tanah kita.

Selain itu sawi juga tahan terhadap huja, cuaca panas, dan juga sifatnya yang mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Dan untuk menanam taman hortikurtula ini juga cukup mudah, seperti tanaman pada umumnya siapkan lahan untuk mengelolah, siapkan benih, menanam, memupuk, dan juga memeliharanya dengan baik secara rutin.

Daun pandan

Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
Siapa yang tak kenal dengan tanaman hortikultura yang satu ini dengan wanginya yang sangat khas. Daun panda memiliki banyak sekali kegunaan bahkan manfaatnya seperti untuk bahan penyedap rasa, mengobati sakit perut, menambahkan nafsu makan, menjaga daya tahan tubuh, dan juga menghilangkan bau tak sedap pada tubuh.

Untuk membudidayakan tanaman ini cukup mudah, dengan menyediakan sepetak lahan atau pot dan di tempatkan ketempat yang teduh dan juga mudah untuk kita sioram setiap harinya. Daun panda juga bisa kita jadikan sebagai tanaman hias rumah juga lho!!

Kangkung

Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
Kangkung merupakan salah satu tanaman hortikultura yang sangat mudah untuk kamu tanam di rumah lho! Hanya butuh waktu yang singkat 4-6 minggu setelah proses pembenihan kamu sudah bisa untuk memanen tanaman kangkung yang sangat lezat ini.

Selain itu, untuk menghasilakn kangkung yang sehat, bergizi dan juga tumbuh dengan lebat. Anda harus selalu memperhatikan pemberian pupuk hidroponik yang berkualitas tentunya.


Lidah buaya
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)

Lidah buaya juga sanga cocok sekali untuk anda tanam di sekitar rumah. Karena proses perawatanya sangatlah mudah dan hampir sama dengan daun panda yang minim aka perawatan.
Hanya cukup menaruhnya di tempat yang teduh, namun untuk meletakkanya harus yang terkena sinar matahari supaya pertumbuhanya bisa berkembang dengan baik/subur.

Selain bentuk dari lidah buaya yang sangat menarik dan unik, tanaman ini juga banyak sekali akan manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga banyak di manfaatkan sebagai minuma dingin atau es lidah buaya.

Jadi bagai mana apakah anda sudah tertarik untuk menanamnya? Yuk tanam tanaman hortikultura di rumah anda masing-maing ya!

Sumber : https://andromeda21.com


silahkan kunjungi website di atas untuk mendapatkan info-info menarik lainya yang terupdate dan juga teruktual. terimakasih semoga dapat bermnafaat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arhaviolet dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Ane lagi tertarik bener nanem pohon kelor nih gan, gimana cara nanem dengan cara stek dari batangnya langsung ya .. soalnya batang yg ditancepin ke media tanamnya selalu busuk meskipun tidak sampai terlalu basah, udah pada keluar tunas lalu daunnya menguning dan layu deh emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Lihat 1 balasan
untuk pemilihan cabang atau ranting usahakan yang agak besar gan, jangan terlalu kecil minimal berdiameter kurang lebih sekitar 1 hingga 2 cm.. terus untuk ukuran keratanya kurang lebih 30 cm dan bikin keratan melingkar dengan lebar 2,5 cm.. tunggu 2 - 3 bulan hingga terlihat kalus pada keratin yang agan buat.

namun agan juga harus tahu kalau stek cabang yang berkualitas akan sangat berpengaruh untuk mempercepat proses bertumbuhnya akar di banding stek yang tidak berkualitas.
profile-picture
itkgid memberi reputasi
selalu dibutuhkan setiap hari
Quote:


Maksud dari "tunggu 2-3 bulan sampai terlihat kalus) itu apanya gan

emoticon-Malu
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
bawang tuh harganya mahal wkwk , rata rata petani bawang di daerah ane uangnya banyak banyak wkwkwkw
emoticon-Jempol
vanili juga katanya harganya tinggi ya?
dulu taneman macem lidah buaya, daun pandan ama cabe tumbuh subur di rmh ane pdhal kaga pernah nanem.. bisa tumbuh gitu ajaa
ganja gan.
profile-picture
keympas memberi reputasi
yg masih baby katanya emang lagi dicari tuh ya gan, emang lebih gurih sih emoticon-2 Jempol
Diubah oleh TheGaruda
wah berasa belajar lagi pelajaran esde nih. tanaman holtikultura.
ane lupa sama sekali dong apa aja macemnya wakkakakaa ternyata pelajaran esde bisa juga diterapin di kehidupan sehari-hari emoticon-Ngakak
mayan tuh nanem taneman holtikultura. bisa hemat budget juga kan, tinggal metik. apalagi kan hasil dari taneman holtikultura tuh hampir dibutuhkan setiap hari buat masakan
Lihat 1 balasan
pas baca judul kirain macam gelombang cinta gt gan hahaha

ternyata, bisa juga ya tanaman2 inj bernilai bgt ya
Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
identitylost dan nowbitool memberi reputasi
dibelakang rumah ane banyak bre
Berkebun SAFFRON aja gan, harganya setara emas emoticon-Matabelo

--------------

tapi sebelum itu mendingan jogeeet duluu...
yihaaaaaaa....aweuuugg aweuuggh..goyaang terus sriii...

Macam-Macam Tanaman Holtikultura (bernilai ekonomis tinggi)[/
Diubah oleh fellgrey
Lihat 1 balasan
lagi pengen seting nanem holtikultura di lahan sempit, pake metode apa yang cocok
Lihat 1 balasan
Kecuali pandan & lidah buaya, semuanya ane pernah nanam dulu di halaman rumah
Lihat 1 balasan
ane typical org yg denem nanem2 entah pohon hias di taman ato sayur mayur macem ini. dari sini keluarga ane dirumah pnya warung hidup yg ditanami cabe, sawi, b.merah, kangkung, tomat sm daun pandan. Asik aja gt pnya pekarangan yg bisa mencukupi kebutuhan harian emoticon-heart
profile-picture
profile-picture
diehard57 dan nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


pake metode vertikultur gan, mau pake pipa atau plastik bekas
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di