alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Seluk Beluk Opel Blazer
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca9f654facb9578324c218e/seluk-beluk-opel-blazer

Seluk Beluk Opel Blazer

Selamat malam agan-agan yang budiman... emoticon-Smilie

Jumpa lagi dengan ane, papaganteng212, penikmat otomotif nasional roda dua dan empat.


Kali ini ane pengen bahas, mobil SUV yang pernah hits di medio pertengahan 90 sampai 2000 awal. Yakni Opel Blazer atau Chevrolet Blazer. Pasti banyak yg bertanya sebenernya yg betul itu Opel atau Chevrolet sih?

Ceritanya dimulai pada 1996. Saat itu Blazer mulai dijual di dalam negeri menggunakan merek anak perusahaan GM di Jerman, Opel. Hal ini memang agak aneh, karena merek Opel lebih merepresentasikan sedan menengah dibanding SUV.

Menurut catatan komunitas Blazer di Indonesia, hal itu memang kekeliruan strategi marketing. Enam tahun sejak penjualannya, GM membuat Blazer menyandang nama depan Chevrolet pada 12 September 2002.

Sejak saat itu, logo di gril depan Blazer berganti dari “petir” menjadi dasi kupu-kupu. Blazer adalah model campur aduk yang melibatkan tiga negara, Jerman sebagai negara asal Opel, mesin 2.200cc dibuat Holden di Australia, dan kemasan akhir dibalut “american style”. Di Tanah Air, Blazer dijual tiga generasi sampai berakhir pada 2005.


Di Indonesia, Blazer punya beberapa varian dengan pilihan mesin bensin SOHC dan DOHC berkubikasi 2.200 cc 4x2. Model ini menggunakan mesin Holden. Sedangkan buat tipe 4x4 3.0 L V6 Vortec, mesin asli buatan Chevrolet Amerika Serikat.

Seluk Beluk Opel Blazer

Generasi pertama
Blazer gen -1 diproduksi antara tahun 1996 - 1999 pertengahan. Dengan ciri lampu depan masih besar dan lampu sein di bumper. Mesin 2.2L MPFi DOHC. Lampu belakang antara sein, lampu rem, dan lampu senja menjadi satu.

Seiring dengan meningkatnya nilai tukar rupiah terhadap dollar saat itu, General Motor Indonesia mengeluarkan blazer SLi dengan mesin 2.2L MPFi SOHC. Saat itu General Motor sebenarnya bersaing dengan Nissan Terrano, namun saat tahun 1997 Toyota mengeluarkan Kijang Kapsul, maka Blazer mengeluarkan tipe SLi agar harga lebih kompetitif.

Generasi kedua

Seluk Beluk Opel Blazer

Blazer gen-2 masih bermerk Opel yang diproduksi antara 1999 sampai 2002. Perubahannya lampu depan sudah sipit bersusun dengan lampu sein. Tail light antara sein, lampu rem dan lampu senja sudah terpisah semua. Varian untuk generasi ini dan selanjutnya terdiri atas SOHC (Montera LN, Montera, Montera LV, Montera LS dan Montera Sport), DOHC, dan DOHC LT (Luxury)


Generasi ketiga (Samba)

Seluk Beluk Opel Blazer

Blazer generasi ketiga merupakan edisi terakhir. Untuk rentang produksi tahun ini sudah hasil desain dan komponen buatan Brazil (sebelumnya buatan amerika). Desain bodi sudah berbeda dimana sedikit menggembung di bagian belakang. Bagian wajah juga berbeda.


Tipe Blazer dimulai dari urutan terbawah :
Montera LN. Kelengkapan sama seperti varian Montera tetapi minus radio/tape + speaker dan jok tanpa baris ketiga.

Montera. Kelengkapan eksterior : tanpa roof rack, bumper depan dan belakang besi (cat hitam), tanpa wiper belakang, kaca belakang bening tanpa defogger, velg kaleng, tanpa lis body, tanpa fog lamp, tanpa third brake lamp (lampu rem di atas kaca belakang). Kelengkapan interior : Door trim minimalis, tanpa console box, tanpa cockpit panel, jok 3 baris bahan fabric, spion tidak electric, bumper belakang polos (rata)

Montera LV. Kelengkapan eksterior : sama seperti varian Montera ditambah : bullbar, velg alloy (model varian DOHC), lis body, High Mount Stoplamp. Spesifikasi interior : sama seperti varian Montera ditambah :  Console box

Montera LS. Kelengkapan eksterior : sama seperti varian Montera LV ditambah : two tone colour. Kelengkapan Interior : sama seperti varian Montera LV tetapi plus : Bahan jok kombinasi fabric dan semi kulit.

Montera Sport. Kelengkapan eksterior : sama seperti Montera ditambah : over fender, lubang udara di kap mesin, roof rack, bumper depan dan belakang sewarna body.

DOHC. Kelengkapan eksterior : fog lamp, lis body, velg alloy, kaca tinted glass dan kaca belakang ada defogger, roof rack, spion electric, bumper belakang ada lekukan untuk plat nomor (beda dengan SOHC). Spesifikasi interior : door trim mewah, console box, cockpit panel (thermometer, tmpt kaca mata, kompas), jok 2 baris bahan fabric

DOHC LT (Luxury Touring). Kelengkapan eksterior : sama seperti varian DOHC ditambah : bullbar, two tone colour. Mulai generasi 2002 keatas, sekeliling body ada cladding envoy dan model bullbar lebih soft. Kelengkapan interior : sama seperti varian DOHC ditambah : leather seat, ada wood panel (di door trim dan dashboard), dan luggage cover.


Segitu dulu ya gan, besok ane tambahin kelebihan dan kekurangan Opel Blazer..

Salam Kebo..
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di