alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Melihat Konten Sadis, Bahayakah?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb08f508d9b177cfc4d20eb/melihat-konten-sadis-bahayakah

Melihat Konten Sadis, Bahayakah?

Melihat Konten Sadis, Bahayakah?

Salah satu contoh perkembangan teknologi adalah munculnya internet. Umumnya, internet digunakan untuk bermain gim, berselancar di media sosial, dan mengunduh sesuatu. Namun, ketika Anda sedang menggunakan internet, ada baiknya bersikap selektif ketika sedang menggunakannya.

Ketika sedang berselancar di internet, tak jarang orang mengunggah dan melihat konten sadis, yaitu konten violence and gore. violence and gore adalah konten yang memperlihatkan tayangan yang memiliki unsur kekerasan dan kesadisan. Konten tersebut hanya bisa dilihat oleh orang dewasa dengan mental yang kuat, tidak untuk diperlihatkan kepada mereka yang dibawah umur atau anak-anak, dan orang dengan mental lemah atau pengidap PTSD (Post-Traumatic Disorder).

Berikut ini adalah dampak negatif bagi orang yang melihat konten sadis, terutama bagi anak-anak dan orang yang bermental lemah:

1. Terpengaruhnya mental

Hal tersebut sangat berpengaruh pada mental bagi orang yang melihatnya, khususnya anak-anak. Bisa saja sang anak meniru adegan yang ditontonnya lalu dilampiaskannya ke seseorang yang lemah atau hewan yang ada disekitarnya.

2. Trauma

Tidak semua anak akan meniru apa yang dilihatnya, bisa jadi anak tersebut trauma terhadap apa yang dilihatnya. Trauma membuat seseorang bahkan anak sekalipun menjadi takut dan tidak diharapkan terjadi kembali. Bagi anak-anak, trauma akan konten sadis membuat mereka menjadi takut kepada orang yang ada disekitarnya dan menganggap semua orang adalah orang yang jahat, bahkan keluarganya sendiri.

3. Tidak percaya pada orang lain

Ya, rasa ketidakpercayaan terhadap orang lain disebabkan oleh trauma. Telah dijelaskan sebelumnya, yang membuat seseorang tidak percaya kepada orang lain adalah menganggap orang yang disekitarnya adalah orang-orang yang jahat, seolah-olah akan berpengaruh bagi kelangsungan hidupnya.

4. Minder

Rasa minder ini ada kaitannya dengan beberapa dampak sebelumnya. Trauma membuat seseorang menjadi tidak percaya orang lain yang disebabkan ia melihat konten sadis. Ketidakpercayaan terhadap orang lain akan membuat seseorang minder, hal ini dapat berpengaruh bagi pergaulannya.

5. Sulit konsentrasi

Seseorang yang melihat adegan sadis berdampak pada konsentrasinya. Adegan sadis yang ia lihat terus terbayang dalam benaknya yang membuatnya menjadi sulit konsentrasi.

6. Depresi

Karena adegan sadis yang terus terbayang dalam benak seseorang yang melihatnya, muncul rasa depresi yang membuat seseorang sulit untuk merasakan kebahagiaan.

Hal-hal tersebut cukup bahaya, ya! Bila seseorang telah terkena dampaknya, jangan dihindari! Tetapi kasihlah solusi yang tepat, yaitu dengan cara menghentikan efek negatifnya. Bila seseorang telah terkena dampak negatifnya, inilah beberapa cara untuk meredakan dan menghentikan efek negatifnya:

1. Berhenti melihat konten sadis. Jangan bagikan konten tersebut kepada siapapun, terutama anak-anak.

2. Filter pengaturan berita pada mesin pencarian gawai.

3. Buat laporan pada media bahwa konten yang mereka publikasikan bisa memberikan efek gangguan mental dan emosional terhadap publik. Jika ada akun media sosial yang memosting konten tersebut, segera laporkan postingan tersebut tergantung media sosial yang digunakan.

4. Lakukan aksi nyata. Tumbuhkan kesadaran sosial pada asyarakat luas dengan cara bergabung di komunitas sosial. Berbaur dengan orang-orang dan segera lupakan konten sadis tersebut, cari kesibukan yang ada di komunitas sosial tersebut.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di