alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Foto Pertama dari Black Holes Terungkap
4.95 stars - based on 21 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caebf029775130a960bb7b0/pertama-kalinya-dalam-sejarah-foto-pertama-dari-black-holes-terungkap

Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Foto Pertama dari Black Holes Terungkap

Pernah dengar tentang Black Hole alias Lubang Hitam di alam semesta kita ini? Iya, Black Hole ini jadi salah satu teori yang dikemukakan Albert Einsten sekitar 1 abad lalu, akhirnya terbukti!

Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Foto Pertama dari Black Holes Terungkap

Foto: IFL Science

Kemarin, 10 April 2019 pukul 20.00 WIB (15.00 waktu Brussel), baru aja digelar press conference dari tim ilmuwan astronomi internasional yang merupakan anggota Event Horizon Telescope yang intinya adalah mereka punya gambar pertama Black Hole! Iya acara kemarin emang bersejarah banget karena untuk pertama kalinya kita punya gambar dari teori yang udah ada sejak 1 abad lalu. 

Jadi 2 tahun lalu, tepatnya April 2017, 8 radio teleskop yang terletak di bumi ini mengarah ke 1 arah yang sama. Tujuannya, buat mendapatkan gambar dari bayangan supermassive black hole. Yes, dan baru aja diumumkan bahwa gambar pertama yang didapatkan dari pusat Messier 87, galaksi super besar di kluster galaksi Virgo yang letaknya 55juta tahun cahaya dari bumi.

Buat agan sista yang berpikir kalau foto itu adalah foto Black Hole, bukan bukan, tapi ini adalah bayangannya(karena Black Hole sendiri nggak akan mungkin bisa diambil gambarnya). Kenapa? Black holes menghasilkan medan gravitasi yang sangat kuat, bahkan cahaya ataupun apapun nggak akan bisa melewatinya alias langsung runtuh, nggak akan bisa lepas dari daya tarikan gravitasinya. Makanya, foto yang baru saja didapat adalah bayangan horizon Black Holes yang super raksasa dengan massa sekitar 6 miliar kali massa Matahari yang berada di pusat galaksi M87. Subhanallah.

Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Foto Pertama dari Black Holes Terungkap

Hubungannya sama Einstein? Profil citranya sama persis dengan yang diprediksi oleh Teori Relativitas Umum Einstein! Namun, saat era Einstein masih hidup, untuk mikirin apa dan gimana singularitas gravitasi bisa terjadi secara fisis itu masih sulit. Saat itu para ilmuwan masih berkutat dengan teori evolusi bintang dan belum tau dunia ekstragalaksi secara baik.

Jadi sebenarnya Black Holes ini apa sih?

Bisa dibilang sebuah objek di alam semesta yang sangat terkenal tapi masih sedikit yang paham tentang objek ini. Seperti namanya, Black Holes ini hitam/gelap karena nggak ada cahaya yang keluar atau terpantul darinya.

Sebanyak lebih dari 200 ilmuwan tergabung dalam tim ini, membuktikan kebenaran dari teori yang dikemukakan oleh Einstein. Bukan hanya di Belgia, 6 konferensi pers juga digelar di Santiago Chile, Shanghai Cina, Tokyo Jepang, Taipei, dan Washington DC buat menyampaikan kabar terbaru dari dunia sains. 

Dikutip dari Sheperd Doeleman, Direktur Proyek EHT Harvard-Smitshonian Center for Astrophysics di Washington DC, “Kami telah melihat apa yang kami pikir dulu tidak dapat dilihat.”

Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Foto Pertama dari Black Holes Terungkap

Simulasi Black Holes di inti Galaksi M87.

Jadi, apa kita bisa lihat Black Holes? Nggak bisa, karena emang keberadaannya hanya bisa diduga dari perilaku objek di sekitarnya dan juga fenomena fisis ekstrem. Contohnya adalah sepasang jetyang keluar dari pusat piringan akresi ke dua arah yang berlawanan. Saking kuatnya dorongan jet, sampai bisa melontarkan massa jauh keluar dari galaksi induknya.

Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Foto Pertama dari Black Holes Terungkap

Foto: Twitter/@CoryLandel

Terus kok bisa punya gambar bayangan Black Holes?

Semuanya dimulai dengan pengamatan yang berawal dari hasil simulasi komputer yang menggambarkan kemungkinan perilaku cahaya yang melintasi event horizon, tapi nggak melewati si event horizon itu karena apa yang masuk ke event horizon nggak akan bisa keluar lagi. Dari simulasi itu diperoleh lintasan cahaya yang membentuk cincin berputar di sekeliling horizon yang gelap. Makin besar massa Black Holes-nya, makin besar radius event horizonnya sehingga diperoleh lah rancangan metode buat mengamatinya.

Dikutip dari The Conversation, Event Horizon Telescope ini sebenarnya adalah suatu sistem pengamatan Event Horizon Telescope merupakan suatu sistem pengamatan pada panjang gelombang submilimeter dengan memanfaatkan beberapa antena submilimeter yang ada di permukaan Bumi yang membentuk Very Long Base Line Interferometry. Jaringan teleskop-teleskop ini secara efektif memperluas area tangkapan foton-foton dari seputar event horizon dan dapat meresolusi bentangan fisis event horizon tersebut.

Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Foto Pertama dari Black Holes Terungkap

Foto: People MIT

Salah satu anggota tim ilmuwan yakni Katie Bouman, adalah perancang algoritme yang bisa membantu metode pencitraan Black Holes. Waktu mengembangkan algoritme ini, Boutman masih jadi mahasiswa S2 jurusan computer science and artificial intelligence di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dari algoritme yang ia kembangkan, tim peneliti membuat 3 varian script code untuk menyatukan gambar Black Holes. Ia kemudian memverifikasi gambar dan membuat parameter pencitraan. Menurut Bouman sendiri, tim peneliti tidak hanya bergantung pada satu algoritme aja. Ada banyak algoritme yang dikembangkan sehingga muncul banyak asumsi untuk membangun rasa percaya diri para peneliti.

Terima kasih para peneliti!

Sumber Sumber Sumber


Diubah oleh thatwasfun
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
calon HT ganemoticon-Jempolemoticon-Jempol
Lagi rame banget ni emang, moga HT gan emoticon-Add Friend (S)
Baru bayangannya aja udah keren ya emoticon-sudahkuduga
lagu muse tu supermasive blackhole
mangstab
terus.. apakah ada efek negatifnya terhadap planet tercinta kita ini gan? emoticon-Bingung
Waduh saya masih garuk-garuk kepala bacanya, tapi ane suka banget lagu supermassive black hole...
Btw, kenapa Einstein bisa tahu teori tentang blackhole....
blackhole memang menyimpan banyak mizteryyy emoticon-Cool
hati hati blackhole ente tercyduk vang ivoel emoticon-Leh Uga
wih canggih
HT dong emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
Kok di Indonesia gak ngehype ya ? Masih kalah rame dibanding perseteruan cebong-kampret. Penganut FE mungkin bilang ini fake sebenernya itu mata Dajjal dan sebentar lagi akan ke bumi. emoticon-Takut
Holenya siapa yg black?
bayanganya kaya gitu make kamera apa ya, klo pake kamera somay bisa dapet gak ya gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka
Balasan post adizarunited7
Quote:


Itu dilihat dari jarak yang amat jauh gan datanya aja sampe 5 petabytes dan ada di galaksi m87 . jadi ya gak ngaruh sebenernya. Ibarat kata kita lagi liat lampu dari jarak yang amat jauh.
Kemaren ditempat ane mendung sih, jadinya gak bisa lihat blackhole. huft...
Gmn mreka bs yakin itu bayangan blackhole, dan gk nampak planet lain yg katanya ada milyaran digalaksi emoticon-Big Grin
Balasan post banethedark
Quote:


asshole kalo itu gan
aneh, definisi bayangan adalah object yang terbentuk dari sinar, sedangkan sinar sendiri diserap oleh blackhole, hello logics emoticon-Wkwkwk
Balasan post abgtuabangke
Quote:


kalo nggak pirja ya panesa ganemoticon-Peace
einsten emang gila kepintarannya
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di