alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Antara Kedua Orang Ini, Siapakah Penemu Telepon Sebenarnya?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb0950efacb95429423f991/antara-kedua-orang-ini-siapakah-penemu-telepon-sebenarnya

Antara Kedua Orang Ini, Siapakah Penemu Telepon Sebenarnya?

Antara Kedua Orang Ini, Siapakah Penemu Telepon Sebenarnya?

Ketika pertama kali telepon diperkenalkan kepada khalayak ramai, banyak orang yang keheranan dan mengira bahwa benda tersebut mempunyai sihir didalamnya. Pada waktu itu, hak paten penemuan telepon dipegang oleh Alexander Graham Bell. Akan tetapi, pada tanggal 11 Juni 2002 yang bertepatan dengan kongres Amerika Serikat memutuskan bahwa penemu telepon adalah Antonio Meucci.

Mengapa bisa terjadi? Yuk, baca sejarah penemuan telepon dibawah ini!

Antonio Meucci, memiliki nama lengkap yaitu Antonio Santi Giuseppe Meucci, lahir pada tanggal 13 April 1808 di San Frediano. Ia adalah lulusan dari Akademi Kesenian Firenze, setelah ia memilih bekerja di Teatro Della Pergola sampai tahun 1835. Kemudian, Meucci bersama istrinya bermigrasi ke Kuba setelah mendapatkan tawaran pekerjaan di Teatro Tacon in Havana, Kuba.

Waktu-waktu senggang Meucci sering melakukan penelitian dan mencipta inovasi-inovasi baru. Salah satu hasil penelitiannya yaitu mengembangkan pengobatan penyakit menggunakan setrum listrik.

Meucci pindah ke Staten Island, New York pada tahun 1850. Pada tahun 1855, yaitu saat istrinya lumpuh, Meucci memasang sistem interkom dari rumah ke tempat kerjanya.

Selama kurun waktu dua belas tahun sejak tahun 1850. , Meucci telah mengembangkan kurang lebih 30 buah model telepon. Sayangnya, dari tahun tahun 1850 pula, Meucci mengalami luka bakar serius akibat meledaknya sebuah kapal feri Staten Island. Kondisi Perekonomiannya yang lemah dan menderita sakit akibat luka bakar tersebut membuat terpaksa istri Meucci menjual beberapa benda ciptaan Meucci seharga enam dolar untuk membiayai pengobatan luka bakarnya.

Sebuah bukti memberitahukan bahwa pada tahun 1860 publik sempat melihat Meucci mendemonstrasikan ciptaannya. Bukti ini berupa sebuah berita di surat kabar berbahasa Italia yang terbit di New York. Teletefrono, itulah nama yang diberikan Meucci kepada temuannya yang merupakan cikal-bakal telepon. Ia sudah pernah mengajukan hak patennya pada tanggal 28 Desember 1871, sayangnya ia terhalang sesuatu yaitu uang yang ia miliki tak cukup untuk membayar paten telepon tersebut. Ia hanya mampu membayar sertifikat paten yang harus diperbaharui setiap tahun, sertifikat paten itu disebut caveat.

Sampai pada tahun 1874, Meucci benar-benar terjebak dalam masa paceklik sehingga ia melupakan caveat-nya. Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Ketika Meucci mendengar kabar tersebut, ia berupaya meluruskan kebenaran. Didampingi dengan seorang pengacara, ia memprotes Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Meucci juga memberikan gambar sketsa dan model asli peralatannya ke Laboratorium Western Union, sebuah perusahaan telegraf pada waktu itu. Namun sayangnya, kekalahan berada di pihak Meucci pada kasus ini. Tetapi, kebenaran mulai terkuak setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union. Permusuhan ini fakta mengejutkan, yaitu Graham Bell setuju membayar dua puluh persen keuntungan komersil atas “telepon ciptaannya” kepada Western Union selama tujuh belas tahun.
Diubah oleh alghifari1802
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Diubah oleh hannepin
Quote:


sumber :

Quote:




GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di