CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / Games /
CHEATING DALAM GAME ITU DIPERBOLEHKAN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c9df0d810d2951e9d74ef3d/cheating-dalam-game-itu-diperbolehkan

CHEATING DALAM GAME ITU DIPERBOLEHKAN

CHEATING DALAM GAME ITU DIPERBOLEHKAN


Bagi sebagian besar (atau mungkin keseluruhan) pemain game, bertemu dengan pemain yang berbuat curang (cheater) adalah sesuatu yang menjengkelkan. Keberadaanya selalu menjadi kambing hitam atas berkurangnya grade kompetisi pada sebuah game. Namun apakah yang mereka perbuat adalah sebuah kesalahan??


Kepopuleran sebuah game tidak terlepas dari semakin banyaknya orang yang memainkan game tersebut. Hal itu memicu orang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik di game tersebut dengan tujuan-tujuan individu entah untuk menambah popularitas, agar bisa bergabung dengan grup gamers elit, atau untuk meraih tujuan-tujuan lain. Tidak sedikit dari para pemain ini menggunakan segala cara untuk meraih apa yang menjadi tujuannya, salah satunya dengan berlaku curang atau cheating. emoticon-Shutup


Tapi, cheating tidak selalu dinilai salah dalam beberapa kondisi. Penasaran bagaimana penjelasannya?? Simak ulasan selanjutnya setelah pesan-pesan berikut ini.
emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
CHEATING DALAM GAME ITU DIPERBOLEHKAN



CHEATING ITU DIPERBOLEHKAN SELAMA...



Sebelum saya mulai penjelasannya, saya ingin membantu teman-teman pembaca untuk membangun sebuah pemahaman sederhana tentang "orang/pihak yang bersalah". Ini menjadi penting karena dari sini kita akan mendapatkan jawaban dari pembahasan mengenai boleh atau tidaknya tindakan cheating. emoticon-Bookmark (S)


Setidaknya ada dua aspek yang melekat pada "orang/pihak yang bersalah". emoticon-Army (S)


Pertama, orang atau pihak yang bersalah biasanya dia melakukan penyelewengan atau pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku atau sebuah kesepakatan tertentu.



Kedua, pelanggaran yang dilakukan oleh orang atau pihak tersebut merugikan orang atau kelompok lain baik secara material maupun non material.



Oke, kalau sudah memahami kalimat diatas akan saya lanjutkan pembahasannya. Saya akan mulai dengan menunjukkan dua gambar berikut ini. emoticon-linux


Quote:



Mungkin sekilas akan aneh jika saya menampilkan dua gambar yang hampir tidak ada kaitannya seperti di atas emoticon-Confused. Walaupun begitu, kedua gambar tersebut masih relevan dengan pembahasan kita kali ini.



GAMBAR 1



Quote:



Dari gambar ini teman-teman sudah bisa membaca isinya bahwa terdapat artikel yang membahas kasus cheating yang terjadi di ranah turnamen Esports profesional kelas dunia. Cheating yang dilakukan pelaku beragam mulai dari memanfaatkan glitch sampai menggunakan script rumit untuk memudahkan eksekusi tertentu selama pertandingan. emoticon-Belo


Namun disini saya tidak akan panjang lebar menjelaskan semua kasus yang ada di situ. emoticon-doctor


Saya ingin mengajak teman-teman pembaca untuk menghubungkan kejadian cheating diatas dengan dua aspek "orang yang bersalah" yang telah saya jelaskan di awal. Apakah kasus cheat dalam turnamen Esports di atas memenuhi kedua aspek "orang yang bersalah" ?? emoticon-Bingung (S)


Quote:




Cheating dalam turnamen profesional Esports kelas dunia tentu saja melanggar peraturan baik dalam peraturan turnamen maupun peraturan internal tim Esports emoticon-Mad. Dan biasanya setiap pelanggaran cheat dalam turnamen Esports kelas dunia, panitia berhak menghukum pemain maupun tim Esports yang bertanding karena atas tindakannya dinilai merusak kompetisi yang telah diatur dan merugikan baik pihak lawan tanding maupun dari panitia pertandingan emoticon-army. Tak heran jika hukuman yang diberikan bisa sampai diskualifikasi tim dalam turnamen, belum lagi sanksi sosial yang bakal diterima si pemain dalam forum dan komunitas gamer yang diikutinya. emoticon-EEK!


Jadi, kasus cheat dalam gambar 1 memenuhi kedua aspek "orang yang bersalah" karena dia melanggar peraturan turnamen dan atas tindakannya tersebut berakibat rusaknya kompetisi turnamen Esport yang telah diatur dan merugikan baik pihak lawan maupun panitia pertandingan emoticon-Metal. Maka dalam situasi tersebut, cheating tidak diperbolehkan.

Lalu bagaimana dengan gambar 2 ?? emoticon-Thinking



GAMBAR 2

Quote:



Pada gambar 2 ini, mari sejenak kita buat bingung adik-adik gamers dengan benda yang satu ini emoticon-Big Grin. Bagi teman-teman yang dulu sering berbuat cheating pasti tahu apa kegunaan dari benda "sakral" ini. emoticon-Malu

Yap, GameShark adalah sebuah cheat container yang berisi ratusan hingga ribuan cheat dari beberapa game yang populer. Benda ini biasanya digunakan pada Play Station walaupun pemakaiannya tidak sebatas pada konsol game tersebut. emoticon-Belo

Lalu apa hubungannya GameShark dengan pembahasan kita kali ini?? Akan saya coba ilustrasikan dengan contoh kasus berikut emoticon-Bingung (S)

Pada suatu waktu, Si Fulan bermain game Harvest Moon: Back To Nature pada konsol  Play Station One. Dia cheating dengan menggunakan GameShark dan mengaplikasikannya pada game HM. Cheat yang dipakainya adalah cheat agar uang yang dimiliki menjadi sangat banyak pada awal game yang seharusnya 500 G menjadi 9.999.999 G. emoticon-Ngakak (S)


Quote:


Nah, dari kasus tersebut, mari kita hubungkan dengan kedua aspek "orang yang bersalah".

Si Fulan bermain game dan melakukan cheating dengan menggunakan gameshark. Saat melakukan cheating, Si Fulan tidak dalam posisi sedang terikat pada peraturan atau kesepakatan tertentu. Dia melakukannya tidak dalam situasi mengikuti sebuah turnamen atau perlombaan dan juga dia bukan member dari sebuah tim Esports. Maka apa yang dilakukannya adalah semata-mata untuk tujuan pribadi Si Fulan dalam bermain game, yaitu memenuhi kebutuhan entertain-nya. emoticon-Cool

Pada aspek kedua pun Si Fulan tetap belum memenuhi karena dalam situasi seperti diatas tidak ada pihak yang dirugikan atas tindakan cheating Si Fulan. Tidak mungkin kan Si Fulan digrebek Pak RT dan warga sekitar hanya karena cheating game. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Jadi dalam kondisi seperti Si Fulan ini cheating diperbolehkan karena dia sedang tidak terikat dengan peraturan atau kesepakatan tertentu dan tindakannya tidak merugikan pihak lain. 


CHEATING DALAM GAME ITU DIPERBOLEHKAN


Itu tadi penjelasan mengenai tindakan cheating yang diperbolehkan. Sebenarnya sah-sah saja melakukan cheating di game namun perlu diperhatikan dulu situasi dan kondisi kita saat melakukan cheating itu seperti apa. Apakah kita sedang dalam terikat dalam peraturan yang melarang cheating atau sebaliknya. Perlu diperhatikan pula apakah tindakan cheating ini merugikan pihak lain. emoticon-afro

Bagaimana?? Apa teman-teman ada sudut pandang yang lain?? Pliss, kasih tahu saya di kolom komentar. emoticon-Cek PM (S)

Silahkan guyur saya dengan cendol ijo segar, rate, dan share thread ini jika isinya sangat menarik. Tolong beritahu saya jika ada kesalahan di thread ini dengan cara yang baik, tentunya.
SALAM emoticon-I Love Indonesia (S)



Quote:



 

Quote:







 




profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 15 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
saya biasanya namatin gamenya dulu secara normal, nanti kalau udah mulai jclear semua,
cobain gameshark (jaman ps1) emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh achmadfawzy
jangan lupa ikutan event Forum #44 games ya klik banner di bawah

CHEATING DALAM GAME ITU DIPERBOLEHKAN
Diubah oleh sokie
ada yg tau klo mau beli gameshark dmn? emoticon-Bingung
Diubah oleh rahadianachmad
Banyak jalan menuju roma. 😎
cheating dalam game itu diperbolehkan selama mainnya main sendiri.
kalo main sendiri kan tdk akan ada yg merasa tidak adil.
Ane pernah Edit Player Stats club divisi 2 di PES, ane pake di Master League, stats jadi di atas 90 semua..ane gak merugikan pihak manapun..
tapi ane men-cheat hati nurani dan diri sendiri..karena hilang tingkat keseruan dan tantangan nya..jadi mau merugikan pihak lain ataupun enggak.cheat/curang = cheat/curang, ambil jalan pintas tanpa melalui proses,, knapa musti menghindari sebuah proses, krna 'proses' adalah esensi dari kehidupan..bahkan atheis pun sangat menghormati 'proses'..ini point positif yg ane dapet setelah sadar melakukan cheat remeh di gem..

*Ngga usah tepuk tangan
emoticon-Cool
Diubah oleh andriyez
curang itu nggak sportif
nyontek boleh gak? atau gini deh, nyoba2 ngerjain soal ujian sambil liat kunci jawaban (bukan ngerjain dulu terus liat kunci), boleh gak tuh?
Boleh gan.. mau main sendiri game offline ato online multiplayer asal gak ketahuan, sama kayak "rekaman pribadi" boleh kok rekam asal hp ato apapun jgn sampai ilang.. klo ilang ato ketauan rasakan sendiri akibatnya, jgn salahain orang lain emoticon-Cool
minta cheatnya gan
It is allowed, if you are a cheater
emoticon-Motret
ANE SUKA CHEAT BREE
CHEAT CEWE BIAR PADA NGINTIL
kalo offline sih bebas aja, kalo online selama gak ketauan ya juga gpp sih wkwkwk. jangan ngecheat deh, gak baik~~~
anti cheat karena kurang seru kalo ngegame
Gak asyik klo pake cheat.. Gada perjuangannya
kalau main game offline seperti harvestmoon,fifa offline kayaknya boleh karna tujuan nya untuk fun tapi kalau online hrus di tangkap gan itu jelas merugikan pihak game dan player lain yg udah keluar uang banyak !!!

saya suka main CSGO tapi wallhack dimana mana gak asik !

game sekelas steam juga masi banyak cheat apa lagi pb indonesia baru masuk room aja udah kena HS gak asik
cheating itu karena beberapa hal :

1. sistemnya terlalu lemah
2. sistemnya terlalu ketat aturan
3. orang pengen having fun ga perlu repot bayar item ini itu (microtransaction)
4. pengen jual char
5. bosenin gameplaynya
6. pihak developer terlalu miring ke pihak tertentu
7. suatu grup terlalu besar dan seolah-olah merekalah "dewa" didalam grup gaming tersebut, sehingga diakalin sama orang
8. memang orangnya brengsek
9. mencari keuntungan mendapatkan item tertentu (langka) dan dijual mahal, ini case paling jarang menurut ane

Mau sebesar apapun itu perusahaan game, pasti ada saja orang yang mengakali sistemnya, perilaku manusia ga bisa ditebak, 3juta pemain (misal) mana ada yang bersih, semahal apapun sistem pasti ada celah.

Jadi ya menurut ane wajarlah cheating dengan penggunanya semakin besar, sama halnya OS, semakin besar namanya pasti ada aja yang usil dan mengubah tampilannya, fungsinya dsb
mo online mo offline ane pribadi mnding jgn pke cit2an lah, nkmati aj prosesnya, keseruannya, kesulitannya tp jgn smpe maen game jdi kesusahan jga, nah sekiranya nmu ksusahan tnggal liat yutub aj tuh walkthrough emoticon-Jempol.
Bikin males maen game ga ye, itupun kalau yg ada waktu maen game... ✌ emoticon-Ngacir
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di