alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Penyebab Insomnia Beserta 7 Tips Cara Mengatasinya, Yuk Gan Dicoba..
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca35d5f7414f51dae320ee1/penyebab-insomnia-beserta-7-tips-cara-mengatasinya-yuk-gan-dicoba

Penyebab Insomnia Beserta 7 Tips Cara Mengatasinya, Yuk Gan Dicoba..

Spoiler for my thread:




Pernahkah gan sist merasa, sulit tidur pada malam hari, mudah lelah serta gampang mengantuk pada siang hari, dan merasa tidak segar atau tidak puas setelah bangun tidur, atau terbangun pada malam hari lalu susah untuk tidur kembali? Hal tsb adalah tanda tanda bahwa gan sist sedang mengalami Insomnia. Insomnia tergolong menjadi 2 kategori yaitu, sekunder dan primer. Insomnia sekunder adalah insomnia yang disebabkan oleh gangguan kesehatan fisik, sedangkan insomnia primer adalah insomnia yang disebabkan oleh gangguan emosionalnya yang tidak berkaitan dengan kondisi medis.




Penyebab Insomnia Beserta 7 Tips Cara Mengatasinya, Yuk Gan Dicoba..

Seperti yang dikatakan dokter, manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup yaitu 6 sampai 8 jam perhari. Jika tidur gan sist kurang dari kata cukup maka dapat mengakibatkan masalah kesehatan dan mental gan sist, seperti mudah lelah disiang hari, mudah sakit karena daya tahan tubuh menurun dan kinerja otakpun ikut menurun.




Penyebab insomnia

• Insomnia Primer

1. Sedang memikirkan masalah
2. Stress
3. Pasca trauma
4. Cemas berlebihan
5. Depresi dll

• Insomnia sekunder

1. Gangguan hormon
2. Penyakit jantung
3. Asma
4. Radang sendi
5. Diabetes
6. Penyakit paru obstruktiv atau penyakit kronis lainya
7. Mengonsumsi obat obatan tertentu
8 Tidur siang terlalu lama
9. Mengonsumsi minuman berkafein pada sore atau malam hari (untuk sebagian orang)
10. Makan makanan berat dalam porsi banyak saat menjelang jam tidur



Berikut tips yang bisa dicoba untuk mengatasi insomnia



1.Relaksasi menjelang tidur

Penyebab Insomnia Beserta 7 Tips Cara Mengatasinya, Yuk Gan Dicoba..

Sebelum tidur ada baiknya kendurkan otot otat yang tegang, gan sist bisa lakukan gerakan gerakan kecil seperti yoga atau meditasi. Gerakan yoga dapat memberikan rasa nyaman dan ketenangan sehingga dapat membantu untuk mengundang rasa kantuk, begitu juga dengan meditasi. Selain yoga dan Meditasi, gan sist bisa coba lakukan aktivitas kecil lain yang bisa membuat tubuh lebih rileks seperti membaca buku, mendengarkan musik pengantar tidur dll




2. Membuat kamar tidur senyaman mungkin


Penyebab Insomnia Beserta 7 Tips Cara Mengatasinya, Yuk Gan Dicoba..

Atur suhu udara dalam kamar, sebaiknya tidak terlalu dingin dan kurangi cahaya dalam kamar. Bila perlu nyalakan aroma therapy diruanganmu, pilihlah aroma wangi yang lembut. Hal ini dapat membuat gan sit merasa lebih relaks dan nyaman, dengan begitu akan mudah untuk mengantuk. Dan sebaiknya gan sist tidak bolak balik melihat jam, bolak balik melihat jam dan menyadari sudah berapa lama gan sist mencoba untuk tidur hanya akan membuat frustasi, sehingga lebih sulit untuk mengantuk.




3. Tetap berpikir positif


Penyebab Insomnia Beserta 7 Tips Cara Mengatasinya, Yuk Gan Dicoba..

Berfikir positif merupakan salah satu bagian dari terapy kognitif dalam psikioterapi. Jadi alangkah baiknya gan sist tetep berfikir positif untuk segala hal saat insomnia menyerang, agar otak tidak stress




4. Mandi air hangat


Penyebab Insomnia Beserta 7 Tips Cara Mengatasinya, Yuk Gan Dicoba..

Mandi air hangat sebelum tidur banyak manfaatnya loh gan sist, seperti melancarkan peredaran darah, melemaskan otot otot yang tegang serta dapat menenangkan pikiran. Oleh sebab itu mandi air hangat dapat menjadi pilihan untuk mengatasi insomnia, atau jika gan sist ingin yang lebih rileks lagi berendam air hangat dengan rempah rempah atau wewangian juga bisa dicoba nih..



Quote:


5. Memilih makanan dan minuman dengan cermat



Penyebab Insomnia Beserta 7 Tips Cara Mengatasinya, Yuk Gan Dicoba..

Ada sebagian orang yang sangat berpengaruh dengan minuman berkafein, mungkin gan sist salah satunya. Jika demikian, maka sebaiknya gan sist menghindari minuman berkafein, seperti teh dan kopi pada sore hari atau beberapa jam sebelum tidur. Karna minuman yang mengandung kafein dapat membuat gan sist terjaga pada malam hari. Minuman hangat lainya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diminum seperti susu dan jahe. Selain minuman, gan sist juga perlu memperhatikan pola makan, sebaiknya gan sist tidak mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat komplex menjelang jam tidur, kurang lebih 2 jam sebelum tidur. Kelompok makanan ini akan membebani sistem pencernaan sehingga membuat tubuh sulit untuk untuk beristirahat.




Quote:



6. Mengatur jam tidur dengan baik


Penyebab Insomnia Beserta 7 Tips Cara Mengatasinya, Yuk Gan Dicoba..

Membiasakan diri untuk tidur pada jam yang hampir sama di setiap harinya dapat membantu mengatasi insomnia loh. Hindari kebiasaan bermain gadget sampai larut malam, hal ini sangat tidak sehat jika dilakukan dalam jangka panjang. Lebih baik tidur cepat pada jam 9 - 10 malam lalu bangun pagi pada jam 5 - 6 daripada tidur larut malam dan bangun terlalu siang. Jika gan sist sudah menerapkan pola tidur yang teratur selama beberapa hari maka pada jam yang hampir sama otomatis mata akan merasa mengantuk dengan sendirinya.




7.Tidak mengonsusmi obat tidur setiap saat


Penyebab Insomnia Beserta 7 Tips Cara Mengatasinya, Yuk Gan Dicoba..

Obat tidur untuk insomnia sebaiknya hanya digunakan sesekali saja. Sangat perlu diingat ya gan sist, obat tidur adalah solusi sementara saja, karena tidak menyelesaikan akar penyebab insomnia. Yang ada hanya akan menambah masalah kesehatan gan sist, dalam jangka panjang penggunaan obat tidur secara terus menerus dapat membuat tubuh menjadi kecanduan dan menyebabkan berbagai efek samping yang tidak baik untuk kesehatan.







referensi 1 referensi 2



baca juga yuk sist emoticon-Kiss

[SPOILER=mampir kesini jg boleh gan 8 Perawatan wajah Low Budget yang ampuh, yuk dicoba sist.

Mengapa wanita harus merasa cantik? berikut penjelasanya [/SPOILER]
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
pertamax ane nih gan
Quote:


kedua deh emoticon-Betty (S)
tidur malem kebanyakan krna maen hp, jd susah tidur cepet
Quote:


Nah itu yang gak sehat, apalagi sambil tiduran
terimakasih infonya sist, sangat bermanfaat buat aku yang sering banget insomnia, kadang biasanya aku minum susu hanagt sebelum tidur, sekarang udah jarang bisa ampuh baut tidur, ternyata banyak cara lain yang lebih enjoy di lakukan buat ngurangin insomnia ya. terimakasih sist.
Quote:



Sama2 gan, minum jahe juga membantu gan, yg paling ampuh sih sbnernya tidur teratur gan


Quote:


Pake susu juga enak emoticon-Cendol Gan

Quote:



Susu.?? emoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di