alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb0811da2d195252221334b/10-gejala-chikungunya-yang-sering-terlewatkan-segeralah-ditangani

10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!

10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!

Chikungunya disebabkan oleh virus CHIKV, virus ini termasuk famili Alpahavirus. Fakta sejarah menyatakan bahwa virus chikungunya terjadi pertama di negara Afrika dan selanjutnya menyebar ke Asia termasuk India, Myanmar, Malaysia, Srilanka, Thailand dan Indonesia. Studi secara filogenetik melaporkan bahwa strain virus chikungunya termasuk dalam tiga genotip berdasarkan kasus di Afrika baik tengah maupun timur dan Asia dan selanjutnya masuk ke dalam grup yang diisolasi dari Klang di Malaysia.

Transmisi penyakit chikungunya di Asia terutama ditularkan oleh vektor nyamuk Aedes aegepypti dan Aedes albopictus melalui siklus transmisi orang ke orang di pemukiman padat penduduk (urban).  Beberapa tempat perindukan larva Ae. aegepti antara lain di bak mandi, drum, tempat penampungan air dispenser, tempat penampungan air refrigerator, ban bekas, vas bunga, talang rumah dan kolam ikan.

Sedangkan perindukan untuk Ae. Albopictus berada pada lubang-lubang pohon, lubang potongan bambu, ketiak daun serta kulit buah-buahan yang berlekuk seperti kelapa, durian dan coklat. Tetapi tahukah kamu apa saja gejala awal yang dialami saat terserang penyakit ini? Jika belum, simak ulasan di bawah ini ya!


1. Nyeri pada otot dan sendi
10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!
Nyeri yang sering dirasakan pada sendi merupakan keluhan pertama yang akan dirasakan oleh calon penderita chikungunya sebelum mengalami demam. Rasa nyeri yang begitu mendalam sering kali menyebabkan kelumpuhan sebelum berobat. Sendi-sendi yang sering dikeluhkan adalah sendi lutut, pergelangan, jari kaki, tangan dan tulang belakang.

Selain merasakan sakit di sekitar persendian, bagian otot merupakan daerah yang juga menjadi sasaran virus chikungunya. Otot yang biasanya diserang adalah otot bagian kepala, daerah bahu dan membuat otot sekitar mata kaki mengalami pembengkakan. 


2. Pembengkakan sendi
10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!
Pada orang yang lebih dewasa, virus chikungunya bisa menimbulkan ciri-ciri tak hanya sekadar sakit dan linu tetapi juga menimbulkan pembengkakan. Jika ini dianggap sepele nantinya si penderita akan mengalami kelumpuhan. Kelumpuhan ini menyebabkan si penderita tidak bisa menggunakan kakinya untuk berjalan.

Saat kaki dipergunakan akan timbul rasa sakit yang pada akhirnya kaki tidak bisa digunakan untuk bergerak maupun berjalan seperti biasa. Di tahap ini, sakit persendian sudah dianggap sangat serius dan parah yang biasanya terjadi di bagian kaki dan tangan. Si penderita akan mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.


3. Kelenjar getah bening mengalami pembengkakan
10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!
Kondisi kelenjar getah bening yang membesar akan diikuti dengan rasa linu pada sendi penderita yang sedang mengalami demam pada hari ke lima. Keadaan ini akan dijumpai pada anak-anak yang sudah lebih besar, setelah sendi dan otot terasa tak nyaman, karena terlalu sakitnya. Jika mengalami hal ini, memeriksaan diri ke dokter adalah keputusan yang paling baik.


4. Demam tinggi
10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!
Penderita awalnya akan mengalami demam hingga 39 derajat Celcius. Demam ini akan timbul mendadak disertai muka kemerahan dan menggigil. Demam akan berlangsung kurang lebih selama dua sampai tiga hari kemudian suhu tubuh mengalami penurunan selama satu hingga dua hari.

Setelahnya akan mengalami kenaikan suhu lagi membentuk kurva sadle back forever (Bifasik). Beberapa penderita akan mengeluhkan sakit pada bagian belakang bola mata, membuat mata terlihat kemerahan (infection conjungtiva), mata berair dan rasa terbakar pada mata.


5. muncul bercak ruam atau kemerahan pada kulit
10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!
Pada hari pertama demam biasanya akan muncul bercak-bercak kemerahan pada kulit si penderita. Namun pada umumnya, bercak ini akan timbuk pada hari ke empat atau kelima demam.

Kemerahan pada kulit bisa terjadi pada seluruh tubuh berbentuk makulo-makulo popular (viral rash), sentrifugal (mengarah ke bagian anggota gerak, telapak tangan dan telapak kaki). Ruam-ruam ini akan muncul di daerah muka, badan, tangan dan kaki. Tak jarang gusi penderita bisa mengalami pendarahan.


6. Merasa cepat lelah
10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!
Ketika mengalami demam, otomatis tubuh akan menjadi lebih cepat lelah dan lemas sehingga untuk melakukan kegiatan yang banyak akan terasa tidak bertenaga. Ciri ini memang mirip dengan gejala flu biasa tetapi jika dirasakan lebih jauh akan terasa nyeri pada bagian sendi dan otot, belum lagi ditambah dengan gejala lainnya yang tak wajar.

Oleh sebab itu, kamu harus curiga bahwa kamu sedang diserang oleh virus chikungunya. Jika dalam kondisi seperti ini segeralah pergi ke dokter untuk mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat.


7. Menderita sakit kepala yang luar biasa
10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!
Bila sudah mengalami demam yang cukup tinggi otomatis kepala akan merasa sakit. Ciri demam yang disertai dengan rasa sakit kepala memang mirip dengan ketika kamu mengalami flu. Namun sakit kepala pada penderita penyakit chikungunya begitu tak tertahankan, sehingga akan membuat penderita merasa tidak nyaman dan bahkan bisa sampai membuat sulit untuk bangun ataupun beraktivitas seperti biasa.


8. Mual dan ingin muntah
10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!
Ketika demam tinggi, otomatis akan timbul rasa mual. Meski begitu, rasa mual ini termasuk jarang ditemui dan kemunculannya hanya kadang-kadang saja. Sedangkan muntah adalah sesuatu yang tidak bisa lepas dari rasa mual yang dialami penderita. Saat mual terjadi, meski jarang, maka akan tetap ada rasa untuk muntah juga.


9. Merasa kedinginan atau menggigil
10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!
Seperti pada umumnya, demam akan disertai dengan menggigil dan ciri ini pun akan dialami oleh penderita chikungunya. Kebanyakan kasus chikungunya memang tampak hampir tak ada bedanya dengan penyakit demam berdarah dengue. Namun, jika mengalami demam dan menggigil secara bersamaan dan disertai dengan ciri lainnya yang tak normal, kamu bisa langsung mendapat pertolongan medis.


10. Kejang dan hilang kesadaran
10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani!
Kejang atau hilangnya kesadaran merupakan efek lanjutan dari demam yang terlalu tinggi yang dirasakan oleh si penderita, bukan gejala langsung dari penyakit ini. Kondisi penurunan kesadaran biasanya terjadi pada anak-anak bukan pada orang dewasa.

Penyakit ini tidak akan menyebabkan kefatalan yang berat sehingga penanganannya juga hanya bersifat simtomatis dengan istirahat yang cukup, obat demam, kompres, antisipasi terhadap kejang demam dan mendapat penanganan yang tepat dari dokter. Penyakit ini akan sembuh kurang lebih selama tujuh hari.

Selain melakukan hal yang disebutkan sebelumnya, untuk mempercepat kesembuhan si penderita dianjurkan untuk makan makanan yang bergizi, cukup karbohidrat dan protein, perbanyak minum dan konsumsi buah-buahan segar. Pemberian vitamin menjadi pendukung cepatnya seseorang terlepas dari penyakit chikungunya.

Pencegahan lain juga bisa seperti menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang untuk menutupi tubuh, menggunakan kelambu atau obat nyamuk jika akan tidur baik saat siang maupun malam hari, memasang kawat pada ventilasi rumah dan jangan membiasakan menggantung pakaian sampai berhari-hari di dalam kamar.


Sumber : https://www.idntimes.com/health/fitn...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani! Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK

- 10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani! 8 Tanda Anak Mengalami Pelecehan Seksual, Kenali Cirinya dengan Benar

- 10 Gejala Chikungunya yang Sering Terlewatkan, Segeralah Ditangani! Ini Alasan Kenapa Permen Karet Gak Boleh Ditelan, Jangan Coba-coba Ya!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di