alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Education /
Mengapa Kita Harus Ke Mars ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caeeb3ff0bdb24ae42cc452/mengapa-kita-harus-ke-mars

Mengapa Kita Harus Ke Mars ?

Selamat Siang Gan.
Sebenernya artikel ini adalah artikel yang saya gunakan untuk public speaking.
disni saya hanya berbagi untuk agan2, siapa tau berguna bagi agan2 skalian.
Mohon di ralat apabila ada kesalahan informasi di dalamnya.

KENAPA KITA HARUS KE MARS ?
Mungkin pertanyaan ini agak sedikit fiksi.
Mayoritas dari kita pasti udah tau planet mars, sudah hampir beberapa tahun ini mars sangat ramai diperbincangkan. Sudah banyak penelitian dan perdebatan mengenai planet mars. Salah satu perdebatannya adalah apakah manusia bisa tinggal dan hidup di mars atau tidak.

Selama ini kita lahir, hidup, dan bahkan mati di bumi. Kita sudah memiliki BUMI yang saya bilang sangat sempurna, karena memiliki unsur hara di tanahnya, kita bisa menanam tanaman apa saja di BUMI. Bisa di bilang, kita lempar biji rambutan pun, kemungkinan besar akan tumbuh dan menjadi pohon rambutan.
Sedangkan di mars kondisinya sangat berbeda dari BUMI. Mars tidak memiliki unsur hara, jadi untuk bercocok tanam di tanah mars, akan sulit bila dibandingkan dengan di bumi. 


 
Oke saya akan informasi mengenai planet mars :
Mengapa Kita Harus Ke Mars ?

- Planet Mars adalah planet ke 4 dalam susunan tata surya. Planet ini berwarna merah. Dan asal muasal mars diambil dari dewa perang romawi yang bernama Ares, atau yang dikenal sebagai Mars.
- Ukuran mars lebih kecil dibandingkan dengan planet bumi.
- Jarak antara bumi dengan mars adalah 55.7 jt km – 401 jt km, tergantung dari orbitnya panet mars.
- 1 tahun di bumi sebanyak 365 hari, sedangkan di mars 1 tahunnya adalah 687 hari. Hal ini dikarenakan jarak antara matahari dengan mars yang jauh dan juga dari segi ukuran mars lebih kecil dibandingkan dengan bumi, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengelilingi matahari.[/justify]
- Perhitungan 1 hari di mars yaitu 24 jam 39 menit 35 detik.
- Untuk suhu rata2 dimars adalah (-55c) – (-60 c). Dan untuk suhunya tidak menentu bahkan untuk suhu terhangatnya 30 derajat celcius.
- Untuk kecepatan angin yang terkencang di mars adalah 144 km/h. Dan pada saat badai pasir, kecepatan anginnya bisa mencapai 200 km/h
- Air telah di temukan di planet mars yang masih dalam keadaan beku. Menurut penelitian, untuk sumber air yang terbesar berada di bawah kutub mars.
- Gunung tertinggi dimars yaitu Olympus mars yang memiliki ketinggian 26 km. bila dibandingkan dengan gunung Everest, bisa mencapai 2,5 kali dari gunung Everest.
- Gravitasi di mars jauh lebih kecil di bandingkan di bumi, sehingga apabila kita melompat di mars, maka kita bisa lebih tinggi 2x lebih tinggi dibandingkan kita melompat di bumi. Hal ini dikarenakan massa dan energi di mars jauh lebih kecil dibandingkan bumi, sehingga untuk gaya gravitasi di mars lebih kecil. Dan bahkan menurut penelitian, tanpa menggunakan alat astronot yang mumpuni, otak manusia dapat bergeser ke atas dan terjepit pada bagian atas tengkorak sehingga menyebabkan tekanan pada daerah saraf yang vital. Itu menurut penelitian, yang jelas menurut saya tanpa menggunakan alat astronot yang mumpuni di mars kita akan mati. Karena tinggi nya kadar CO2 di mars. Sehingga menyebabkan kita sulit untuk bernafas.



Lalu, Mengapa kita harus ke mars?
ADA BEBERAPA TUJUAN KITA KE MARS :

1. MARS ADALAH PLANET TERBAIK UNTUK DI HUNI MANUSIA SETELAH BUMI.
Permukaan mars memiliki tempratur rata2 -55 sd -60 derajat celcius, tidak berbeda jauh dengan kutub selatan dibumi. Dan titik paling hangat mars bisa mencapai 30 derajat celcius. Suhu demikian membuat mars cenderung lebih bisa ditempati.
Alasan kedua adalah kondisi planet Mars menunjukkan adanya kemungkinan makhluk hidup bisa tinggal di sana. Saat ini memang belum ditemukan makhluk hidup di Mars, tapi banyak tanda-tanda yang memberi sinyal positif.
Keberadaan es di kutub-kutub Mars menandakan keberadaan air di permukaan planet. Hasil pengamatan dari satelit Mars Global Surveyor pun menunjukkan kemungkinan adanya air di bawah tanah. Ditambah lagi, atmosfer Mars yang tersusun mayoritas dari karbon dioksida merupakan tanda adanya karbon yang penting bagi makhluk hidup.

2. UNTUK MENAMBAH ILMU PENGETAHUAN DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI.
Ekspedisi ke Mars memungkinkan penelitian lebih jauh, dan para ilmuwan NASA meyakini penelitian ini akan bermanfaat besar. Tak hanya mengenal Mars secara menyeluruh, bisa jadi kita juga akan mendapat jawaban tentang asal-usul serta proses evolusi manusia, bahkan menjadikan Mars tempat tinggal manusia suatu saat nanti.
Dengan adanya ekspedisi dan penelitian ke mars, kita bisa terus menambah ilmu pengetahuan mengenai mars, dan juga perkembangan teknologi. Karena untuk bisa melakukan riset dan ekspedisi ke mars kita membutuhkan teknologi modern yang sangat mumpuni. Dan hal itu sangat membantu untuk mendorong ilmu pengentahuan dan juga perkembangan teknologi manusia agar dapat menciptakan alat yang canggih  untuk mencapai ke planet mars.

3. UNTUK MENCARI TAHU APAKAH DI MARS ADA (ATAU PERNAH ADA) KEHIDUPAN.
Hingga Saat ini memang belum di temukan kehidupan di mars. Dengan kita mencari tahu apakah ada kehidupan di mars. Hingga saat ini para ilmuan masih mencari tahu apakah ada mahluk hidup yang bisa hidup di mars.

4. MEMAHAMI PROSES SERTA SEJARAH IKLIM & MEMAHAMI ASAL USUL SERTA EVOLUSI SUSUNAN GEOLOGI MARS.
Untuk suhu di mars sangat extreme, dingin yang bisa mencapai -60 derajat, dan juga bada pasir yang sangat mengerikan di mars. Belum lagi radiasi sinar kosmik di mars yang sangat berbahaya bagi manusia. Dengan kita memahami iklim, asal usul, serta susunan geologi mars, kita bisa mengambil keputusan apakah manusia bisa turun langsung ke mars. Dan apabila bisa, kita bisa menentukan ala tapa saja yang akan kita perlukan untuk turun langsung ke mars.

5. MENGIRIM MANUSIA KE MARS UNTUK EXPLORASI LANGSUNG.
[justify]Selama ini penelitian atau explorasi ke mars menggunakan robot (Rover) tanpa ada manusia yang turun tangan langsung ke mars. Dikarenakan kondisi yang belum memungkinkan. Dengan mengetahui asal usul mars, iklim, dan evolusi mars, kita berpotensi mengirim langsung manusia ke mars untuk mengadakan penelitian lebih lanjut disana. Dan bahkan bisa menjadikan mars sebagai bumi ke dua untuk tempat tinggal manusia yang selama ini di perbincangkan oleh banyak kalangan astronom.
Suatu saat kita dapat berpindah ke mars. Hal ini berdasarkan penelitian yang di lakukan karena di mars terdapat keberadaan es di kutub-kutub Mars menandakan keberadaan air di permukaan planet. Hasil pengamatan dari satelit Mars Global Surveyor pun menunjukkan kemungkinan adanya air di bawah tanah.
Ditambah lagi, atmosfer Mars yang tersusun mayoritas dari karbon dioksida merupakan tanda adanya karbon yang penting bagi makhluk hidup.
Dan juga suhu di mars memungkinkan kita hidup di mars dengan menggunakan baju astronot.
Rencananya Space X akan menerbangkan manusia ditahun 2024. Dan rencananya Mars One akan membangun koloni manusia di tahun 2032.
Dan dengan penelitian2 yang dilakukan saat ini, akan menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita mengenai planet lain, khususnya di planet Mars.


Suatu saat kita dapat berpindah ke mars. Hal ini berdasarkan penelitian yang di lakukan karena di mars terdapat keberadaan es di kutub-kutub Mars menandakan keberadaan air di permukaan planet. Hasil pengamatan dari satelit Mars Global Surveyor pun menunjukkan kemungkinan adanya air di bawah tanah.
Ditambah lagi, atmosfer Mars yang tersusun mayoritas dari karbon dioksida merupakan tanda adanya karbon yang penting bagi makhluk hidup.
Dan juga suhu di mars memungkinkan kita hidup di mars dengan menggunakan baju astronot.
Rencananya Space X akan menerbangkan manusia ditahun 2024. Dan rencananya Mars One akan membangun koloni manusia di tahun 2032.
Dan dengan penelitian2 yang dilakukan saat ini, akan menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita mengenai planet lain, khususnya di planet Mars.
Diubah oleh jepsing
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
emoticon-Cendol Gan
Semoga terwujud ya Bray... Saat bumi sudah jenuh penuh sesak, Entahlah kapan itu.
Balasan post jlamp
semoga sih gitu bray.
tapi yang jelas kalo emang bisapun, kayanya ane masih blom mampu beli tiketnya gan.
ahahahahahha....
Quote:

Boneng..
Buat anak cucu mungkin. Tapi ane gak yakin soale jarak jutaan kilo gitu.. selain tiket mahal takutnya umur kagak nyampe dijalan..
emoticon-Leh Uga
Quote:


yang ane pernah baca gan, perjalanan kesana 6 buklan sampe 1 tahun.
tua dijalan kayanya.
ahahahahaha....
Tujuan yg paling urgensi adalah...
Agar para mahkluk hidup yg bernama manusia tdk lagi berisik saling adu argumen tentang bentuk bumi yg bulat, lonjong atau flat....


emoticon-Cool
Quote:


Betul om.
Dan tidak ada lg perdebatan dan perselisihan karena perbedaan. Yg padahal ujung2nya 1 tujuan.
kenapa yakkkk


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di