alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Ketahui! Cara Memilih Makanan Untuk Penderita Gastroparesis
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb1628dc9518b489c68ca6f/ketahui-cara-memilih-makanan-untuk-penderita-gastroparesis

Ketahui! Cara Memilih Makanan Untuk Penderita Gastroparesis

Ketahui! Cara Memilih Makanan Untuk Penderita Gastroparesis

Menurut International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders, penanganan untuk gastroparesis utamanya dilakukan dengan perubahan pola makan dan diikuti dengan obat-obatan sebagai pilihan tambahannya. Ketahui! Cara Memilih Makanan Untuk Penderita Gastroparesis ini:

Makan dalam Porsi Yang Kecil

Dengan sedikitnya makanan yang masuk, ini akan membantu meringankan kerja perut untuk mengosongkan lambung. Porsi kecil ini juga bisa membantu mencegah terjadinya perut kembung para orang dengan gastroparesis.

Karena porsi makanan harus kecil maka orang dengan gastroparesis membutuhkan waktu makan sekitar 6kali atau lebih dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Makanan harus Dikunyah dengan Sangat Baik

Orang dengan gastroparesis harus mengunyah makanannya sampai benar-benar halus. Mereka tidak bisa sembarangan mengunyah seperti orang pada umumnya, yang hanya beberapa kali dikunyah kemudian langsung ditelan.

Ketika makanan yang masuk masih dalma bentuk yang besar karena dikunyah, maka ini akan memperberat kerja organ pencernaan di dalam tubuh. Makanan yang tidak terurai dengan benar dalam perut akan semakin menyulitkan perpindahan makanan dari lambung ke dalam usus kecil.

Jangan Berbaring Selama dan Setelah Makan

Makan sambil berbaring bisa menunda pengosongan lambung. Bahkan, anda harus menunggu hingga 3jam setelah makan jika ingin berbaring, agar makanan bisa dicerna.

Sulitnya mengosongkan lambung saat berbaring disebabkan oleh adanya pengaruh dari gaya gravitasi. Berbaring saat atau setelah makan menyebabkan terjadinya refluks (naiknya) asam lambung ke mulut. Kondisi ini akan semakin memperberat orang dengan gastroparesis untuk mengosongkan lambungnya setelah makan.

Konsumsi Suplemen Harian

Kebanyakan orang dengan gastroparesis memilih resiko mengalami kekurangan zat gizi. Karena itu, beberapa orang dengan gastroparesis dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin dan multimineral setiap hari untuk mencegah kekurangan zat gizi atau untuk menjaga kondisi kekurangan gizinya semakin memburuk.

Konsumsi Makanan Berbentuk Cair

Apabila mengurangi ukuran makan tidak berfungsi, melunakan makanan juga masih menimbulkan gejala yang parah, langkah selanjutnya yaitu lumtakan makanan dengan blender dan buat makanan tersebut hingga mempunyai tekstur yang cair. Agar lebih mudah diterima tubuh dan mencegah terjadinya kekurangan zat gizi.

Orang dengan gastroparesis lebih mudah menoleris cairan dibandingkan makanan padat. Pengosongan cairan di perut berbeda caranya dengan pengosongan makanan padat di dalam perut sehingga lebih mudah diterima penderita gastroparesis.

Batasi Makanan Lemak Tinggi

Makanan untuk gastroparesis yang kurnag baik adalah makanan berlemak tinggi. Sebab, lemak bisa menunda pengosongan makanan di dalam lambung, sehingga makanan jenis ini perlu dibatasi. Akan tetapi bukan dilarang mengonsumsi lemak, lemak tetap dibutuhkan oleh karena itu pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat.

Cairan yang mengandung lemak seperti smoothie atau milkshake lebih mudah dicerna daripada lemak dalam makanan padat. Membatasi daging berlemak dan produk susu yang berlemak tinggi juga bisa membantu mengurangi keparahan gejala yang muncul.

Lakukan Diet Rendah Serat

Serat pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi serat ini harus diperhatikan khususnya untuk orang dengan gastroparesis yang mempunyai gangguan dalam pencernaan.

Serat menunda pengosongan lambung dan mengikat zat serta berkumpul membentuk formasi yang bernama benzoar, sehingga ini bisa menimbulkan penyumbatan di lambung orang dengan gastroparesis.

Maka dari itu, sebaiknya hindari makanan dengan serat tinggi dan keras seperti:

Kacang-kacangan atau kacang kering (kacang panggang, kacang polong, lentil, kacang hitam, kacang merah, kacang kedelai, kacang gurbanzo, kacang navy)
Sereal gandum utuh
Buah-buahan (blackberry, clueberry, jeruk, strawberry, kiwi dan apel)
Buah kering (aprikot, kurma, buah ara, plum, kismis)
Sayuran (brokoli)
Popcorn.

#PERINGATAN!

Sebaiknya jangan memasak makanan yang mempunyai bau yang tajam. Kemungkinan besar ini bisa mengakibatkan mual dan memperparah kondisi anda
Jangan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung bumbu rempah karena bisa meningkatkan heartburn dan memperparah kondisi anda
Stres bisa dikaitkan dengan gejala gastroparesis
Konsumsi makanan yang baru dimasak dan dipanaskan dengan baik agar anda terhindar dari infeksi makanan yang bisa mengakibatkan masalah flu perut.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di