alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Penyakit Lazim Opel Blazer, Waspadai Pompa Bensin (Fuel Pump)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cadbc41af7e9334af7613ef/penyakit-lazim-opel-blazer-waspadai-pompa-bensin-fuel-pump

Penyakit Lazim Opel Blazer, Waspadai Pompa Bensin (Fuel Pump)

Penyakit Lazim Opel Blazer, Waspadai Pompa Bensin (Fuel Pump)

Penyakit Lazim Opel Blazer, Waspadai Pompa Bensin (Fuel Pump)

Halo agan-agan
sebelumnya ane udah bahas kekurangan dan kelebihan Opel Blazer, sekarang pembahasan soal penyakit yang kerap dialami Blazer.


Penyakit lazim yang kerap terjadi pada Opel Blazer adalah fuel pump atau pompa bensin. Wajar saja karena usia yang sudah tua, ditambah mungkin penggunaan bahan bakar kurang berkualitas, dan Blazwe sudah menggunakan sistem injeksi.

Pada sistem injeksi, bensin diberi tekanan terlebih dahulu oleh pompa bensin, kemudian diinjeksi ke dalam saluran masuk mesin melalui komponen yang bernama injector. Fungsi fuel pump pada sistem injeksi memiliki peran vital.

Selain berfungsi sebagai alat untuk mengalirkan bensin dari tangki, fuel pump (FP) juga berfungsi sebagai "alat semprot" dengan tekanan tinggi, yang nantinya akan disemprotkan melalui injektor. Tentunya ada ukuran minimum tekanan yang harus hasilkan oleh fuel pump, sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan.

Blazer sudah menggunakan sistem injeksi. Tentu ada tekanan minimum yang dihasilkan oleh fuel pump. Fuel Pump normal untuk Blazer berkisar antara 2,8 bar hingga 3,5 bar. Lebih dari itu, bensin yang disemprotkan oleh FP, akan kembali ke tangki penyimpanan bahan bakar melalui jalur pengembaliannya.

Jika kurang dari itu, bisa mengakibatkan mobil tersendat, terutama pada RPM rendah. Selain tersendat, konsumsi BBM juga akan lebih boros karena mau tidak mau harus main di torsi atas, dengan posisi gas di tancap agar putaran FP bisa mendongkrak mesin. Selain patokan tekanan yang telah ditulis di atas, ada tanda-tanda lain kondisi FP yang rusak (tidak bekerja optimal).

Tanda-Tanda Kerusakan Fuel Pump Blazer
- Gejala seperti kehabisan bensin, pedal gas diinjak tidak ada respons dari mesin
- Mobil "ndut-ndutan" seperti itu, bisa disebabkan karena fuel pump-nya mampet karena bensin kotor atau memang karena komponennya melemah. Cara mengetahuinya juga gampang, cek tekanan di injection rail pada pentilnya nyembur atau tidak bensinnya, kalau masih nyembur, berarti cuma kotor bensinnya cek filter, lebih akurat lagi pakai Fuel Pressure gauge.
- fuel pump bermasalah atau tidak bisa diketahui dengan mencium asap yang keluar dari knalpot. bila bau bensin menyengat, berarti fuel pump bermasalah. Kalau tekanan pompa lemah, bensin pada injector tidak mengabut, akibatnya banyak bensin terbuang sia2 karena tdak terbakar habis, sisa yg terbuang tercium dibelakang knalpot.
- Mobil tiba2 mogok, bahan bakar di injection rail gak nyemprot, berarti ada penggumpalan di pompa sehingga terbakar pompanya. hal ini disebabkan oleh kotoran pada bahan bakar, atau kurang pendinginan, karena bensin di "E"

Segera lakukan tidak lanjut jika ditemui ciri-ciri di atas.
Salam kebo
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di