Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Alfrida303Avatar border
TS
Alfrida303
Laporan Pandangan Mata Ane Di TPS 009
Laporan Pandangan Mata Ane Di TPS 009

     
Halo gan sis apa kabarnya?

Ketemu lagi dengan ane disini, kaskuser newbie yang mencoba menyalurkan hobi ane menulis di sela – sela menyusun tugas akhir yang rumitnya minta ampun, sampai – sampai kepala ane masih puyeng gan sis. syukur ane udah ujian proposal dan sementara dalam tahapan revisi. Doakan ane yah gan sis semoga tahun ini bisa meraih gelar sarjana dan wisuda.

Setelah menunggu bermingu – mingu akhirnya pesta demokrasi pemilihan umum 2019 telah selesai dilaksanakan. Kali ini thread ane membahas tentang suasana pesta demokrasi di TPS ane memilih. yuk disimak gan sisemoticon-Traveller

Ini adalah pemilu kedua yang ane ikuti setelah sebelumnya pemilihan kepala daerah di kabupaten ane. TPS 009 Desa Magani , Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur disini ane dan keluarga menyalurkan hak pilih.  Tempat pemungutan suara ini berdekatan dengan sekolah dasar dan kantor desa.

Sejak pagi beberapa warga berduyun – duyun menuju lokasi tempat pemungutan suara, beberapa orang tua membawa selembaran kertas berisi tulisan nama partai,nomor urut caleg dan nama caleg yang akan mereka pilih. Hal yang sama juga dilakukan bapak dan ibu ane, sedari malam mereka telah mempersiapkan semuanya. Duduk di teras rumah mereka berdiskusi mengenai calon yang akan dipilih nanti ketika berada di bilik suara agar tidak lupa. Hal yang sama sebenarnya iya saranakan ke ane tapi ane iyakan saja.

Bapak dan ibu ane memilih lebih dulu ke TPS karena melihat berita di televisi antrian pemilih yang sangat panjang, untuk itu iya mengikuti saran si pembawa acara berita itu untuk datang di pagi hari agar tidak mengantri. Ane dan 2 saudara ane menyusul kira – kira dua jam berikutnya. Ane masih malas – malasan di ranjang setelah menempuh 9 jam perjalanan menggunakan bus dari Makassar ke Sorowako.

TPS tempat ane memilih lumayan jauh dari rumah kira – kira 2 kilometer jaraknya. Ane dan 2 saudara ane memilih untuk berbonceng ala cabe – cabean alias gandeng tiga menyusuri jalanan desa yang becek karena hujan semalam. 20 menit perjalan akhirnya kami tiba dengan selamat di TPS. Kerumunan warga menyambut kami, ada yang sementara melihat papan berisi daftar pemilih tetap sambil mencari nama mereka, adapula yang melihat – lihat contoh kertas surat suara yang di tempel panitia sembari melihat juga calon yang akan dipilih dengan mecocokkan kertas contekan yang disiapkan dari rumahnya.

Antrian di TPS ane lumayan panjang juga siang itu, ane tak tahu pasti berapa jumlah daftar pemilih tetap yang memilih di TPS ini. Tapi dari perkiraan ane sih sekitaran 200 an gan sis. TPS ini seperti tempat reuni menurut ane, teman sekolah yang lama tak jumpa akhirnya bisa berjumpa di tempat ini, ada juga guru – guru ane dari taman kanak – kanak hinga sekolah menengah atas yang sempat ane temui.

Dari pagi hingga sore TPS ane suasananya aman terkendali, polisi pun hanya duduk santai sambil menikmati segelas kopi dan sebatang rokok. Tak ada satupun insiden yang mengganggu jalannya proses pemilihan. Semua masyarakat saling menjaga satu sama lain meskipun beda pilihan.

Itulah laporan singkat dari TPS ane yang sempat terekam oleh mata ane. Sayangnya tak ada foto yang ane perlihatkan untuk gan sis semua karena faktor kelupaan, mohon maaf yah gan sisemoticon-Sorry. sekian thread ane sampai jumpa di thread ane selanjutnya. byeemoticon-Angel


anasabilaAvatar border
anasabila memberi reputasi
1
366
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan