alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
7 Cara Mengobati Kista Ovarium Ala Rumahan Paling Mudah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caacbb0018e0d08af4ad662/7-cara-mengobati-kista-ovarium-ala-rumahan-paling-mudah

7 Cara Mengobati Kista Ovarium Ala Rumahan Paling Mudah

7 Cara Mengobati Kista Ovarium Ala Rumahan Paling Mudah

Beberapa penderita kista ovarium bisa sembuh sendiri tanpa adanya perawatan. Akan tetapi alangkah baiknya anda menjalani perawatan sesuai anjuran dokter dan melakukan 7 Cara Mengobati Kista Ovarium Ala Rumahan Paling Mudah ini untuk mencegah kista semakin membesar:

Lakukan Kompres Menggunakan Handuk atau Botol Kompres

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengobatu kista ovarium adalah dengan mengompres perut menggunakan handuk atau botol kompres. Caranya pun sangat mudah yaitu:

Celupkan handuk bersih pada air panas kemudian peras. Anda bisa menggunakan botol kompres
Kompres bagian perut atau bawah panggul sambil berbaring selama 20 menit hingga perut terasa nyaman
Lakukan sesering mungkin terutama saat perut anda terasa sakit
Perawatan ini efektif untuk kista yang masih kecil dan kemungkinan bisa hilang secara alami saat menstruasi.

Mengompres Menggunakan Minyak Jarak

Minyak jarak dikenal sebagai obat kuna yang dipercaya bisa mengatasi kista ovarium. Carapun sangat mudah, anda cukup meneteskan minyak jarak pada handuk yang sudah dilipat menjadi beberapa lapisan kemudian taruh diatas perut. Tempatkan botol kompres diatas handuk kemudian tutup kain yang lebih tebal. Diamkan selama 20–30 menit. Baiknya anda lakukan cara ini di hari 1–10 setelah menstruasi (diluar ovulasi dan jadwal menstruasi).

Memafaatkan Jus Buah Bit

Buah bit yang berwarna merah mengandung senyawa betasianin yang bisa membantu hati untuk membersihkan racuk termasuk kista ovarium. Tidak hanya itu, buah bit juga bersifat asam yang bisa membantu melarutkan kista secara alami.

Jalani Pola Makan Yang Sehat

Hormon estrogen yang terlalu besar di dalam tubuh tidak hanya akan memengaruhi siklus menstruasi, akan tetapi juga memperbesar ukuran kista. Lakukan cara ini untuk mengendalikan hormon estrogen:

Hindasi susu sapi non organik yang diolah dengan bahan kimia. Lebih baik minum susu sapi atau susu kambing asli. Susu yang diolah dengan pasteurisasi juga boleh dikonsumsi
Hindari kebiasaan memasak atau memanaskan makanan dengan microwave, terlebih untuk makanan berkemasan plastik
Kurangi konsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang berbahan kedelai karena mengandung estrogen yang tinggi
Kurangi kebiasaan mengonsumsi air mineral yang dikemas dengan bahan plastik
Batasi penggunaan kosmetik yang dibuat dengan campuran bahan kimia.

Tingkatkan Hormon Progesteron

Tingginya tingkat estrogen juga bisa menyebabkan turunnya level progesteron dalam tubuh. Alhasil keseimbangan hormon dalan tubuh menjadi terganggu dan memperbesar ukuran kista. Lakukan cara ini untuk menyeimbangkan hormon:

Hindari konsumsi lemak berlebihan
Konsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi seperti bayam, ikan makarel, beras merah dan coklat hitam
Konsumsi asupan Vitamin C seperti jeruk, pepaya, bayam, kale, kiwi dan paprika kuning
Perbanyak makanan dengan kandungan Vitamin B6 seperti ikan tuna, daging kalkun, kurma dan kacang pistachio
Makanlah makanan yang mengandung mineral seng tinggi seperti tiram yang dimasak hingga matang, daging sapi tanpa lemak, gandum dan kacang mete
Jangan biarkan pikiran menggangumu, menerima tekanan berat dan stres berlebihan.

Memanfaatkan Biji Rami

Flax seed atau biji rami merupakan jenis biji dari tanaman bunga flax yang berbentuk seperti biji wijen. Selain menyeimbangkan hormon, biji rami juga mengandung serat yang sangat baik untuk membuang racun dalam tubuh, mengurangi kolesterol dan mengurangi resiko obesitas.

Larutkan biji rami dalam air hangat, kemudian minumlah sebelum sarapan. Apabila anda kurang suka dengan tekstur dan rasanya, anda bisa taburkan biji rami diatas salad, sup buah atau smoothies.

Memanfaatkan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel terbukti bisa membantu meringankan gejala kista ovarium dan memperkecil ukuran kista. Cara melakukannya sangat mudah yaitu:

Seduh air hangat yang sudah ditambahkan satu sendok teh cuka sari apel, kemudian minumlah selagi masih hangat setiap 2 gelas sehari. Ingat! Jangan lakukan perawatan ini saat menstruasi karena bisa menyebabkan pendarahan berat dan kram perut akibat menstruasi yang berlebihan.

#TIPS!
Selain cara-cara diatas, untuk mengobati kista ovarium anda harus membatasi konsumsi kafein, teh hitam, soda, alkohol dan makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan. Gantilah dengan jus buah, teh hijau atau jahe hangat yang lebih sehat. Jangan lupa untuk memperhatikan berat badan. Apabila anda terdiagnosa kista, lakukan penanganan yang tepat dengan mendiskusikannya dengan dokter.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di