alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
7 Langkah Cepat & Efektif Mengatasi Angin Duduk
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac2373337f9321a40ca330/7-langkah-cepat-amp-efektif-mengatasi-angin-duduk

7 Langkah Cepat & Efektif Mengatasi Angin Duduk

Semua orang hampir dipastikan mengetahui jenis masuk angin berikut ini. Ya, terkenak dengan nama unik, yakni 'angin duduk' konon disebut sebut sangat membahayakan bisa mengancam keselamatan jiwa. Lalu bagaimana ciri dan cara mengatasinya?7 Langkah Cepat & Efektif Mengatasi Angin Duduk

 
Halo agan Kaskuser  yang baik hati, apa kabar? Di edisi kali ini mimin akan menuliskan sesuatu buat Anda semua terkait quote di atas tadi. Sebelum kita lanjutkan, mimin ingin bertanya sesuatu pada Anda semua, ‘’Pernahkah suatu ketika Agan merasakan nyeri di bagian leher, lengan, hingga punggung?

Dilansir dari laman situs www.doktersehat.com, angin duduk merupakan penyakit yang menimpa seseorang dikarenakan kurangnya suplai oksigen ke otot-otot jantung. Semua terjadi sebagai akibat dari adanya pengerasan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner. Sehingga dari imbas tersebut darah yang seharusnya membawa persediaan oksigen menjadi terhambat.

Oleh sebab situasi semacam ini berlangsung di dalam tubuh manusia, akhirnya berdampak pada munculnya rasa nyeri di dada kemudian berjalan ke seputar area leher, lengan dan punggung. Dan bukan hanya itu saja. Sebab faktanya juga masih disertai perasaan kurang nyaman lain seperti : Mual, pusing, lelah dan gelisah.

Dalam jangka yang berlangsung lama, jika disepelekan keberadaannya dapat menyebabkan kematian secara mendadak. Sehingga orang juga sering menjulukinya sebagai ‘silent killer.’ Karenanya,  Agan wajib berhati-hati dan waspada jangan sampai menimpa dirimu ya.

Penyebab Terjadinya Angin Duduk

Berbicara tentang terjadinya angin duduk, ada banyak sekali faktor pemicunya.  Jantung yang merupakan pusat kehidupan manusia ini, seharusnya mendapat asupan cukup mengenai kebutuhan okisgennya, bukan justru terhambat dengan adanya penyempitan dan pengerasan di area seputar dua pembuluh darahnya. Namun manakala ada penyumbatan, maka kurang nyamanlah tubuh.

Dan berikut beberapa faktor penyebabnya :

·        Stres
·        Tekanan darah tinggi
·        Diabetes
·        Kolesterol tinggi
·        Obesitas
·        Riwayat penyakit jantung (baik secara pribadi atau keluarga)
·        Usia (pria di atas 45 tahun sedangkan wanita di atas 55 tahun)
·        Kurang berolahraga
·        Merokok

Jenis-jenis Angin Duduk


Sekarang mari beralih membicarakan jenis angin duduk. Masih melansir situs yang sama, setidaknya ada 3 macam. Dan berikut ulasan lengkapnya!


·        Angin duduk stabil


Jenis tersebut adalah angin duduk yang terjadi akibat penyempitan pembuluh darah koroner pasca mengerjakan aktifitas berat seperti olahraga. Berita baiknya bisa diatasi sendiri, yakni dengan melakukan istirahat cukup akan pulih kembali.


·        Angin duduk tidak stabil


Yang kedua ini merupakan lanjutan dari perkembangan angin duduk jenis  pertama yang tidak stabil itu. Sebab seseorang mengalami penimbunan lemak di dalam tubuhnya atau pembekuan darah. Akibatnya menghambat aliran darah yang akan menuju ke jantung.


Adapun ciri yang bisa dikatakan di sini yaitu bila orang tersebut kerapkali merasakan nyeri dan berlangsung terlalu lama. Sulit diprediksi kedatangannya, serta tak hilang meski telah beristirahat. Perlu diketahui jenis kedua ini memiliki potensi timbulnya serangan jantung jika diabaikan.


·        Angin duduk prinzmetal


Yang ketiga berikut ini termasuk varian, bisa muncul kapan saja baik saat sedang santai /istirahat ataupun melakukan kegiatan. Terjadi akibat adanya penyempitan pembuluh darah arteri sebab kaku (spasme). Sehingga aliran darah yang bergerak ke organ jantung menjadi terhambat.


Tapi Agan tidak perlu merasa cemas.  Angin duduk prinzmetal bersifat sementara dan dapat diatasi dengan mengonsumsi obat masuk angin biasa.


7 Cara Mengatasi Angin Duduk


Dan pembahasan terakhir adalah bagaimana kita mengobati gejala sakit ini. Semua tergantung tingkat keparahan penderitanya ya Gan. Berikut jenis obat masuk angin yang dapat Agan konsumsi kalau terserang angin duduk tersebut!

1.      Nitrat

Adalah sejenis obat yang banyak direkomendasikan untuk meredam serta mencegah terjadinya angin duduk. Fungsi dari obat tersebut melebarkan kembali pembuluh darah yang mengalami penyempitan tadi. Disarankan untuk dikonsumsi sebelum melakukan aktifitas. Namun hati-hati ya. Bagi penderita tekanan darah rendah (sistolik<100mg/Dl) tidak dianjurkan untuk diminum.

2.      Obat pencegah pembekuan darah


Selain penyempitan pembuluh darah, pengerasan atau pembekuan darah juga memicu hadirnya angin duduk itu. Oleh sebab  itu Agan juga diwajibkan untuk meminum obat pencegahnya. Minumlah obat yang mengandung ticagrelor dan clopidogrel. Di mana kedua jenis obat tersebut mempunyai kegunaan memisahkan keeping darah, sehingga penggumpalan atau pembekuan dapat diatasi dengan baik.


3.      Ivabradine

Obat ini berfungsi sebagai penangkal efek hormone adrenalin , sehingga tekanan darah di area jantung menurun dan irama jantung dengan sendirinya secara otomatis juga ikut menyesuaikan keadaan, menjadi ikut pula melakukan aktifitas tersebut. Dengan demikian beban jantung menjadi berkurang tidak berat lagi.

4.      Penghambat beta

Disebut pula obat beta-blocker.  Adapun bicara tentang fungsinya sama dengan Ivabradine. Yakni menangkal terjadinya efek hormon adrenalin sebagai pemicu terjadinya meningkatnya tekanan darah sehingga beban kerja jantung menjadi bertambah.

5.      Penghambat saluran kalsium

Obat tersebut bertugas melancarkan aliran darah di area jantung. Selain itu ia juga mempunyai kegunaan lain yaitu melemaskan otot dinding pembuluh darah.

6.      Nicocrandil

Sama seperti obat penghambat kalsium, nicocrandil juga memilki efek untuk menghambat kalsium. Di mana untuk jenis obat pertama (poin kelima tidak bisa diminum oleh sembarang orang). Dan Nicocrandil sebagai alternatif lain.

7.      Nitrogliserin

Berfungsi sebagai fasilidator pembuka pembuluh darah yang menyempit serta meningkatkan aliran darah ke jantung. Efektif meredakan gejala masuk angin, seperti nyeri dada karena aliran darah kurang lancar.

Ada dua jenis dari obat ini :

1.      Nitrogliserin aksi cepat

Fungsinya untuk meredakan gejala angin duduk

2.      Nitrogliserin aksi lambat

Fungsinya untuk mencegah angin duduk terjadi

Selain yang telah disebutkan di atas, cara alami juga bisa Agan tempuh untuk meredam sakit ini. Yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Di mana semuai itu meliputi :

·        Menjaga asupan gizi yang masuk  ke dalam tubuh. Seperti banyak mengonsumi buah dan sayur serta air putih
·        Tidak mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi
·        Makan secukupnya atau sesuai aturan/ideal tidak berlebihan sehingga menyebabkan perut kekenyangan dan terasa penuh/begah
·        Rutin melakukan aktifitas olahraga
·        Meng-handle stres dengan baik
·        Tidak merokok
·        Tidak minum alkohol

Semoga bermanfaat dan berikan cendolnya ya Gan, terima kasih!


Jepara, 9 April 2019


Sumber tulisan : www.doktersehat.com
Sumber gambar : www.halosehat.com
 
#belajarbersamabisa#

 
Diubah oleh royani1975
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
baru tahu angin duduk
Ulasan yang bermanfaat
Nyerinya itu nyeri kaya gimana dulu Sis?
angin duduk. stresss😂
Penyakit ini yg pernah menjadi penyebab meninggalnya temanku di negeri orang
Sangat bermanfaat🙂. Meski kurang ngerti😆
Di tempatku ada beberapa yang meninggal karena angin duduk
Sip mbak, coba perbanyak nulis satu tema dulu, buat kaya informasi. Biasanya akan lebih cepat berkembang.
serem juga ya si angin duduk
klo kerokan gmn sis?
bahaya loh bisa menyebabkan kematian
Angin duduk alias angina dengan bahasa yang memasyarakat nais ts
Balasan post rykenpb
hooh hhhehe
Balasan post suratman205
terima kasih hehehe
Balasan post AnisMo
Nyeri di dada mbak sesek gituh, kan ada hubungannya dengan kondisi jantung
Balasan post brina313
hihihi
Quote:


Tapi Mbak klo sesek gt bisa aja Maag yang nyerinya sampe ulu hati. Kan sesek juga rasanya, ane pernah soalnya.
Balasan post Ikrom.lestari
benarkah? Kasihan ya mbak
Balasan post mbakendut
hihihihi
Balasan post TaraAnggara
Kasihan ya mbak
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di