alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Begini 6 Cara Mencegah Diabetes Tipe 2
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac1a0497751365a8345430/begini-6-cara-mencegah-diabetes-tipe-2

Begini 6 Cara Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes atau juga disebut kencing manis, merupakan penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah (hiperglisemia) secara terus-menerus dan bervariasi, terutama setelah makan. Lantas, apa yang dimaksud dengan diabetes tipe 2? Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang hanya terjadi pada orang dewasa. Penyebab utama dari jenis diabetes ini adalah obesitas atau kegemukan. Berikut adalah cara mencegah agar diri Anda tidak terkena diabetes tipe 2, seperti dilansir ABC News.

Menekan berat badan
Dengan mengontrol berat badan, Anda bisa menurunkan resistensi insulin dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. Untuk mencegah diabetes, kita setidaknya membutuhkan dua setengah jam dalam seminggu untuk melakukan pembakaran glukosa melalui latihan kardio seperti berlari, bersepeda, atau berenang.

Cukup tidur
Kurang tidur dapat memicu resistensi insulin, terutama bagi orang yang secara genetik cenderung terkena diabetes. Sebuah studi di University of Chicago menemukan bahwa mereka yang secara teratur tidur kurang dari enam jam setiap malam berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2. Cobalah untuk mendapatkan setidaknya tujuh jam waktu tidur saat malam.

Serat
Batasi makan atau minum sesuatu yang manis untuk memperlambat aliran glukosa ke dalam darah. Ketika Anda menginginkan sesuatu yang manis, Anda bisa memilih buah yang kaya serat seperti raspberry atau pir. Dan mempertimbangkan untuk mulai mengonsumsi beras merah sebagai menu harian Anda. Makan dua porsi atau lebih beras merah dalam seminggu dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 11 persen, menurut studi Archives of International Medicine.

Asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam makanan seperti ika, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Konsumsi setidaknya satu porsi makanan laut sekali seminggu untuk mencegah diabetes.

Vitamin D
Vitamin D dapat menjadi faktor kunci dalam memerangi diabetes. Sebuah ulasan yang dipublikasikan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin D berisiko terkena diabetes tipe 2. Konsumsi setidaknya 1.000 sampai 2.000 IU vitamin D per hari untuk mencegah diabetes. Anda bisa menemukan kandungan vitamin ini dalam susu, ikan, atau suplemen.

Kayu Manis
Kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah, seperti ditulis dalam penelitian di Journal of American Board of Family Medicine. Kaya akan nutrisi yang disebut polifenol, rempah-rempah beraroma ini dapat membantu insulin melakukan tugasnya dengan lebih efektif. Taburkan kayu manis bubuk ke dalam semangkuk oatmeal dan sambutlah pagi Anda dengan menu sehat ini.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
harus banyak bergerak ya gans. : )


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di