alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau merchandise menarik? Isi survey ini aja Gan!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Takdir di Tangan Tuhan, Tapi Kualitas Manusia Ditentukan pada 1000 HPK
4.85 stars - based on 13 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cbec421e83c727fbe52163f/takdir-di-tangan-tuhan-tapi-kualitas-manusia-ditentukan-pada-1000-hpk

Takdir di Tangan Tuhan, Tapi Kualitas Manusia Ditentukan pada 1000 HPK

Takdir di Tangan Tuhan, Tapi Kualitas Manusia Ditentukan pada 1000 HPK

Selamat datang Gan! Mimin kali ini akan membahas mengenai informasi yang sangat penting dan genting wahai agan sekalian.. Karena ternyata bukan sulap bukan sihir, inilah salah satu faktor penting untuk menjadikan anak berkualitas. Kualitas manusia tersebut ditentukan pada seribu hari kehidupannya, sudah pasti ini jadi hal menarik dan penting banget untuk diketahui seluruh penghuni jagad raya KASKUS. Khusus buat GanSis yang baru jadi Bapak/Ibu atau Kaskuseryang sedang merencanakan untuk punya momongan, pastinya nice inpoh nih, jadi mari kita lanjut scroll kebawah..

Di dunia ini, aset paling penting itu ada disumber daya manusianya,jadi ga heran kalau pemerintahkita pun gencar banget menyerukan dan mengupayakan peningkatan kualitas SDM. Salah satunya lewat program 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK), karena kualitas manusia ditentukan mulai dari awal janin bertumbuh di dalam tubuh seorang ibu.

1000 HPK itu apa sih, Gan?
Istilah 1000 HPK sebenarnya mulai diperkenalkan sejak 2010 gan, tepatnya ketika mulai dicanangkan Gerakan Scalling-up Nutrition di tingkat global. Sebuah upaya memberi perhatian khusus kepada ibu hamil sampai anak usia 2 tahun, terutama dari segi kebutuhan pangan, kesehatan, dan gizinya. 1000 HPK sering juga disebut sebagai periode emas masa tumbuh kembang yang dimulai dari terbentuknya janin dalam kandungan sampai dengan anak berusia 2 tahun. Nah, pada periode ini otak dan tubuh bayi lagi berkembang pesat-pesatnya nih gan, makanya kalau kejadian masalah gizi dan nggak dipenuhi asupan nutrisinya ngaruh keperkembanganotak dan tubuh bayi. 
 
Kenapa 1000 HPK Ngaruh ke Kualitas Manusia?
Pada periode emas ini ibu hamil kudu berjuang keras menjaga asupan nutrisinya agar pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan janinnya optimal. Gagal tumbuh pada periode 1000 hari pertama kehidupan bakal mengakibatkan gangguan pertumbuhan fisik, seperti resiko stunting (info lengkap stunting bisa baca di sini).
Ingat baik-baik gan, berat badan bayi saat dilahirkan itu normalnya nggak kurang dari 2500 gram, dan panjang badan bayi nggak kurang dari 48 cm. Inilah alasan kenapa setiap bayi yang baru lahir biasanya bakalan ditimbang berat dan diukur panjang tubuhnya, Agan Sista dulu pas baru lahir ditimbang atau diukur nggak? emoticon-Cool

Gimana Caranya Memenuhi Asupan Gizi di 1000 HPK?
Cara yang ditempuh untuk optimalisasi pada 1000 HPK, bisa dilakukan beberapa hal berikut :.
1.    Ibu Hamil Wajib Rajin Konsumsi Tablet Penambah Darah 
Anemia yang diderita ibu hamil bisa berakibat mengalami gangguan asupan gizi sehingga janin yang dikandungnya pun jadi kekurangan gizi yang beresiko melahirkan bayi stunting. Makanya nih gan, ketika masa hamil penting untuk mengkonsumsi tablet tambah darah secara rutin. Soalnya, TTD ini kan memang kaya akan zat besi dan asam folat sehingga bisa mencegah anemia pada ibu hamil.
Takdir di Tangan Tuhan, Tapi Kualitas Manusia Ditentukan pada 1000 HPK

 
2.    Gaya Hidup Bersih & Sehat
Sista perlu ingat nih dan agan-agan juga kudu catat baik-baik agar nanti bisa ngingetin pasangannya emoticon-Big Grin. Banyak hal yang bisa dilakuin untuk menjalani cara hidup bersih dan sehat, contohnya dengan imunisasi lengkap ketika bayi sampai balita demi daya tahan tubuh yang kuat emoticon-2 Jempol. Lalu, hal yang paling gampang adalah selalu membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah melakukan suatu aktivitas atau sebelum melakukan aktivitas (utamanya sebelum makan yah, Gan.. emoticon-Big Grin).
Takdir di Tangan Tuhan, Tapi Kualitas Manusia Ditentukan pada 1000 HPK

 
3.    Lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
Ini bisa dilakukan pada 1 jam kehidupan pertamanya setelah dilahirkan ke dunia, bayi wajib mendapatkan kesempatan untuk melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Cara memberikan IMD adalah dengan meletakkan bayi baru lahir pada dada atau perut sang ibu GanSis, agar nantinya bayi akan secara alami bisa mencari sendiri sumber air susu ibu (ASI) dan kemudian menyusu. 
 
4.    ASI Eksklusif 
Salah satu usaha yang bisa ditempuh berikutnya adalah dengan memberikan ASI ekskulif kepada bayi sejak lahir sampai berumur 6 bulan. Nah, buat agan-agan juga penting agar selalu mendukung  istri tercinta agan-agan sekalian agar memberikan ASI secara eksklusif. Kenapa kok harus ASI Eksklusif? Soalnya gini nih gan, kandungan faktor protektif dan nutrien yang ada di ASI bisa menjamin status gizi bayi menjadi baik, plus  ASI pun juga bisa melindungi bayi dari penyakit infeksi. Kolostrum punya kelebihan karena kandungannya memiliki zat kekebalan 10-17 kali ketimbang susu matang.
 
5.    Lanjutkan ASI Sampai 2 Tahun
Meskipun pemberian ASI Eksklusif sudah dilakukan tapi nggak berhenti disitu aja lhoo.., berikutnya agar tetap melanjutkan menyusui ASI sampai anak berusia 2 tahun. Sekedar info tambahan nih gan, kalau pada fase ini buah hati akan mengenal makanan pendamping air susu ibu (MPASI). 
Jadi guys, sebagai Orang tua maupun calon orang tua bagi anak-anak kita nanti, mari terus dukung program pemerintah 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK).

Karena denganmeningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil pada periode emas, maka diharapkan akan didapatkannya generasi penerus yang lebih produktif sehingga bisa memajukan kualitas generasi muda yang akan berdampak pada peningkatan SDM Negara kita nih guys.. 

*Artikel ini merupakan kerja sama antara Kaskus dan Ditjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam rangka edukasi 1000 HPK, demi masa depan ibu hamil, bayi, dan generasi muda Indonesia yang berkualitas.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
menjadi generasi yang oke
Quote:


emoticon-2 Jempol
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
min ada kasplus gratis ga? emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
🤲🤲🤲🤲🤲🤲
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan aha49 memberi reputasi
gak pernah minum asi emang bikin kurang cerdas kah emoticon-Confused
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
Standman
profile-picture
profile-picture
aripmuh dan harmagedon77 memberi reputasi
baru denger nih ane, mantap infonya bray emoticon-Cendol Gan
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
pantesan ane berkualitas emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan yueda memberi reputasi
anak anak sekrang dah mirip macam sapi aja, ... karena minum nenen sapi, ... coba minum nenen tikus kucing ayam ular macan dsb, dijamin .... anak anak pasti bakal mirip 12 macam shio ...
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan 2 lainnya memberi reputasi
sedih banget gak bisa asi ekslusif kemarin dan gak bisa IMD...emoticon-Frown ...habis operasi kayak teler berat gak bisa bangun akhirnya anakku dikasih susu formula dan berlanjut beberapa hari. Tapi alhamdulillah cuma sebulan aja. Sampe sekaranf umur 6 bulan minum ASI terus. Doi gak mau susu formula...seneng banget emaknya ini...emoticon-Peluk
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
Wah syukur anak ane lebih dr itu berat lahirnya
profile-picture
profile-picture
harmagedon77 dan kodoki memberi reputasi
kasih yang terbaik buat anak
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
Asi eksklusif sampai 6 bulan. Yes.
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi

Materinya bagus gan, makasih udah share... 👍
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
Diubah oleh andridaniel
nais inpo gan. emoticon-Jempol
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
nambah pengetahuan emoticon-thumbsup
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
mantab
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
setelah lewat 1000 hari ortu udah lepas tangan, tau2 anak bisa maki2, anak bisa nyari file bokep, kehidupan anak dititipin sekolah ama pembantu
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
ninggalin jejak dulu ah, buat nanti2.
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
Rajin Minum ASI biar gak beresiko sinting. Eh stunting maksud ane.
profile-picture
harmagedon77 memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di