alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb0585da2d19544e0268e9c/hey-ladies-5-kebiasaan-buruk-ini-bisa-sebabkan-kamu-terserang-isk

Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK

Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK

Infeksi Saluran Kemih atau ISK merupakan suatu infeksi yang disebabkan adanya bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih. Penyakit mengerikan ini biasa menyerang kaum hawa. Walaupun tidak menutup kemungkinan bisa juga menyerang kaum adam juga, lho.

Gejala yang ditimbulkan adalah demam, nyeri yang tak tertahan pada perut bagian bawah, nyeri pada saat buang air kecil bahkan dalam kondisi parah terdapat nanah atau darah pada air kencing. Kalau sudah begini, kamu disarankan untuk segera pergi ke dokter dan biasanya akan dilakukan cek laboratorium untuk memastikannya.

Dalam kondisi yang ringan penderita ISK bisa sembuh hanya dengan minum antibiotik yang diberikan dokter. Namun dalam kondisi akut, penderita ISK harus opname untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Gak kebayang sakitnya gimana, kan? Oleh karena itu, hindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini agar kamu tidak mudah terserang ISK


1. Kurang mengonsumsi air putih
Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK
Perlu diketahui, kita disarankan mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari. Secara logika, perempuan yang banyak mengonsumsi air putih akan sering ke toilet untuk sekedar buang air kecil.

Namun tanpa disadari, karena keseringan buang air kecil tadi menyebabkan bakteri yang menempel di dinding saluran kemih keluar bersamaan dengan air kencing. Hal itulah yang membuat perempuan yang banyak mengonsumsi air putih akan berisiko lebih rendah terserang ISK. Jadi, mulai sekarang minum air putih yang banyak, yuk!


2. Sering menahan kencing
Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK
Kandung kemih merupakan organ sensitif yang tidak boleh diabaikan. Keinginan kencing sepatutnya tidak boleh ditunda-tunda. Karena pada saat kamu menunda kencing, jumlah air kencing pada kandung kemih akan bertambah.

Pertambahan jumlah air kencing di dalam kandung kemih itulah yang menyebabkan bermukimnya bakteri E.coli penyebab ISK. Ini nih yang sering terjadi pada perempuan-perempuan yang lebih memilih menahan kencing daripada meninggalkan aktivitasnya.

Jadi, kamu masih mau menunda kencing?


3. Kurang bersih dalam membersihkan area kewanitaan
Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK
Organ kewanitaan merupakan organ yang paling sensitif dengan standar keasaman pH 3,5-4,5. Dengan derajat keasaman tersebut bisa dikatakan bakteri baik dalam area kewanitaanmu dapat hidup. Hal ini sangat penting karena bakteri baik nantinya akan berperan melawan bakteri jahat salah satu penyebab ISK .

Tentu hal tersebut sangat dipengaruhi oleh seberapa bersih kamu membersihkannya. Menurut para praktisi kesehatan, cara membersihan organ kewanitaan yang benar adalah dengan menggunakan air yang benar-benar hygiene dengan gerakan dari depan menuju ke bawah, bukan sebaliknya.


4. Menggunakan sabun batang atau sabun khusus untuk membersihkan organ intim
Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya tingkat keasaman organ kewanitaan adalah pH 3,5-4,5. Namun banyak yang tidak tahu jika penggunaan sabun batang justru bukan membuat bersih dan wangi. Penggunaan sabun batang akan mengubah tingkat keasaman organ kewanitaanmu dan nantinya akan memicu kedatangan bakteri penyebab ISK.

Tidak hanya sabun batang. Menggunakan sabun khusus kewanitaan setiap hari juga tidak baik, lho. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa perempuan yang berhenti menggunakan sabun pembersih kewanitaan setiap hari berisiko rendah untuk terserang ISK. Hal itu dikarenakan zat yang terkandung dalam sabun tersebut mengubah kondisi alami keasaman vagina.


5. Tidak rutin mengganti celana dalam
Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK
Secara umum, celana dalam digunakan sebagai perisai area kewanitaan agar terlindungi dari bahaya yang mengancam. Kebiasaan malas mengganti celana dalam akan berakibat bersarangnya bakteri di area kewanitaanmu.

Bakteri inilah nantinya yang akan menimbulkan infeksi dan tidak menutup kemungkinan akan naik ke organ bagian atas. Oleh sebab itu, gantilah celana dalam sebanyak dua kali dalam sehari. Terlebih lagi jika kamu sedang dalam masa haid atau beraktivitas padat, biasakan mengganti sesering mungkin.

Nah, itulah 5 kebiasan buruk yang harus kamu hindari agar tidak mudah terserang ISK. Perlu diketahui, bahwa poin-poin di atas adalah sebagian contoh saja dari apa yang biasa kamu lakukan. Tentu masih banyak penyebab lainnya yang dapat memicu ISK. So, be aware and keep your health, ladies!


Sumber : https://www.idntimes.com/health/fitn...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK 7 Bahaya Tertawa Berlebihan, Jangan Sampai Kamu Merasakan Akibatnya

- Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK 7 Penyebab Memar Tiba-tiba Muncul, Bisa karena Penyakit Berbahaya lho!

- Hey Ladies, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Kamu Terserang ISK 8 Penyebab Nafsu Makan Hilang Tiba-tiba, Kamu Harus Waspadai Betul Ya!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di