alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Anjuran Sahur Agar Tubuh Tidak Mudah Lemas Saat Puasa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac0e402f568d65c0653d0e/anjuran-sahur-agar-tubuh-tidak-mudah-lemas-saat-puasa

Anjuran Sahur Agar Tubuh Tidak Mudah Lemas Saat Puasa

Jadwal makan yang terbatas selama puasa seringkali membuat rasa lapar dan lemas tak terhindarkan. Hal inilah yang membuat puasa menjadi tantangan yang cukup besar untuk sebagian orang, terutama mereka yang punya segudang aktivitas.

Namun sebenarnya rasa lemas dan kantuk yang terjadi selama puasa tak melulu disebabkan karena kurangnya asupan makanan ke dalam tubuh. Bisa pula kondisi ini terjadi karena beberapa kebiasaan buruk yang secara tidak sadar dilakukan, terutama pada saat sahur.

Yuk mulai perbaiki dan hindari kebiasaan buruk yang dilakukan saat sahur agar tubuh lebih bugar. Sehingga aktivitas harian menjadi lebih ringan untuk dilakukan meski pada saat puasa.

Hindari Tidur Terlalu Larut

Anjuran Sahur Agar Tubuh Tidak Mudah Lemas Saat Puasa
sumber gambar: dinkes.probolinggokota.go.id

Selama puasa jadwal makan yang terbatas membuat anda perlu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Apalagi waktu makan sahur yang dimulai pada saat dini hari membuat anda dituntut untuk bangun lebih dini dibandingkan waktu biasanya.

Terjaga sampai malam hari hanya akan membuat anda sulit untuk bangun sahur. Akibatnya, bila anda terus menerus bangun terlambat maka biasanya seseorang akan cenderung makan dengan sembarangan atau mengkonsumsi makanan yang alakadarnya.

Padahal sahur adalah waktu makan yang paling menentukan. Dimana makanan sehat dengan kandungan yang penuh manfaat perlu anda asup ke dalam tubuh dengan baik. Untuknya hindari terjaga sampai larut malam dan pastikan bila anda punya cukup waktu menyiapkan sendiri makanan sehat anda.

Konsumsi Cukup Serat dan Makanan Sehat

Anjuran Sahur Agar Tubuh Tidak Mudah Lemas Saat Puasa
sumber gambar: Selerasa.com


Menjaga tubuh agar tetap mendapatkan sejumlah asupan yang baik dari makanan sehat mungkin menjadi tantangan yang cukup besar selama anda berpuasa. Akan tetapi demikian, hal tersebut bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Tetap sediakan menu makanan sehat dengan kandungan serat yang tinggi.

Anda bisa menyertakan selalu buah dan sayur sebagai panganan sehat dengan kandungan serat yang banyak. Jenis makanan ini akan tentu baik untuk sistem pencernaan anda. Selain itu, makanan dengan kandungan serat yang banyak akan lebih mudah dicerna bagian usus dan lambung sehingga anda terhindar dari risiko konstipasi dan sembelit.

Jangan Tidur Lagi

Anjuran Sahur Agar Tubuh Tidak Mudah Lemas Saat Puasa
sumber gambar: Hellosehat.com

Rasa kantuk yang seringkali tak tertahankan ketika bangun sahur memang menjadi tantangan yang paling berat selama puasa. Oleh karenanya tidak heran bila banyak orang akan memilih kembali tidur setelah sahur untuk mengurangi rasa kantuk yang begitu berat.

Namun dari segi kesehatan hal ini bukanlah kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Bagaimanapun tubuh kita akan butuh waktu untuk mencerna makanan yang kita asup setelah menyantap makan sahur. Terburu pergi ke kamar tidur akan malah membuat anda mengalami rasa begah dan tidak nyaman.

Selain itu, alih-alih membuat tubuh merasa segar, kembali tidur setelah makan sahur malah akan membuat rasa kantuk semakin buruk dan ini terbawa sampai siang hari. Itulah mengapa anda akan cenderung semakin mengantuk saat siang hari.

Jangan Malas Olahraga

Anjuran Sahur Agar Tubuh Tidak Mudah Lemas Saat Puasa
sumber gambar: wartakota.tribunnews.com

Daripada kembali menarik selimut dan terlelap setelah menyantap makan sahur tidak ada salahnya memanfaatkan waktu ini untuk berolahraga di pagi hari. Tubuh akan tentu terasa lebih segar dan udara pagi yang menyegarkan akan menjadi suntikan semangat bagi anda untuk lebih siap menjalani hari-hari di bulan Ramadhan.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
bagus banget artikelnya, mengingat sebentar lagi memasuki bulan puasa ya agan dan sist, yuk sama sama jaga kesehatan hehe


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di