alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Anime & Manga Haven /
10 Anime yang Agan Gak Sadar bahwa Itu Anime Isekai
4.29 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caefa104601cf0ff8556501/10-anime-yang-agan-gak-sadar-bahwa-itu-anime-isekai

10 Anime yang Agan Gak Sadar bahwa Itu Anime Isekai

10 Anime yang Agan Gak Sadar bahwa Itu Anime Isekai


Musim semi telah hinggap lagi di Jepang sana, membuka pintu baru untuk tayangan musiman dengan asupan judul-judul yang luar biasa apik serta kontroversial (Kimetsu no Yaiba dan OPM). Namun ada satu genre yang kayaknya tak kunjung rontok, terus menjadi tren yang sebenarnya telah berasa saturasinya. Isekai, merupakan sub genre dari anime yang menceritakan tokoh utama berpindah, dilahirkan kembali, atau terjebak di dunia paralel, atau sebaliknya (reverse isekai). Isekai itu ibarat jamur yang menelorkan sederet judul dengan kualitas beragam seperti Re:Zero, Shield Hero, Re:Creators, Overlord, isekai smartphone, de el el.

Sebenarnya, sebelum istilah isekai terkenal di kalangan para vvibu, konsep isekai ini telah digunakan dari jaman baheula, yang menyebabkan kita tak menyadari bahwa dulu ada beberapa anime yang memiliki unsur isekai di dalamnya. Sadar gak bahwa anime-anime di bawah ini sebenarnya adalah isekai?

1. Digimon
Quote:



2. Drifters
Quote:



3. Hataraku Maou-sama
Quote:



4. Inuyasha
Quote:



5. No Game No Life
Quote:



6. Detective Conan Movie 6
Quote:



7. Angel Beats
Quote:



8. Spirited Away
Quote:



9. Fate Series
Quote:



10. Shelter
Quote:


Itulah beberapa anime yang secara mengejutkan, adalah anime isekai. Entah sampai kapan sub genre ini menjadi tren, namun sepertinya tidak dalam waktu dekat. Gak masalah sih, yang penting ceritanya enggak generik banget. Wait, kalo mengingat definisi isekai, berarti film Narnia itu isekai dong. Wait, trilogi The Matrix juga! What the hell!
10 Anime yang Agan Gak Sadar bahwa Itu Anime Isekai


Sekian. Isekai did nothing wrong.
El. Psy. Congroo.

Quote:
Diubah oleh arai01
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Diubah oleh arai01
arakawa under the bridge jg isekai bre..emoticon-Big Grin
dunia lain dibawah kolong jmbatan,penuh dengan makhluk aneh..emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Quote:

Absuuuurd. emoticon-Ngakak
Alright, let's make a serious discussion here emoticon-Big Grin

Aku termasuk yang tidak sepakat ketika judul seperti Digimon, Inuyasha, atau bah kan seri seperti Alice in Wonderland termasuk Isekai.
Menyebut judul-judul diatas sebagai Isekai bisa dibilang terlalu menkankan pada aspek "Dunia lain" dari Isekai. Padahal Isekai itu bukan cuma tentang "pindah"-nya tubuh ke dunia lain

"Isekai" merujuk pada trend cerita anime/manga yang populer di pertengahan 2010an (Sebenarnya dari pertengahan 2000an sudah bermunculan sih melalui website narou). Pada Isekai, ceritanya memang berkisar pada protagonis yang pindah hidup ke tempat lain. But is that it? emoticon-Big Grin

Menurutku, ada aspek lain yg mendefinisikan Isekai tapi luput dikalangan banyak orang: Resource yg dibawa protagonis ke dunia lain
Protagonis hampir pasti bawa suatu resource dari dunia asal ke dunia lain. Resource yg paling umum terlihat itu ada di pengetahuan protagonis pada sistem game RPG yang kepake ketika hidup di dunia lain (Konosuba, Log Horizon, Shield Hero). Diluar itu, resource bisa berupa pengetahuan masak (Isekai Shokudou), pengetahuan hukum (Isekai Houtei), pengetahuan militer dan senjatanya (GATE), politik kerajaan, teknik tata kota, teknik ena-ena, cheat sheet, smartphone, dan sebagainya. Re:Zero malah termasuk yg paling unik karena resource yg dia bawa adalah ingatan dari kehidupan Isekai sebelumnya.

Makanya anime seperti Flip Flapper, Akanesasu Shoujo ga bisa dikategorikan sebagai Isekai walaupun protagnya pindah ke alam lain, karena in the end, mereka cuma pindah. Mereka dapet kekuatan buat henshin di dunia lain, tapi kekuatannya bukan sesuatu yg dibawa dari dunianya. Pun dengan mayoritas judul-judul diatas. klo menurutku, satu-satunya judul diatas yg mungkin bisa dikategorikan Isekai cuma No Game No Life (debatable tho)

Trend Isekai muncul bukan karena "Oh, ada anime/manga/LN yang ceritanya tentang orang random pindah ke dunia lain. Pasti menarik". IMO itu terlalu menyederhanakan Isekai. Isekai ga cuma sekedar pindah tempat tapi juga punya subjek yg biasanya jadi penarik perhatian pembaca buat ngikutin seri tersebut.

That's my 2 cents. Klo ada yg salah monggo dikoreksi :emoticon-Big Grin
Balasan post danillo55
Paling seneng kalo ada momod ikut nimbrungemoticon-Salaman

Ya kalo itu mah tergantung pada batasan yang kita buat dalam karakteristik isekai itu. Bisa dibilang resource itu aset yang dibawa MC ke dunia baru. Nah Fate series sebagai reversed isekai bukankah sudah memenuhi batasan tsb? Mereka punya skill combat, skill unik dari kelasnya. NGNL mah mereka bawa otak dan smartphone jugaemoticon-Betty (S)
Kalo judul yang lainnya ane masukan berdasarkan kriteria definisi singkatnya aja, seenggaknya ada ciri isekai yang melekat pada ceritanya.emoticon-Ngacir
Balasan post arai01
But then, let's think about this: Mengapa Isekai menjadi sebuah trend? Mengapa kata Isekai baru populer di pertengahan 2010an? Mengapa walaupun cerita tentang "pindah ke dunia lain" sudah ada sebelumnya, mereka tidak pernah disebut Isekai?

Inilah yg sebenarnya bikin aku ngambil kesimpulan, ada aspek-aspek khusus yg membuat Isekai menjadi populer di pertengahan 2010an. Aspek-aspek seperti resource khusus ini yang tidak pernah ada di cerita fantasi pindah dunia sebelumnya.

Setelah terbukti populer, cerita lain muncul dengan meniru aspek-aspek tersebut. Setelah sukses, cerita serupa akan muncul. Munculnya berbagai macam cerita populer dengan aspek yang serupa itulah yang memunculkan trend yg saat ini kita sebut sebagai Isekai-kei atau biasa disingkat lagi sebagai Isekai.

In Isekai case, mungkin awal populernya itu ada di adaptasi SAO yg memperkenalkan konsep protagonis yg memiliki pengetahuan tentang sistem game dan memanfaatkannya untuk hidup di dunia barunya (walaupun ada juga yg berpendapat SAO itu bukan Isekai sih, but it is another new discussion)

Fate Series (at least seri yg aku tonton) tidak bisa dikategorikan sebagai Isekai karena protagonisnya (Shirou) tidak pindah dunia. PoV utama cerita Isekai selalu (cmiiw) ada di orang yg berpindah dunianya. Dalam Fate, yg pindah dunia adalah para servantnya. Dan begitu pindah dunia, servantnya ga secara aktif memanfaatkan skillnya untuk hidup dan mengeksplorasi dunia barunya (karena tujuan mereka di-summon buat gelud emoticon-Ngakak (S)).

Walaupun bukan Isekai, Fate bisa dikategorikan sebagai Sabaibu-kei (Survival Game/Death Game), trend cerita yg berkembang di tahun 2000an. klo Menurut papernya Tanaka, trend ini muncul setelah populernya novel Battle Royale yg dapet adaptasi film di tahun 2000 oleh sutradara femes Takashi Miike. Note juga bahwa secara timeline ini pas, Fate VN muncul tahun 2004. Trend Isekai sementara itu, dimulai di website Narou di pertengahan 2000an dan baru populer di Media lain di pertengahan 2010an.

http://www.japanesestudies.org.uk/ej...s2/tanaka.html

No Game No Life ini debatable karena resource mereka terlalu abstrak yaitu kecerdasan, bukan khusus di suatu bidang seperti hukum atau kuliner. Smartphone mereka, sementara itu, ga bisa dikategorikan sebagai resource karena ga guna.

Well, mungkin kepanjangan. But what I want to say is: Isekai is not that simple. Ada sebab mengapa trend Isekai itu muncul. Dan ketika kita mulai mempelajari awal mulai munculnya suatu Isekai dan perkembangannya, fomula khusus yg membuat suatu Isekai populer mulai terlihat
isekai tuh apaan cuy emoticon-Ngakak (S) nonton anim buat hiburan aja sih emoticon-Big Grin gak maniak
emoticon-Traveller
Balasan post danillo55
Ya setuju kalo memang ada ciri khas isekai yang muncul di taun 2010an, yang membuatnya begitu populer di kalangan penikmat. Nah dari ciri-ciri tersebut bisa diasumsikan bahwa isekai itu merupakan modifikasi dari fantasy murni yang menceritakan pindahan si MC ke dunia lain.

Dalam Fate series itu memang kebanyakan diceritakan dari sudut pandang Shirou, namun MC nya bukan dia doang, namun dari Saber juga, as the main heroine in Stay Night. Hanya saja eksplorasi dari kehidupan Saber di dunia modern ini enggak seperti isekai pada umumnya yang ingin mencapai tujuan tertentu di dunia tsb. Kalo gak ada konflik bunuh-bunuhan, ya jadinya kayak isekai SoL macem spin off nya FSN itu yang masak-masakan.

Sebenarnya banyak juga acuannya dalam mendefinisikan isekai, karena spektrum ceritanya juga enggak generik amat. Mengenai bentuk dari resources itu sendiri juga sebenarnya bergantung perspektif orang. Kadang dengan bawa nyawa aja itu udah dianggap seperti resources. Bukankah Re:Zero juga menggunakan sumber daya yang abstrak? (ingatan).

Isekai is not that simple, totally agree. But where did that pattern come from? It was inspired from the previous works.emoticon-Malu (S)
isekai itu alurnya pecundang> mati > dunia fantasi > hero > harem king jadi gak setuju kalo inuyasha masuk kategori isekai emoticon-Marah:
Kayaknya gak cocok deh pindah ke masa lalu/masa depan dibilang isekai. Karena dunianya masih sama.
Quote:

Jiahaha fans inuyasha kepanasan rupanyaemoticon-Ngakak (S)
Sante gan, it's just opinionemoticon-Ngacir
Quote:

Dunia apa dulu nih? Perspektifnya disamain dulu. Dunia paralel itu gak harus beda settingnyaemoticon-Ngacir
No Game No Life kok gak masuk Isekai Quartet ya. emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak
Quote:


cuma pengen berpendapat kebetulan ada tritnya. Soal inuyasha sebenarnya dunia inuyasha dan kagome itu sama yang berbeda adalah periode waktunya jadi saat kagome kembali ke masa lalu dia nggak masuk ke dunia lain. Beda contohnya dengan fushigi yuugi dimana dunia tamahome dan miaka adalah dunia yang berbeda. Secara literal arti isekai itu juga "dunia lain" dan yang gue lihat selama ini dunia lain itu punya hukum alam yang berbeda dengan dunia asli si protagonis.
klo goblin slayer gmna
Dr semua, yg ane tau cuma Digimon sama inuyasha emoticon-Sorry
ane g gitu suka genre2 gini gan....
lah yg dimaksud isekai aja kagag tau saiya
nonton gambar corek ya nonton aja
yg penting gambar ma ceritanya bagus
bukannya ciri utama genre isekai itu main char nya harus mokad dulu ya?emoticon-Big Grin

Series movie Doraemon juga tergolong isekaiemoticon-Big Grin
ane ga ngikutin gan. sekadar nonton doang sih emoticon-Malu (S)
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di