alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bukti Evolusi Ditemukan di Filipina, Bagaimana Adam dan Hawa ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caebda3f4d69524f83f9b11/bukti-evolusi-ditemukan-di-filipina-bagaimana-adam-dan-hawa

Bukti Evolusi Ditemukan di Filipina, Bagaimana Adam dan Hawa ?

Homo Luzonensis, Spesies Manusia Telah Lama Punah Ditemukan di Filipina

Manila -
Spesies manusia yang sudah lama punah telah ditemukan di Filipina. Dikenal sebagai Homo luzonensis, spesies ini menjadi tambahan baru bagi silsilah manusia di muka bumi.

Sesuai namanya, spesies tersebut ditemukan di pulau terbesar di Filipina, yaitu Pulau Luzon.

Bentuk fisiknya merupakan campuran dari ciri-ciri fisik manusia purba dan spesies manusia yang muncul belakangan.

Ini artinya, spesies yang ditemukan di Filipina adalah kerabat manusia purba primitif yang meninggalkan Afrika dan berhasil tiba di Asia Tenggara, sesuatu yang sebelumnya dikira tidak mungkin terjadi.

Temuan ini sekaligus menunjukkan bahwa evolusi manusia di wilayah tersebut kemungkinan sangat rumit. Pasalnya, ada sedikitnya tiga spesies manusia yang bermukim di Asia Tenggara kira-kira pada saat nenek moyang manusia modern tiba di kawasan itu.

Salah satu dari spesies ini adalah manusia 'Hobbit' - Homo floresiensis - yang bertahan hidup di pulau Flores, Indonesia, hingga 50.000 tahun yang lalu.

Profesor Chris Stringer, dari Natural History Museum di London, berkomentar: "Setelah penemuan luar biasa Homo floresiensis dirilis pada 2004, saya mengatakan bahwa percobaan pada evolusi manusia yang terjadi di Flores dapat terulang di banyak pulau lain di kawasan tersebut.

"Spekulasi itu tampaknya sudah dikonfirmasi di pulau Luzon ... hampir 3.000 km jauhnya."



BBC
Homo luzonensis ditemukan di Gua Callao, di wilayah utara pulau Luzon, seperti dijelaskan dalam jurnal Nature. Diperkirakan mereka hidup antara 67.000 tahun dan 50.000 tahun silam.

Temuan spesies tersebut terdiri 13 bagian - gigi, tulang tangan dan kaki, serta bagian tulang paha - yang merupakan bagian dari setidaknya tiga orang dewasa dan remaja. Mereka ditemukan dalam penggalian di dalam gua tersebut yang dilakukan sejak 2007.

Fisik Homo luzonensis memiliki beberapa kemiripan dengan spesies manusia yang muncul belakangan. Namun ada ciri-ciri lainnya yang mengingatkan kembali pada australopithecinemakhluk mirip kera berjalan tegak yang hidup di Afrika antara dua dan empat juta tahun yang lalu serta anggota awal genus Homo.

Tulang jari dan jari kaki melengkung, menunjukkan aktivitas pendakian masih merupakan kegiatan penting bagi spesies ini. Pola seperti ini, dalam kasus tertentu, agaknya juga ada pada sejumlah australopithecine.

Apabila spesies seperti australopithecine mampu mencapai Asia Tenggara, maka ini akan mengubah cara pandang kita tentang siapa di dalam silsilah keluarga manusia yang meninggalkan Afrika terlebih dahulu.

Homo erectus sudah lama dianggap sebagai anggota pertama dari jalur langsung leluhur kita yang meninggalkan Afrika - sekitar 1,9 juta tahun yang lalu.

Dan mengingat Pulau Luzon hanya dapat diakses melalui laut, penemuan itu menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana spesies pra-manusia kemungkinan dapat mencapai pulau itu.

Selain Homo luzonensis, kepulauan di Asia Tenggara juga tampaknya menjadi rumah bagi spesies manusia lain yang disebut Denisovans, yang tampaknya kimpoi dengan manusia modern awal (Homo sapiens) ketika mereka tiba di kawasan tersebut.

Bukti-bukti ini berasal dari analisis DNA, karena tidak ada fosil Denisovan yang diketahui telah ditemukan di kawasan tersebut.

Pulau Flores di Indonesia adalah rumah bagi spesies yang disebut Homo floresiensisdan berjuluk 'The Hobbit' karena perawakannya yang kecil.

Mereka diperkirakan telah bertahan di wilayah Flores setidaknya 100.000 tahun yang lalu hingga 50.000 tahun yang lalu - berpotensi bertumpang tindih dengan kedatangan manusia modern.

Yang menarik, para ilmuwan juga berpendapat bahwa Homo floresiensis menunjukkan ciri-ciri fisik yang mengingatkan sejumlah hal yang ditemukan pada australopithecine.

Peneliti lain berpendapat bahwa Hobbit adalah keturunan Homo erectus, tapi anatomi tubuhnya berbalik ke kondisi seperti spesies manusia purba karena lokasi tinggalnya terisolasi.

Dalam artikel yang diterbitkan di jurnal Nature, Matthew Tocheri dari Lakehead University di Kanada, yang tidak terlibat dengan penelitian ini, berkomentar:

"Penjelasan bahwa ada banyak kesamaan pada Homo floresiensis dan Homo luzonensis dengan spesies Homo awal dan Australopiths sebagai pembalikan yang diperoleh secara independen untuk anatomi hominin yang lebih mirip leluhur, karena evolusi dalam lingkungan pulau yang terisolasi, tampaknya seperti kebetulan yang terlalu jauh. "




https://news.detik.com/bbc-world/d-4...an-di-filipina

Penemuan ini semakin membktikan bahwa manusia berasal dari jutaan tahun yang lalu, bukan hanya berasal dari 1 nenek moyang pada 6000 tahun yang lalu.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
ngomongin evolusi kok selalu lari ke agama sih? seakan2 tujuannya adalah pembuktian bahwa agama salah. jangan gitu lah.
Agan ts anak monyet donk emoticon-Cool
sebelum ditemukan missing link, percuma lu koar2 sampai berbusa..
emoticon-Traveller
jangan terlalu banyak berfikir membuat teori ini itu nanti sesat, kita sudah dibekali alquran dan hadist sebagai pedoman
Diubah oleh galonaire
adam hawa cuma fiksi
Adam & Hawa, diciptain sebagai pasangan Cowok & Cewek kan emoticon-Angkat Beer

Jadi tentu nya bukan Adam & Hawa + Zaenab + Siti + Catherine + Stefani emoticon-Ngakak
Diubah oleh baka1412
Kalau manusia dari monyet .......

Kenapa monyet sekarang ga pada jadi manusia ...
Kenapa kok malah ada Manusia yang punya kelakuaan kayak monyet

Teori goblog
Quote:




sebaliknya dong gan emoticon-Cape d...


kaum beragama selalu mencari2 kesalahan terori evolusi,
karena kaum beragama berpikir, jika terori evolusi terbukti salah,
maka teori adam dan hawa mereka bisa terus di jual emoticon-Hammer2
Balasan post mitra01
Roki gerung lu yak emoticon-Leh Uga
Balasan post cjava
Quote:


goblok jangan di pamerin gan, coba baca dulu tetang teori evolusi,
6000 taun yg lalu alien datang kebumi buat riset trus melakukan rekayasa genetik ke spesies2 manusia purba sambil membantai spesies2 yg dianggap hama

viola...jadilah manusia modern hasil evolusi paksa & kenapa terjadi missing link
Balasan post boruto.ijo
wkwkkwkwk ..
lu bisa mikir ga asal manusia dari mana?

Kalau ga bisa,
percaya saja ama kitab yang diberikan sebagai panduan,
pilih mana kitab yang lu yakini benar, dan lu ikutin aja
Balasan post cjava
Quote:


Pernyataan sodara membuktikan sodara cuma dengar evolusi dari orang yang tidak paham evolusi.

Evolusi darwin tidak pernah menyebut manusia berasal dari monyet, tetapi manusia dan monyet berasal dari anceptor yang sama.

Belajar yang benar, supaya pinter emoticon-Big Grin
sudah diperkirakan suatu saat nanti agama akan punah
mungkin emoticon-Traveller
Quote:


Karena tujuan utama penelitian bukan itu. Itu hanya bonusnya emoticon-Big Grin

Ada atau tanpa agama pun evolusi adalah teori yg paling tepat utk menjelaskan keanekaragaman.
eh tapi bener aja sih. fanboy mmg selalu paling reaktif. silahkan lah. lanjutkan.
Tuhan dapat menjadikan yg tidak ada menjadi ada seolah" sdh lama ada. .

Ga minta debat,
teori evolusi hanya memberi pisang dan kolak pisang, tanpa memberi penjelasan bagaimana cara pisang berubah menjadi kolak pisang
adam hawa cuma karangan fiksi belaka

Kita itu hasil rekayasa genetika monyet yg dijadikan manusia.

Semua itu dikerjakan oleh alien
emoticon-Ngakak
Diubah oleh ontapesek
Quote:


kalo orang yg anti agama cukup kasih pertanyaan begini: "loe kalo kelelep dilaut gak ada yang nolong berdo'a/berharap apa pasrah??" emoticon-Cool
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di