alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tabrakan Dua Lubang Hitam Akan Terjadi Dua Minggu Lagi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb3e0faeaab2506cc74700f/tabrakan-dua-lubang-hitam-akan-terjadi-dua-minggu-lagi

Tabrakan Dua Lubang Hitam Akan Terjadi Dua Minggu Lagi

Dua lubang hitam (black hole) terdeteksi sedang akan bertabrakan dalam dua minggu mendatang. Hal ini diketahui setelah dihidupkannya kembali detektor gelombang gravitasi di Amerika Serikat dan Italia setelah tidur panjang sejak 2017.

Dengan alat ini, para ilmuwan tidak lagi berharap hanya untuk menemukan gelombang gravitasi. Gelombang gravitasi adalah riak-riak melalui ruang pertama kali diprediksi oleh teori relativitas umum Albert Einstein.

Namun, sejak mereka pertama kali mendeteksi gelombang itu pada tahun 2015, para peneliti memutuskan untuk menggunakan kumpulan data yang lebih besar untuk menemukan peristiwa yang menyebabkan gelombang itu. Biasanya gelombang ini terjadi ketika dua black hole saling menghantam. Sehingga mereka bisa memecahkan misteri alam semesta secara lebih umum.

Kedua detektor gelombang gravitasi, LIGO di AS dan Virgo di Italia, selama ini ditutup sejak musim dingin 2017. Penutupan ini dilakukan untuk meningkatkan sensitivitas deteksi mereka. Detektor tersebut baru saja ditingkatkan kembali pada 1 April lalu dan siap menjalankan pengamatan ketiga mereka.

Merger dua lubang hitam adalah hal yang kerap terjadi. Tetapi dalam dua minggu pertama pengamatan menunjukkan betapa seringnya peristiwa ini terjadi. Meskipun tak ada tanda-tanda koalis pada minggu pertama, tapi di minggu kedua sepasang sinyal gelombang gravitasi telah tertangkap oleh mesin. Satu gelombang di awal minggu dan satu di akhir.

Jika para ilmuwan terus melihat peristiwa-peristiwa ini secara terus menerus setiap minggu, maka "astrofisika akan berubah selamanya di akhir pengamatan," jelas Vicky Kalogera, direktur Pusat Eksplorasi dan Penelitian Antar-disiplin Ilmu Astrofisika di Universitas Northwestern, kepada Gizmodo lewat surel.

Sepasang detektor di AS, yang disebut Laser Interferometer Gravitational Wave Observatories (LIGO), hanya menemukan gelombang gravitasi pertama mereka pada tahun 2015. Gelombang itu dihasilkan dari sepasang lubang hitam berjarak 1,3 miliar tahun cahaya yang saling bertabrakan.

Sejak itu, para peneliti membuat detektor gravitasi Virgo di Eropa agar telah kembali menyala dan online. Sehingga para astronom kini telah berhasil mencatat 10 merger lubang hitam dan sepasang benda yang lebih kecil, yang disebut bintang neutron, ketika saling bertabrakan.

Secara khusus, para ilmuwan telah mengirimkan peringatan ke teleskop lain tentang kemungkinan adanya probabilitas tinggi terjadi peristiwa serupa. Teleskop-teleskop itu kemudian bisa berburu pasangan gelombang cahaya lain untuk mencocokkan sinyal yang didapat oleh pendetektor gelombang gravitasi mereka, jelas Christopher Berry, profesor lainnya di Universitas Northwestern.

"Mereka telah melewati pemeriksaan awal kami bahwa detektor itu berperilaku. Kami sekarang melakukan pemeriksaan lebih hati-hati, dan akan melakukan analisis yang lebih menyeluruh untuk mengetahui propertinya. "

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kita sudah berkali-kali mendengar tentang tabrakan ini, tapi belum mengumumkannya ke publik. Namun, Berry menjelaskan hal ini dilakukan agar mereka benar-benar yakin dengan data yang didapat sebelum menyatakan apa pun ke publik.

Para ilmuwan masih memiliki banyak pertanyaan tentang letusan energi masif ini. Seperti, di galaksi mana penyatuan lubang hitam ini terjadi? Apakah ada merger generasi kedua - dapatkah dua lubang hitam bergabung, kemudian apakah ia bergabung lagi dengan lubang hitam ketiga. Sehingga kemungkinan satu lubang hitam terdiri dari beberapa lubang hitam lain?

Tim Etienne saat ini tengah menyiapkan perangkat lunak yang bisa diunduh sehingga siapapun bisa ikut berkontribusi pada usaha perburuan ini. Diperkirakan perangkat lunak ini akan tersedia pada akhir tahun, seperti dikutip Digital Trend.

Mungkin dengan mengumpulkan lebih banyak statistik akan akan membantu para ilmuwan untuk memburu materi gelap yang misterius. Bulan ini sepertinya menjadi bulannya Black Hole, setelah pekan lalu seorang astronom memamerkan foto lubang hitam. (eks/eks)

cnnindonesia.com : Tabrakan Dua Lubang Hitam Akan Terjadi Dua Minggu Lagi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Seru ini immateri vs immateri...
semoga bule kulit putih rasis amerika jadi korban & masuk ke lubang hitam

loebang vs loebang
hmmm...
Quote:


semoga cinak yang masuk lubang hitam.

terima kasih bule karena telah mengubah dunia ini, tanpa bule maka arie tampubloon akan terus sujud sama pejabat dan raja dinasti.

万岁万岁,万万岁
Quote:


Keduluan....
Wkwkwkwkwkwkwk
ini yg rancu dalam dunia astronomi ... waktu emoticon-Big Grin

kalo menjelaskan dalam 2 minggu akan kejadian artinya hal ini sudah terjadi dalam jutaan tahun yg lalu
cuman baru ketangkep alatnya barusan saja & diprediksi akan mengalamai hal yg sudah terjadi ... luar bisa anehnya emoticon-Big Grin
tapi jadi gak aneh kalo diliat jarak kejadian yg jutaan tahun cahaya bahkan milyaran
artinya berita2 tentang angkasa itu adalah cerita masal lalu yg baru nyampe ke bumi akibat sakiiingg jauuhhhnya jarak yg terjadi

bintang2 yg kita liat di malam hari bisa jadi sekarang sudah musnah semua oleh thanos yg meledakkan isi galaxy
tapi baru akan diketahui oleh umat manusia jutaan taon mendatang ... itupun kalo gak keburu kiamat
emoticon-Wakaka
Balasan post masmomon
lesbian wkwkkwkwkwkw
Wah kiamat dong?




Eh tapi kan tapi kan luar angkasa itu cm akal2 nya NASA ama remason dkk buat membohongi ummat yakemoticon-Leh Uga
mbuh lah, blas ra paham emoticon-Cape d...
alhamduileh bumi kita datar, kemungkinan terkena efeknya rada kecil

ilustrasi bumi terhindar dari collision ripple:
Tabrakan Dua Lubang Hitam Akan Terjadi Dua Minggu Lagi

thank you awwloh, you are da best.....
Quote:


Liat ke cermin blog....elo jg rasis
Quote:


Itu mah pengelihatan cahaya yang kecepatan nya hanya 300k km/s. Kalau ini gelombang gravitasi bisa di deteksi secara realtime, alat untuk mendeteksinya juga bukan kayak teleskop tapi semacam fasilitas yang terpendam beberapa kilometer di bawah tanah. Cmiiw.
emoticon-Hammer2
Diubah oleh ora.w4r45
Balasan post ora.w4r45
boleh minta linknya kecepatan gelombang gravitasi? setau ane

Scientists call these ripples of space gravitational waves. Gravitational waves are invisible. However, they are incredibly fast. They travel at the speed of light (186,000 miles per second).

In Einstein's theory of gravity, these ripples move at the speed of light, not instantaneously. This tells us that the distortion of spacetime due to matter and energy — as well as changes in that distortion — ought to propagate at c, and that the speed of gravity ought to be equal to the speed of light in a vacuum.

apakah gelombang gravitasi itu tidak sama dgn gravitational wave?
Quote:


Gak tau lah ane cuma nonton di TV.
emoticon-Hammer2
emoticon-Leh Uga
Balasan post ora.w4r45
ok ... soalnya setau ane einstein sendiri bilang gada materi yg paling cepet kecuali cahaya di semesta ini (vacuum environment)
materi apapun kalo kecepatannya setara itu akan terurai jadi cahaya

tapi itu kan teorinya einstein - kalo ane masih percaya ada tapi belom ditemukan
yg paling mudah adalah perjalanan israj miraj ini ane percayai walopun nembus langit ke tujuh itu hanya dalam semalam
ane gak tau dimana itu langit ketujuh pastinya lebih jauh dari semesta ini
artinya : lebih light dari light tapi belom ditemukan ato bahkan tidak akan ditemukan oleh manusia emoticon-Big Grin
saat di luar sana udh prediksi black hole kalo disini negara +62 masih main kapir2an
Quote:


Imho Sependapat ,sama seperti cahaya matahari yang kita lihat sekarang adalah cahaya 7 menit lalu,karena kecepatan cahaya dari matahari ke bumi butuh waktu 7 menit?
ilustrasi BLACK HOLE yang mau tabrakan

Tabrakan Dua Lubang Hitam Akan Terjadi Dua Minggu Lagi

emoticon-Imlek
kiamat kagak??
kalau kiamat kasian wowo kagak bisa nyalon pilpres lagi..
kasian kampret dan para penjilat sekalian tukang cebok wowo gak bisa biki hoax lagi...

sedih saya itu kalau mereka kagak bisa berkreasi lagi...emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
Closed.. emoticon-Cool
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di