alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Saat Kita Kurang Tidur, Inilah Yang Akan Terjadi Pada Kesehatan Tubuh Kita
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cae9a1e97751306225f6890/saat-kita-kurang-tidur-inilah-yang-akan-terjadi-pada-kesehatan-tubuh-kita

Saat Kita Kurang Tidur, Inilah Yang Akan Terjadi Pada Kesehatan Tubuh Kita

Quote:



Saat Kita Kurang Tidur, Inilah Yang Akan Terjadi Pada Kesehatan Tubuh Kita


Pakar kesehatan mengatakan kebutuhan tidur pada manusia ternyata sama pentingnya dengan makan dan bernafas loh gan. Tidur yang kurang dari kata cukup dan jika terjadi dalam jangka panjang maka kesehatan kitapun akan terganggu. Saat kita tidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik untuk fisik maupun mental. Maka jika tidur kita cukup dan berkualitas, kita akan merasa segar dan berenergi setelah bangun. Selain itu, saat kita tidur hormon pertumbuhan dikeluarkan, jadi tidur juga dapat membantu perkembangan pada anak dan remaja.

Lalu apa yang terjadi pada tubuh kita jika kebutuhan tidur tidak tercukupi, berikut rangkumanya untuk gan sist


• Menurunkan kinerja otak

Tidur adalah saat yang tepat untuk memasukan hal hal yang dialami dan yang telah dipelajari kedalam sistem ingatan jangka pendek. Pada saat kita tidur, koneksi saraf yang mendukung ingatan kita mengalami penguatan. Maka saat tidur kita terganggu, kemampuan otak untuk mengolah dan menyimpan ingatanpun akan terganggu. Penelitian juga mengungkapkan jika seseorang kurang tidur dalam jangka panjang kinerja otakpun akan menurun, akibatnya kita akan mudah lupa, susah mengingat, dan menurunkan daya konsentrasi kita.


• Rentan dengan penyakit serius

Tidur berperan sangat penting untuk kebugaran dan kesehatan tubuh kita, saat tidur tubuh kita akan memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Itulah sebabnya orang yang kurang tidur dalam jangka panjang lebih rentan menderita penyakit jantung, stroke, obesitas dan tekanan darah tinggi. Orang sehat yang tidurnya berkurang sebanyak 4 jam permalam akan memproses glukosa lebih lamban dibanding dengan yang tidur cukup, artinya jika agan kurang tidur juga beresiko terkena diabetes.


• Mempercepat penuaan dini

Bukan hanya penyakit serius yang bisa terjadi, saat kita kurang tidur secara terus menerus juga mempengaruhi kelemaban dan kesehatan kulit. Kulit kering dan kusam, adanya kerutan halus, kantung mata tebal, itulah tanda tanda penuaan dini yang mulai terlihat saat kita kurang tidur. Hal ini terjadi akibat dari meningkatnya produksi hormon kortisol dan menghancurkan kolagen, kolagen sendiri berfungsi untuk menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit.



• Menurunkan gairah bercinta

Para wanita dan pria yang mengalami kurang tidur juga berakibat menurunkan gairah bercinta, hal ini disebabkan menurunya kadar hormon testosteron. Sejak remaja, pria sudah mengalami adanya hasraf seksual, pada usia ini pula hormon testosteron sangat berperan penting untuk perubahan fisik, suara dan bulu halus pada ketiak, kemaluan, dada, tangan dan kaki. Meski wanita tidak memproduksi hormon testosteron sebanyak pria, namun hormon ini juga mempunyai peran penting, hormon ini akan bekerja sama dengan hormon hormon lainya seperti hormon estrogen dan progesteron yang mengatur berbagai fungsi tubuh. Diantaranya adalah menjaga gairah seks tetap tinggi, mengatur suasana hati, meningkatkan fungsi kognitif otak dan menjaga kesehatan tulang.



• Mudah sakit

Sistem kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh menghasilkan protein protein yang bernama sitokin, sitokin berperan untuk membantu melawan peradangan, infeksi dan stress. Tubuh akan melepaskan sitokin saat kita tidur, maka jika kita kurang tidur produksi sitokin ini juga akan berkurang. Selain itu, kurang tidur juga menurunkan kinerja sel dalam memerangi infeksi, itulah sebabnya orang yang kurang tidur akan mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh menurun.


• Mata mudah lelah dan kering

Mata kering, merah, pandangan kurang tajam dan lingkaran hitam dibawah mata akan dirasakan saat kita kurang tidur, tentu saja kurang tidur juga berdampak buruk bagi kesehatan mata. Hal ini karena otot otot disekitar mata dipaksa terus bekerja tanpa mendapatkan istirahat yang cukup lalu otot tersebut menjadi tegang akibatnya mata akan terasa cepat lelah dan kering.


•Meningkatkan resiko obesitas

Saat tidur kurang dari kata cukup, kadar hormon leptin akan melemah. Leptin adalah hormon yang bertugas mengendalikan nasfu makan serta rasa lapar. Leptin memberi sinyal pada otak untuk memberi tahu ketika perut sudah merasa kenyang. Sedangkan hormon ghrelin, hormon yang memicu rasa lapar justru akan meningkat pada seseorang yang kurang tidur.  



Cukup sekian trid ane kali ini gan sist tengkyu yang udah baca, kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star juga boleh emoticon-Jempol

referensi & gambar

Quote:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
tidur cukup memang memberikan banyak manfaat ya tubuh kita, ternya banyak juga hal buruk yang bsia terjadi ya jika kita kurang tidur, makin kesini harus sering atur pola tidur nih, biar tubuh sehat dan pikiran sehat
Quote:



Iya karena zaman skrang yg serba hape tidur pun jd tertunda
Wuih, bnyk juga ya bahayanya emoticon-Matabelo
Emang sih kalo kurang tidur, kepala terasa pusing.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di