alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cad580ff4d6950202220975/biar-aman-jangan-lakukan-6-hal-ini-saat-naik-pesawat-terbang

Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang

Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang

Menumpangi pesawat terbang memang beda seperti menumpangi bus kota atau kendaraan lainnya. Ada banyak aturan yang harus dipatuhi oleh penumpang dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Ini karena menyangkut dengan  keselamatan diri dan juga meminimalisir kasus kehilangan barang saat menumpangi pesawat terbang. 

Sebelum naik pesawat,  kamu tentu akan menempuh beberapa gate pemeriksaan oleh petugas bandara baik sebelum check in dan sebelum boarding. Kalau kamu lengah dan gak ikut aturan,  bisa saja kamu dihujani pertanyaan oleh petugas bandara jika kedapatan membawa barang-barang yang mungkin terlarang untuk dibawa ke pesawat, seperti gunting,  pisau atau benda yang mudah terbakar.  Untuk itu biar kamu aman naik pesawat,  ada baiknya mengetahui beberapa hal  yang gak boleh kamu lakukan saat naik pesawat terbang.  Berikut ini 6 hal tersebut.  


1. Menaruh barang berharga di dalam koper
Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang
Mungkin  kamu pernah menyimak atau membaca berita di media tentang penumpang pesawat yang kehilangan barang berharga di dalam koper.  Hal ini bisa saja terjadi mengingat koper diletakkan di bagasi pesawat dan sulit terpantau oleh penumpang yang bersangkutan.  Untuk itu kamu yang membawa barang berharga,  sebaiknya simpan di tas yang selalu kamu bawa hingga menuju kabin pesawat.  Jangan biarkan kamu lalai untuk menjaga barang berhargamu,  karena setiap kesempatan yang ada dapat memicu orang lain untuk berbuat jahat.  Agar kamu aman dan selamat,  selalu waspada dalam setiap kondisi ya.  


2. Memasukkan tas yang mudah sobek ke dalam bagasi pesawat
Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang
Jika tas bawaanmu mudah sobek, sebaiknya jangan ditaruh ke dalam bagasi pesawat.  Karena barang di dalamnya bisa tercecer atau tumpah saat tas dimasukkan ke dalam.  Kalau pun kamu mau memasukkan tas tersebut ke dalam bagasi,  lebih baik kamu membalur tas tersebut dengan plastik lewat jasa wrapping yang bisa ditemui di bandara.  Dengan begitu kamu gak perlu khawatir tasmu sobek atau isinya berceceran karena sudah dieratkan dengan plastik yang tebal.  


3. Mengaktifkan ponsel saat terbang
Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang
Kebiasaan menghidupkan ponsel saat di udara terkadang masih mendarah daging di tengah kita,  ada saja oknum yang masih mengaktifkan ponselnya saat terbang,  padahal hal ini berbahaya lantaran mengganggu navigasi pesawat.  Kamu jangan sampai seperti itu ya,  selain merugikan,  perilaku ini mencerminkan kita tidak taat aturan karena pramugrari sudah memberitahukannya sebelum pesawat lepas landas. Yuk disiplin. 


4. Melepas sabuk pengaman dan pergi ke toilet pesawat saat kondisi cuaca lagi buruk
Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang
Momen yang satu ini juga terkadang sering dilakukan penumpang pesawat.  Tatkala lampu tanda sabuk pengaman di pesawat telah dimatikan,  maka ada beberapa penumpang yang melepas sabuk dengan beberapa alasan. Sebaiknya pakai lah sabuk sejak pesawat akan lepas landas hingga tiba di bandara tujuan dengan selamat.

Gak bisa dipungkiri,  kadang masih ada penumpang yang berjalan menuju toilet saat cuaca ekstrem,  padahal informasi cuaca buruk dan harus pakai sabuk pengaman sudah diinformasikan oleh pihak pesawat.  Jadi,  tidak boleh ada penumpang yang berdiri atau berjalan di lorong kabin. Keselamatanmu jauh lebih penting,  terkadang jika pesawat mengalami turbulensi,  tubuh bisa saja terlempar jika kamu tidak memakai sabuk dengan benar.  Untuk itu lebih baik pakai cara aman dengan senantiasa mengeratkan sabuk hingga sampai tujuan ya. 


5. Membawa Powerbank melebihi kapasitas ke dalam kabin pesawat
Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang
Kasus Powerbank yang mengundang bahaya di pesawat kerap terjadi beberapa waktu ini.  Melansir liputan6.com, pada 11 Maret 2019  lalu telah terjadi kebakaran yang bersumber dari Powerbank di kabin  pesawat Garuda Indonesia rute Surabaya- Jakarta dengan nomor penerbangan GA 327.  Dengan adanya kejadian ini,  kita bisa mengambil pelajaran untuk lebih berhati-hati dan waspada dalam membawa Powerbank ketika menumpangi  pesawat. 

Di Indonesia sendiri,  pemerintah sudah mengatur ketentuan membawa Powerbank.  Melansir tempo.co aturan itu berupa Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Nomor 15 tahun 2018.  Aturan itu berisikan tentang Ketentuan Membawa Pengisi Baterai Portabel (Powerbank) dan Baterai Lithium Cadangan pada Pesawat Udara.  Lewat aturan itu,  pemerintah menginstruksikan pihak maskapai agar menanyakan ke setiap penumpang terkait Powerbank yang mereka bawa.  

Adapun kapasitas Powerbank yang dilarang masuk kabin yakni lebih dari 32 ribu mAh (160 Wh),  serta Powerbank yang kapasitasnya tidak dapat diketahui.  Sementara itu Powerbank yang boleh masuk kabin yakni kurang dari 20 ribu mAh (100 Wh). 


6. Tidak mau perhatian dengan arahan pramugari saat memperagakan prosedur keselamatan dalam kondisi darurat
Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang
Ini juga kerap menjadi pemandangan sehari-hari di kabin pesawat sebelum lepas landas.  Penumpang kadang asyik sendiri dengan aktivitasnya hingga larut dan tidak menghiraukan arahan pramugari. Padahal arahan pramugari penting untuk disimak,  apalagi bagi yang baru pertama kali naik pesawat.  Kita semua memang tidak menghendaki bencana atau musibah yang bisa saja terjadi saat pesawat telah terbang,  namun demikian sebagai penumpang kita tentu harus lebih perhatian terhadap upaya-upaya penyelamatan yang bisa kita lakukan di saat darurat. 

Tidak ada ruginya menyimak arahan awak kabin,  selain menambah pengetahuanmu terhadap penyelamatan di pesawat,  kamu juga bisa lebih peka terhadap ancaman.  Apalagi jika kamu mendapat kursi di dekat pintu darurat pesawat,  maka kamu harus lebih perhatian terhadap arahan awak kabin,  sebab pintu darurat akan menjadi tujuan utama penumpang ketika hal tidak diinginkan terjadi.  

Dengan demikian, jangan lakukan 6 hal tersebut ketika menempuh perjalanan udara.  Selalu patuhi aturan yang ada demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ya. Jangan lupa berdoa sebelum menaiki pesawat agar diberi keselamatan oleh-Nya hingga selamat sampai tujuan. 


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang Puncak Arus Mudik Diprediksi Terjadi 31 Mei 2019

- Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang Tahun 2019, Pulau Jawa Dominasi Tujuan Pemudik Asal Jabodetabek

- Biar Aman, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Naik Pesawat Terbang Euforia MRT Jakarta, Ternyata 5 Negara Ini Juga Punya MRT Lho

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di