alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa itu Polusi Mikroplastik? Apa Bahayanya?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca9a09968cc950a001adbcf/apa-itu-polusi-mikroplastik-apa-bahayanya

Apa itu Polusi Mikroplastik? Apa Bahayanya?

Apa itu Polusi Mikroplastik? Apa Bahayanya?
Mikroplastik, lagi-lagi muncul istilah asing yang butuh penerjemahan.

Sebenarnya apa itu mikroplastik?
Apa itu Polusi Mikroplastik? Apa Bahayanya?
Pada dasarnya, mikroplastik adalah plastik berukuran 5mm ke bawah. Sebagian besar barang yang kita beli terbuat dari plastik, bungkus belanjaan kita dari pasar juga menggunakan plastik, bahkan minuman dingin pun di kemas dalam plastik.

Masalahnya, plastik ini hanya di gunakan sekali pakai saja, habis itu langsung di buang. Akibatnya sampah plastik ini bertebaran dimana-mana. Sebagian sampah ini ada di jalanan, ada juga di selokan, ada di sungai, di danau dan akhirnya di laut.
Sampah yang berukuran besar ini masih bisa di lihat dengan mata dan bisa di pungut langsung. Namun, saat ini yang menjadi ancaman adalah jenis sampah mikroplastik. Ukurannya yang kecil membuat jenis sampah ini bisa melewati penyaringan sampah di sungai atau selokan. Akibatnya sampah itu terbawa air sampai ke laut.
Apa itu Polusi Mikroplastik? Apa Bahayanya?
Mikroplastik bisa di kategorikan menjadi 2 bagian, yaitu mikroplastik primer dan mikroplastik sekunder.
Mikrotplastik primer adalah mikroplastik yang memang sengaja di produksi untuk tujuan tertentu. Sedangkan mikroplastik sekunder adalah jenis mikroplastik yang muncul akibat dari penguraian dari sampah plastik yang berukuran besar.


Terus, apa bahayanya mikroplastik?
Apa itu Polusi Mikroplastik? Apa Bahayanya?
Okeh, mikroplastik kan ukurannya kecil . Emangnya plastik ukuran kecil ini bisa melakukan apa dan kenapa kita harus khawatir sama mikroplastik?
Mikroplastik ini kecil-kecil cabe rawit bre, jangan anggap remeh hanya karena ukurannya kecil. Justru ukuran kecil inilah yang membuat mereka berbahaya dan sulit untuk di tangani. Karena ukurannya kecil, mikroplastik bisa dengan mudah melewati saringan sampah di sungai dan akhirnya berlabuh ke laut.

Lalu mikroplastik ini ngapain aja di laut?
Apa itu Polusi Mikroplastik? Apa Bahayanya?
Ukurannya yang kecil membuat mikroplastik sering tertelan oleh ikan yang besar maupun ikan yang kecil dan membuat ikan tersebut sakit atau mati.
Tidak hanya ikan, hewan laut lainnya juga mengalami nasib yang sama. Mikroplastik tak jarang tertelan oleh cacing, zooplankton dan krustasea. Selanjutnya, jenis hewan ini di mangsa oleh ikan, sehingga mikroplastik secara tidak langsung menumpuk di dalam perut si ikan. Si ikan yang kebanyakan memakan mikroplastik akan terus merasa kenyang, di saat yang sama tubuh mereka menjadi lemah karena tidak mendapatkan nutrisi yang di butuhkan.
Siklusnya tidak terhenti hanya sampai disitu saja. Ikan yang sudah tercemar oleh mikroplastik di makan oleh manusia, sehingga ikut tercemar juga dan menyebabkan penyakit seperti gangguan syaraf dan gangguan pencernaan sampai kematian.


Nah, mudah-mudahan para pembaca bisa mengetahui bahaya mikroplastik bagi lingkungan dan kesehatan.


Sumurnya:
sumur 1
sumur 2


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
itu mengapa ane gak doyan ikan laut lg gan....!
Ada Mercury dkk.nya....!
emoticon-Takut (S)
buset sampe kecacing2 bisa makan tuh plastik ya saking kecilnyaemoticon-Hammer2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di