alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ketika banjir, knalpot masuk air, jangan panik!..
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb45cbb8d94d076f26c6cda/ketika-banjir--knalpot-masuk-air-jangan-panik

Ketika melintasi banjir, knalpot masuk air, jangan panik!..

Banjir saat musim penghujan tiba sepertinya sudah menjadi langganan tetap di indonesia, terlebih masyarakat yang tinggal di perkotaan seperti jakarta dan kota-kota besar lainnya. setiap kali banjir melanda selalu menyisakan masalah, seperti kerusakan pada bahu jalan, sampai tingkat terparah yaitu lumpuhnya aktivitas di sekitar area.

Ketika banjir, knalpot masuk air, jangan panik!..

Masalah lain yang selalu menjadi kekhawatiran orang saat musim penghujan adalah, masuknya air ke dalam knalpot (exhaust) baik saat sedang terparkir maupun saat berjalan. Knalpot merupakan saluran buang dari masin, artinya knalpot terhubung langsung dengan komponen dalam masin. Bagaimana jadinya bila air masuk ke dalam mesin lewat knalpot ketika banjir melanda? apakah terjadi pada masalah pada bagian masin atau kelistrikan?

Dikutip dari Inews.id,  Pemilik bengkel Ardi's Motor Depok, Adi Luna mengatakan, bila air masuk kedalam knalpot, akan berpengaruh terhadap tarikan mesin terasa berat, Namun anda tidak perlu terlalu panik.

"kalapuun air masuk ke dalam knalpot, Sebenarnya tidak perlu di khawatirkan terutama kondisi mesin menyala, karena dia sifatnya mendorong air keluar, saat di temui iNews, di Cenere, Depok, Jawa Barat.

Lalu bagaimana bisa tenaga mesin terasa berkurang, Ardi kembali menjelaskan, kemungkinan air yang masuk akan terbendung sedikit di Catalyc converter, tabung bagian knalpot yang bereada di tengah bodi mobil.

Pada bagian tersebut terdapat material berlubang yang normalnya berfungsi sebagai penyaring gas buang, dan justru menjadi tempat menampung air. Namun seiring pemakaian genangan air akan menguap karena panas gas buang.

Ketika banjir, knalpot masuk air, jangan panik!..

Cara mengatasinya cukup tekan gas agar air tersembur keluar dan cepat menguap. Justru yang perlu dikhawatirkan bukanlah knalpot, akan tetapi bagian kelistrikan dan saluran hisap udara untuk pembakaran. Terlebih jika posisinya rendah & genangan air cukup tinggi. Kata Ardi.
Bila hal demikian terjadi, air bisa saja masuk ke ruang pembakaran dan akan bercampur dengan oli mesin. Hal ini bisa saja menyebabkan oli menjadi warna putih. Bila sudah seperti ini, segera lakukan pergantian oli dengan yang baru.


Hal Lain yang Harus di perhatikan

Ketika membenarikan melintasi genangan air yang cukup tinggi, maka pastikan terlebih dahulu posisi ECU lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan air. Bila posisi ECU lebih tinggi dengan genangan air, resiko terjadinya korsleting akibat komponen listrik yang terkena air  bisa ditekan.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, komponen listrik lainnya seperti alternator, soket, sekring, injektor, kabel, dan relay. Biasanya komponen - komponen tersebut dilengkapi dengan perlindungan air agar terhindar dari air. Walaupun terlindungi, anda harus memastikan secara langsung bahwa kondisi komponen tersebut dalam keadaan baik setelah banjir.


Pada bagian mesin, anda juga perlu memastikan tak ada kotoran yang menempel akibat banjir. Komproser AC harus di periksa, terlebih posisinya berada pada area yang cukup rendah. Untuk mengantipasinya, sebaiknya hindari untuk menyalakan AC.

Disisi lain ketika mobil anda terendam banjir, sebaiknya lakukan pergantian saringan udara. Bila komponen ini tidak berjalan dengan baik, akan berpengaruh pada mesin mobil anda.
Diubah oleh muklisnasution1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di