alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb03f79b41d3024a454e110/duh-6-kombinasi-makanan-ini-justru-buruk-untuk-kesehatan-lho

Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho!

Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho!

Banyak jenis makanan atau minuman yang makin nikmat kalau dikombinasikan dengan lainnya. Contoh yang paling umum misalnya makan ayam goreng dengan french fries, es teh dengan nasi sayur makan siang, dan lain sebagainya. 

Tapi pernah gak sih kamu mencari tahu bagaimana kandungan nutrisinya, kalau kedua jenis makanan tersebut digabung? Faktanya, gak semua jenis makanan aman dikonsumsi berbarengan, seperti enam makanan di bawah ini.


1. Pizza dan soda
Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho!
reneeskitchenadventures.com



Pizza dan soda bisa dibilang combo kenikmatan yang hakiki. Saking enaknya, gak jarang  keinginan makan kita belum reda, bahkan setelah perut kenyang sessat.

Itulah alasan kenapa dua jenis makanan ini tidak baik disandingkan. Sebab, pizza dan soda sama-sama mengandung fruktosa dan karbohidrat tinggi.

Ahli kesehatan, pelatih kesehatan serta chef, Colin Zhu, mengatakan hal tersebut akan menimbulkan efek kenyang palsu yang sifatnya sesaat, dan justru membuat kita makin lapar setelahnya.


2. Roti tawar dan selai
Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho!
monksbread.com



Roti tawar dan selai biasanya jadi menu sarapan andalan saat gak punya waktu banyak di pagi hari. Selain cepat, makanan ini juga mengenyangkan.

Namun, sama dengan soda dan pizza, kombinasi makanan ini tinggi gula dan karbo yang bisa menaikkan kadar insulin dalam darah dengan cepat. Kamu mungkin bakal kenyang sesaat, tapi setelahnya langsung lapar lagi.

"Kalau hanya konsumsi gula tapi tidak ada kandungan protein dan lemak sehat di menu sarapanmu, bisa dipastikan rasa lapar akan datang jauh sebelum jam makan siang," ujar ahli diet Allison Stowell, kepada Woman's Day. Ia menyarankan untuk menambahkan ayam atau alpukat sebagai alternatif protein dan lemak.


3. Salad dan dressing rendah lemak
Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho!
foodandwine.com



Produk makanan rendah lemak jadi salah satu pilihan favorit bagi yang sedang diet. Bahkan, untuk makanan yang sehat dan tinggi serat seperti salad saja, masih memilih dressing tanpa lemak. Padahal, lemak itu yang justru bikin vitamin dari sayuran bisa diserap optimal oleh tubuh, lho!

Kepala Dokter Naturopathic di Harvey Health, Amanda Frick, mengatakan sayuran segar terutama sayuran hijau, mengandung banyak mineral dan vitamin seperti A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Olive oil dan avocado bisa jadi sumber lemak yang baik untuk dimakan bersama salad.

Baca juga: Pernah Sakit Kepala saat Terburu-buru Minum Es? Ini Lho Penyebabnya!


4.Sereal dan jus jeruk
Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho!
photoshelter.com



Sereal, susu, dan jus jeruk dianggap kombinasi sarapan pagi sederhana dengan gizi kompleks. Bagaimana tidak, kamu bisa mendapatkan manfaat karbohidrat dan serat dalam sereal, kalsium dan protein dalam susu, serta vitamin C dalam jus jeruk. 

Sayang, stigma ini justru keliru. Meski pun masing-masing jenis makanan punya kandungan yang baik, tapi ketiganya tak cocok digabungkan.

Kandungan asam di dalam buah (yang rasanya asam) akan mengganggu enzim yang berfungsi mencerna sari pati dalam sereal. Selain itu, buah atau jus asam dapat mengentalkan susu dan mengubahnya menjadi zat pembentuk lendir. Hal ini akan memperberat kerja lambung.

Seorang pelatih kesehatan profesional, Nadya Andreeva, menyarankan lebih baik mengonsumsi jus buah segar 30 menit sebelum makan sereal atau oatmeal.


5. Ayam goreng dan kentang
Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho!
sailorhagarspub.com



Menggabungkan makanan goreng atau protein hewani dengan pati adalah pilihan buruk. Contohnya ayam dengan waffle atau steak dengan mashed potato.

Hal ini bisa meningkatkan risiko diabetes. Ahli kesehatan, pelatih kesehatan, serta chef, Colin Zhu, menyarankan memilih antara salah satu jenis makanan saja, daripada menggabungkan makanan yang bisa menyebabkan penyumbatan arteri.


6. Kopi dan makanan tinggi zat besi
Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho!
goop.com



Kopi dan teh baiknya tidak disandingkan dengan makanan tinggi zat besi, misal daging merah dan kuning telur. Alasannya karena kandungan polifenol dan tanin dalam teh, serta kandungan chlorogenic dalam kopi bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

"Kalau terlalu sering minum kopi dan teh, tubuh bisa anemia karena zat besi yang kita konsumsi tak diserap," ujar nutrisionis Claire Martin. Namun, jika tetap ingin mengkonsumsi teh atau kopi, ia menyarankan untuk minum satu jam sebelum makan.

Nah, sudah tahu kan makanan dan minuman apa saja yang tidak baik jika dikonsumsi bersamaan. Kamu biasa makan yang mana nih?


Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho! 7 Khasiat Unik Santan yang Sering Disebut Biang Kolesterol

- Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho! Ternyata Konsumsi 9 Makanan Ini Bisa Bikin Awet Muda Lho

- Duh, 6 Kombinasi Makanan Ini Justru Buruk untuk Kesehatan Lho! 7 Makanan Kekinian Ini Bisa Memicu Sakit Diabetes, meski Rasanya Enak

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di